window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Pilihan Warna TVS Ronin di Indonesia Beda Dari Versi India, Ini Sebabnya

Ilham · 7 Agu, 2023 10:30

Pilihan Warna TVS Ronin di Indonesia Beda Dari Versi India, Ini Sebabnya 01

Pilihan warna TVS Ronin TD
  • Di India ada tiga varian.
  • Ada empat pilihan warna TVS Ronin.

Untuk pasar Indonesia, TVS Ronin hadir dalam bentuk terurai. Ini artinya motor dirakit dari proses CKD (completely knocked down). Hal ini ditujukan agar harga jualnya bisa ditekan.

Sehingga bisa jadi ada perbedaan spesifikasi yang berlaku antara versi di India dan Indonesia. Dan ternyata ada satu varian dari TVS Ronin yang ada di India, tapi tak hadir di Indonesia.

Hal ini disampaikan oleh Rizal Tandju, Deputy General Manager Marketing and Dealer Development PT TVS Motor Company Indonesia (TVSMCI) pada Autofun.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

"Di India ada 3 varian. Kalau di sini dua tipe saja," ucapnya saat ditemui di kegiatan TVS Ronin Unscripted Touring Indonesia pekan ini.

Baca Juga: TVS Ronin di Jawa Timur Tembus Rp 40 Juta, Kapan Sampai ke Konsumen?

Absennya Satu Varian TVS Ronin

Menurut Rizal, saat ini ada tiga tipe yang dijual di India. Sedangkan khusus pasar Indonesia, TVSMCI hanya menyediakan dua varian saja, yakni Ronin SS dan TD.

Pilihan Warna TVS Ronin di Indonesia Beda Dari Versi India, Ini Sebabnya 01

TVS Ronin DS tak dijual di Indonesia

Satu tipe yang absen di Indonesia adalah tipe menengah, yakni Ronin DS. Tipe ini disebut menengah, karena di India posisinya berada diantara Ronin SS dan Ronin TD.

Lalu kenapa tidak dibawa?

"Varian mid di India nggak dibawa. Karena kalau dilihat dari speknya mirip versi terendah atau basic (Ronin SS). Jadi cuma beda di warna bodi saja. Makanya nggak dibawa," paparnya.

Baca Juga: Intip Spek Royal Enfield Super Meteor 650, Sang Cruiser Bermesin Besar

Ronin DS sendiri merujuk pada opsi warnanya yang sedikit berbeda lewat opsi warna biru atau hitam dengan kombinasi tabung suspensi depan emas.

Pilihan Warna TVS Ronin di Indonesia Beda Dari Versi India, Ini Sebabnya 02

Tipe DT.

Namun tipe ini memiliki spesifikasi yang mirip dengan SS, seperti rem ABS single channel. Berbeda dari tipe tertinggi, Ronin TD yang punya ABS double channel.

Detail lainnya yang berbeda adalah absennye peranti sari guard yang jadi standar motor-motor di India.

"Tidak ada beda dari di India. Spek mesinnya sama. Paling hanya copot sari guard saja," ucapnya.

Total Pilihan Warna

Di Indonesia, total pilihan warna yang disediakan untuk motor ini ada empat. Dua warna di varian SS yakni hitam dan merah polos. Tabung suspensi up side down dilabur kelir hitam.

Pilihan Warna TVS Ronin di Indonesia Beda Dari Versi India, Ini Sebabnya 03

Dua warna tipe SS.

Seperti disebut sebelumnya, varian Ronin SS memiliki sistem rem ABS single channel dan harga jualnya Rp 34,9 juta on the road Jakarta.
 
Sedangkan Ronin TD yang jadi tipe tertinggi juga disediakan dalam dua warna. Keduanya two tone dengan kombinasi oranye hitam dan silver hitam. 

Tabung suspensi up side downnya lebih mewah dengan warna emas. Model dengan sistem rem ABS dual channel ini dihargai Rp 38,9 juta on the road Jakarta.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });