window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Punya Banyak Varian, Ini Alasan Busi NGK Cocok Buat Motor Kalian

Herdi · 25 Jan, 2024 09:30

Busi NGK

Busi NGK.
  • Diklaim memiliki sejumlah kelebihan dibandingkan kompetitor
  • Dijual diberbagai belahan dunia

Busi NGK jadi satu diantara banyak brand busi yang beredar di pasar Indonesia, baik untuk sepeda motor maupun mobil.

Hanya saja, menurut Technical Support PT Niterra Mobility Indonesia (NGK) Diko Oktaviano, produknya memiliki sejumlah kelebihan dibandingkan dengan kompetitor. 

"Kelebihan NGK dapat dilihat melalui varian atau tipe busi, mulai dari Nikel hingga MotoDX dengan keunggulan pada materialnya," ungkapnya pada acara Deep Talk di Pamulang, Tangerang Selatan, Rabu (24/1/2024). 

Baca juga: NGK Jual Busi MotoGP dan Kabel Koil Edisi Terbatas, Cuma 22 Unit!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Punya Banyak Varian, Ini Alasan Busi NGK Cocok Buat Motor Kalian 01

Tersedia dalam beragam tipe

Lebih lanjut Diko menyebutkan, produk NGK berbeda dengan busi pada umumnya, mulai dari struktur busi hingga proses di manufaktur.  

Baca juga: Simpel, Jajan Busi NGK Sekarang Bisa Lewat Aplikasi!

Keunggulan Busi NGK

Nah, Anda yang merasa masih bingung dan ingin memilih Busi NGK, maka wajib tahu apa saja keunggulannya.

1. Menggunakan serbuk khusus

Menurut Diko, untuk membuat busi terbaik, NGK menggunakan serbuk khusus yang disebut Sealing Powder.

Serbuk ini diketahui sebagai penguat struktur bentuk busi serta menahan kebocoran gas yang muncul dari ruang bakar.

"Sealing Powder ini yang tidak dimiliki oleh kompetitor sehingga mempengaruhi kualitas, khususnya dalam hal durabilitas," jelas Dito. 

Baca jugaJual Busi NGK Makin Cuan, Langsung Dapat Point, Bisa Ditukar Hadiah

Punya Banyak Varian, Ini Alasan Busi NGK Cocok Buat Motor Kalian 02

Bada busi dilapisi nickel plating dan ring tembaga agar kuat di suhu panas ekstrim

2. Menggunakan proses Cold Caulking

Setiap busi NGK yang diproduksi, pada proses pembuatannya melalui Cold Caulking, sehingga komponen dalam seperti insulator dan metal Shell menjadi lebih kokoh.

"Pernah dengar busi itu pecah di dalam ruang bakar? Karena disitu ada udara yang masuk kemudian menekan, dengan Cold Caulking maka bubuk Sealing Powder bisa mengeras dan bisa mencegah kebocoran  yang masuk ke dalam busi, dimana itu bisa membuat overheat," jelas Diko.

Nah, proses ini diklaim mampu meningkatkan akurasi komponen dibandingkan dengan Thermal Caulking.

Seperti diketahui, jika melakukan proses Thermal Caulking maka saat produksinya pada metal shell seperti terdapat pengelasan, yang akhirnya cangkang menjadi panas, dan warnanya bisa berubah seperti terbakar.

"Di dalam (busi melalui proses Thermal Caulking) ada rongga, yang berpotensi masuk udara dan ini biasanya busi-busi lain (Non NGK), jjadi ketika dipress, masuk udara, kemudian menekan insolator makanya ada kejadian busi pecah pada bagian keramiknya," tuturnya.  

3. Material lebih sempurna

Busi NGK disebut-sebut telah dilengkapi dengan isolator yang terbuat dari keramik alumina tinggi. 

Kemampuan bahan tersebut berguna untuk busi, sebagai isolasi, resistensi termal, dan konduktivitas termal yang lebih unggul.

Selain itu, partikel-partikel isolator dihaluskan dengan proses spray-drying, dimana isolator menjadi lebih halus dan serbuk menjadi lebih kecil. 

Ada sejumlah celah di dalamnya dengan menekan dan membentuknya dan itu akan menjadi isolator yang lebih baik.

Busi NGK Laser Iridium

Busi NGK Laser Iridium  

4. Komponen didatangkan dari Jepang

Busi NGK diklaim sanggup memberikan jaminan kualitas lebih baik, dengan bahan khusus yang materialnya didatangkan langsung dari Jepang.

Demikian juga dengan proses manufaktur yang dilakukan semuanya sesuai dengan standar kualitas Jepang yang sangat ketat. 

"Meski harganya Busi NGK sedikit lebih tinggi dibandingkan busi kompetitor, tapi tidak terlepas dari keunggulannya yang memberikan jaminan kualitas jauh lebih baik," ucap Dito.

5. Daya tahan elektroda lebih lama

Busi NGK juga menggunakan material lain, seperti paduan nikel khusus yang digunakan untuk elektroda, sehingga daya tahannya lebih unggul.

Untuk busi logam mulia terdapat busi dengan daya tahan tinggi yang berbahan dasar busi iridium dan busi RX premium yang mengandung Ruthenium.

Busi NGK memiliki rentang panas yang lebih luas dibandingkan dengan competitor dan lebih mudah di hapal dalam urutannya, yaitu 2, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10.

Busi NGK

Busi NGK sudah dijual diberbagai negara di dunia

6. Dipercaya 

Keunggulan yang dimiliki busi NGK dibuktikan dengan dipercaya sebagai produk yang dipakai oleh OEM hingga MotoGP.

Selain itu, busi NGK juga digunakan di berbagai negara yang memiliki produk otomotif, baik di Asia, Eropa, Australia, Amerika hingga Afrika. 

Daftar Harga Busi NGK 

Busi NGK

Busi NGK 

Seperti diketahui busi NGK khususnya untuk sepeda motor terdiri dari beberapa jenis dan harga bervariasi, yang bisa kalian lihat di bawah ini.

Harga Busi NGK untuk Sepeda Motor
Jenis Busi Harga
Busi Standard Rp25.000-Rp264.000
Busi G-Power Rp53.000
Busi Iridium IX Rp126.000
Busi MotoDX Rp292.000 - Rp349.000
Busi Racing Competition Rp597.000 - Rp899.000


 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });