window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Rookie KTM Diisukan Pindah ke Yamaha, Gantikan Quartararo atau Dovi?

Ary · 27 Feb, 2022 12:30

Rookie KTM Diisukan Pindah ke Yamaha, Gantikan Quartararo atau Dovi? 01

  • Raul Fernandez diisukan bakal hengkang ke Yamaha pada MotoGP 2023.
  • Dirinya berpotensi mengganti Fabio Quartararo atau Andrea Dovizioso.

Raul Fernandez sejatinya baru akan melakoni debutnya di MotoGP musim ini. Belum jua menjalani kompetisi, ada isu yang menyebut dirinya akan membela Yamaha pada tahun berikutnya.

Seperti disampaikan Crash.net, KTM memang berhak menggunakan jasa Fernandez untuk MotoGP 2022. Akan tetapi, desas-desus pembicaraan antara Fernandez dan Yamaha tertunda, untuk kemudian dilanjutkan pada 2023 mendatang.

Baca juga: MotoGP Terapkan Aturan Baru, Penentuan Juara Pasca Red Flag Berubah

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Fernandez Berpotensi Menggantikan Quartararo 

Pertanyaannya, siapa yang akan diganti oleh Fernandez nantinya. Bicara tentang brand garputala, saat ini mereka hanya memiliki empat motor. Dua motor di tim pabrikan, sementara dua lainnya berada di tim satelit.

Dari kubu Monster Energy Yamaha, nama Franco Morbidelli tentu saja menjadi pengecualian. Pasalnya, Yamaha sudah menetapkan bahwa kontrak pembalap Italia itu akan berlangsung hingga akhir 2023. 

Kondisi tersebut berbeda dengan Fabio Quartararo. Sang juara dunia MotoGP 2021 justru belum mendapatkan perpanjangan kontrak dari Yamaha. Sebagaimana diketahui, kontrak Quartararo akan habis di akhir musim ini (MotoGP 2022). 

Fabio Quartararo Yamaha MotoGP

Sampai saat ini belum ada kesepakatan soal kontrak antara Quartararo dan Yamaha.

Baca juga: Quartararo Khawatir Pengembangan Yamaha M1 Sudah 'Mentok'

Beberapa rumor menyebut Quartararo ragu akan performa motor Yamaha. Dirinya bahkan sempat menyatakan kemungkinan hengkang dari tim pabrikan tersebut. Di sisi lain, ada pula selentingan, El Diablo (julukan Quartararo) menuntut gaji tinggi kepada tim pabrikan tersebut. 

Mengutip dari Tuttomotoriweb belum lama ini, pihaknya mengaku perpanjangan kontrak Quartararo menjadi prioritas mereka. Hampir setiap hari, mereka bertemu dengan manajer sang joki saat tes pramusim. Namun hingga kini, bahkan setelah launching formasi MotoGP 2022, pengumuman tersebut urung tersiar. 

"Niat kami jelas ingin mempertahankan Fabio untuk 2023 dan 2024. Tapi, apakah kami sudah berbicara mengenai detailnya? Tidak. Apakah kami akan melakukannya, Ya," ucap Lin Jarvis selaku Managing Director Yamaha Motor Racing & Team Principal Monster Energy Yamaha.

Raul Fernandez MotoGP 2022

KTM akan berusaha mempertahankan Raul Fernandez.

Baca juga: Livio Suppo Bertekad Bawa Suzuki Kembali ke Puncak

Andaikata tak ada kesepakatan antara Yamaha dan Quartararo, ada peluang bagi Fernandez untuk mengisi kursi Quartararo di tim pabrikan. Kendati demikian, probilitas diplotnya Fernandez di tim satelit Yamaha RNF Racing juga terbuka. 

Kita tahu, kubu ini diisi oleh pembalap kawakan yaitu Andrea Dovizioso. Dengan usia yang tak lagi muda (35 tahun), bisa saja Yamaha menempatkan Fernandez sebagai pengganti Dovi pada musim depan. 

Namun, terlepas dari rumor Fernandez ke Yamaha, KTM akan berusaha untuk meyakinkan Fernandez untuk tetap bersama mereka. "Adalah pekerjaan kami untuk meyakinkan bahwa dirinya berada di tempat terbaik dan tetap bersama kami sekarang. Kami bekerja sangat keras. Maksud saya, kami mencurahkan sepenuhnya perasaan kami di atas meja dan melakukan segalanya untuk membuat pembalap kami bahagia. Itu adalah sesuatu yang tidak bisa kami tuliskan," tutup Pit Beirer, KTM Motorsports Director. 

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });