window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Penyebab Ban Motor Benjol Sepele, Cuma jadi Kebiasaan

Ary · 27 Des, 2023 13:30

Ban Motor Benjol

Ban motor benjol
  • Banyak pengendara acuh terhadap tekanan angin ban motor
  • Ban benjol berdampak negatif terhadap stabilitas berkendara

Ban pada sepeda motor memiliki peran yang krusial. Pasalnya, kenyamanan sekaligus keselamatan berkendara dipengaruhi juga oleh si karet bundar ini.  

Maka dari itu, penting bagi pengendara untuk memerhatikan kondisinya selalu prima. Misalnya saja mengenai tekanan angin ban motor. 

Tak perlu bingung karena rekomendasi tekanan angin ban juga tertera pada motor Anda. Sebagai contoh pada Yamaha NMax, di mana informasi tersebut dapat ditemui pada bagian dalam bagasi. 

Namun, banyak pula pengendara yang tidak melihatnya sebagai acuan. Padahal seiring waktu, udara di dalam ban motor pasti berkurang.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Lupa jadi Kebiasaan

Mungkin saja awalnya pengendara lupa melakukan pengecekan. Tapi lama kelamaan, malah terbiasa berkendara dengan kondisi angin ban tidak ideal. 

Hal ini memberikan dampak negatif, salah satunya membuat ban motor benjol. Pihak IRC pun mengamini jika penyebabnya adalah tekanan angin. 

Tips Ban Motor Benjol

Pentingnya mengecek tekanan angin ban motor secara berkala

Baca juga: IRC Lepas Pembungkus Ban Motor, Ada Pengaruhnya Terhadap Kualitas?

"Efek dari ban benjol ini bikin enggak nyaman saat riding," buka Dodiyanto, Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk (produsen ban IRC). 

Diterangkannya pula, kerusakan pada ban itu juga terjadi karena beban berlebih. Lalu, permukaan jalan yang dilalui dalam hal ini motor sering melalui jalanan tidak rata.
  
"Tapi yang sering terjadi adalah tekanan angin ban yang kurang tapi motor dipakai terus menerus," tambah Dodiyanto kepada Autofun.co.id

Pengaruh Material dan Struktur Ban

Dodiyanto pun menyebut ada andil dari struktur dan material dari ban itu sendiri. Dengan kata lain berpengaruh terhadap durabilitasnya selama pemakaian. 

Kualitas kedua faktor itu nyatanya menjadi perhatian IRC. Menurut mereka ini penting, terlebih dengan posisinya sebagai pemasok ban (OEM) dari pemegang merek seperti Honda, Kawasaki, Suzuki maupun Yamaha

Pengukuran kualitas ban IRC sebelum disebar ke pasar dilakukan dengan pengujian kompleks sekaligus komplet. 

"Untuk pengetesan ada indoor dan outdoor test yang cukup lengkap. Khusus outdoor, kami lakukan road test dan feeling test di GT Proving Ground. Di sini akan terlihat bagaimana abrasinya dan lain-lain karena terdapat 14 permukaan jalan," terang Dodiyanto. 

Pengujian Ban Motor IRC

Terkait lokasi pengujian ban IRC, GT Proving Ground yang berlokasi di bilangan Kawarang, Jawa Barat memang lengkap. 

GT Proving Ground

Proving Ground milik GT Radial dilengkapi berbagai fasilitas pengujian ban

Baca juga: Konsisten Sejak 2015, IRC Terus Dukung Event Balap Yamaha Sunday Race

Selain 14 permukaan jalan, terdapat beberapa fasilitas pengujian. Seperti ISO Noise, Vehicle Dynamic Area, Braking & Handling serta Longitudinal Hydroplanning. 

"Bukan saja terlengkap di Indonesia, proving ground kami juga yang tercanggih di Asia Tenggara," pungkas Dodiyanto. 

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });