window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Selalu lupakan kuncinya?Begini Cara Pakai Smart Key System pada Honda Vario 150 2021

Nussa · 22 Des, 2020 10:00

Selalu lupakan kuncinya?Begini Cara Pakai Smart Key System pada Honda Vario 150 2021 01

Honda Vario 150 2021 merupakan salah satu skuter matik (skutik) Honda yang ada di kelas high end. Skutik ini dibekali dengan segudang fitur dan teknologi yang canggih. Salah satunya adalah Smart Key System. Fitur keamanan ini merupakan pengganti kunci konvensional alias kunci fisik yang banyak digunakan di motor pada umumnya. Sebagian orang menyebutnya teknologi keyless, karena sudah tidak lagi menggunakan anak kunci, melainkan remote.

Pada remote Smart Key System ini juga ada fitur lainnya, seperti Answer Back System dan Anti Theft Alarm. Sejauh ini, Honda menghadirkan dua model remote Smart Key System, ada yang memiliki 2 tombol dan ada yang memiliki 3 tombol.

Selalu lupakan kuncinya?Begini Cara Pakai Smart Key System pada Honda Vario 150 2021 02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Sama seperti alat elektronik lainnya, remote Smart Key System juga memerlukan perawatan dan perhatian dalam penggunaannya. Dikutip dari situs resmi Astra Honda Motor (AHM), berikut tips agar remote Smart Key System tetap dapat bekerja sebagaimana mestinya.

1. Hindari Tekanan Berlebih

Jika tombol pada remote Smart Key System mendapat tekanan yang berlebihan, tentu dapat mengakibatkan kerusakan. Cukup tekan tombol sewajarnya saat menggunakan atau mengaktifkan fitur yang tersedia di Smart Key System.

2. Usahakan Tetap Kering

Jangan sampai remote Smart Key System terkena air. Apabila air sampai masuk daari sela-sela remote, maka berpotensi menimbulkan terjadinya kerusakan akibat hubungan arus pendek atau korsleting. Jika terkena air, sebaiknya segera dikeringkan sebelum digunakan.

3. Hindari Meletakkan Remote di Dalam Bagasi

Hindari meletakkan atau menyimpan remote Smart Key System di dalam bagasi motor atau di rak depan. Sebab, dapat berpotensi tertinggal apabila pengendaranya terlupa. Sehingga, motor bisa saja dinyalakan orang lain. Pastikan remote Smart Key System selalu dibawa, entah itu disimpan di kantong atau di tas.

Selalu lupakan kuncinya?Begini Cara Pakai Smart Key System pada Honda Vario 150 2021 01

4. Hindari Radiasi Elektromagnet

Jangan dekatkan benda-benda yang memiliki radiasi electromagnet tinggi, seperti microwave, mixer, tower pemancar radio, dan lainnya. Sebab, berpotensi mengganggu sinyal atau frekuensi remote Smart Key System.

5. Simpan dan Rahasiakan ID Tag

Sebaiknya simpan ID Tag di tempat yang aman, seperti bersama Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) dan dokumen-dokumen berharga lainnya. Jangan sampai orang lain yang tidak berkepentingan mengetahui ID Tag tersebut. Sebab, ID Tag berfungsi sebagai alat untuk menghidupkan motor saat kondisi darurat, registrasi tambahan ketika semua Honda Smart Key System hilang, atau registrasi immobilizer ID saat Smart Control Unit diganti.

6. Simpan Smart Key Cadangan di Rumah

Cukup bawa satu remote Smart Key System saja saat berkendara ke mana pun. Jadi, saat remote yang dibawa hilang atau tertinggal di suatu tempat, masih ada cadangan remote Smart Key System yang disimpan di rumah.

7. Posisi Off

Saat sampai di tempat tujuan, pastikan saklar kontak di posisi OFF, agar sinyal yang menghubungkan remote Smart Key System dengan motor terputus. Indikator Smart Key ada di posisi OFF ketika lampu berwarna merah pada remote menyala saat ditekan.

8. Beri Jarak 2 Meter antara Remote dengan Motor

Saat sedang tidak berkendara, pastikan remote dengan sepeda motor berjarak tidak kurang dari 2 meter. Lebih baik lagi jika remote Smart Key System tersebut dimatikan dengan menekan tombol on/off. Kebiasaan ini perlu dilakukan untuk menghindari komunikasi sinyal radio dari remote dan sepeda motor yang berpotensi mengakibatkan aki menjadi soak.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });