Simak 5 Fakta Aprilia SR GT 200 2022, Yang Mau Beli Wajib Tahu!
Fariz · 19 Jul, 2022 11:30
0
0
Dibuat dan dikirim secara utuh dari Vietnam
Pakai mesin i-Get family generasi terbaru berkapasitas 174 cc
Akhirnya Aprilia SR GT 200 resmi meluncur di Indonesia weekend lalu (16/7) bertempat di Dome Senayan Park, Jakarta Pusat. PT Piaggio Indonesia (PID) menghadirkan SRGT 200 dalam 2 varian.
Pertama varian standar yang dibanderol Rp 60 juta dan varian Sport Rp 61,5 juta, kesemuanya merupakan harga On The Road (OTR) Jakarta. Perbedaan keduanya hanya pada warna dan livery.
Ada beberapa fakta menarik mengenai matic adventure dari motor terbaru Aprilia ini, berikut ulasannya.
Aprilia SR GT 200 didatangkan langsung oleh PID dari Vietnam, karenanya motor ini berstatus CBU atau Completely Build Up. Itu berarti matic ini didatangkan secara utuh dari Negeri Naga Biru ini.
Tidak hanya di Indonesia, Aprilia SR GT 200 yang sebelumnya diperkenalkan di Malaysia pada bulai Mei 2022 juga didatangkan dari Vietnam. Memang pabrikan Piaggio di Vietnam ini ditunjuk untuk produksi pasar Asia, sehingga diharapkan bisa menekan harga jual.
ABS 1 Channel
Untuk menjaga pengendaranya tetap aman, ABS 1 channel yang hanya di roda depan pun disematkan. Dengan begitu roda depan tidak akan mengunci meski melakukan pengereman keras.
Tujuan penggunaan ABS 1 channel pada Aprilia SR GT 200 ini tentu bukan tanpa alasan, salah satunya karena matic ini digunakan untuk melahap jalur on road maupun off road.
“Karena saat berada di jalur off road, gak ngepot itu gak asik lah, makanya ABS hanya ada di rem depan. ABS di Aprilia SR GT200 ini tapi gak bisa dimatikan ya, jadi on terus,” sebut Yudi Riswanto selaku Technical and Training Manager PID.
Sebagai dapur pacunya, SR GT 200 dibekali mesin i-Get family generasi terbaru. Kapasitas murninya hanya 174 cc, didapat dari kombinasi diameter piston 61,5 mm dengan panjang langkah 58,7 mm.
Kemudian kepala silindernya pakai SOHC dengan 4 buah katup. Lalu berpendingin cairan dengan radiator yang berada di sisi kanan mesin. Lalu blok silindernya pakai bahan aluminium yang lebih optimal melepas panas mesin.
Di sisi dalam, liner atau boring dilapisi oleh Nikasil coating yang lebih minim friksi juga punya lifetime lebih panjang. Piston barunya juga memiliki desain kepala piston yang disempurnakan.
Terakhir ada desain kubah ruang bakar di kepala silindernya yang berkontribusi untuk mengoptimalkan pembakaran. Dengan segala pembaharuan tersebut, mesin ini klaimnya 17,6 ps di 8.500 rpm dan torsi 16,5 Nm pada 7.000 rpm.
Mengusung konsep matic adventure, sudah sejatinya Aprilia SR GT 200 memiliki ground clearance tinggi. Ini karena obstacle di jalur off road yang tidak menentu, karenanya harus punya jarak terendah ke tanah yang cukup tinggi.
Di Indonesia, Aprilia SR GT 200 bisa dikatakan sekelas dengan Honda ADV 160 yang sebelumnya bermain sendirian di segmen ini. Tercatat Honda ADV 160 memiliki ground clearance 165 mm, sedangkan Aprilia SR GT 200 punya ground clearance mencapai 175 mm.
Keduanya sama-sama menggunakan ring 14 inci di depan dan ring 13 inci di belakang, tapi bedanya ada di area kaki-kaki. Suspensi depan pakai teleskopik dengan diameter as 33 mm.
Jarak main suspensi depannya 120 mm. Kalau yang belakang pakai sepasang suspensi non tabung dengan progressive spring serta 5 setelan kekerasan, namun jarak mainnya hanya 102 mm.
Tinggi total suspensi belakangnya kurang lebih 400 mm, namun jarak eye to eye atau jarak antara baut atas ke baut bawah berkisar di angka 380 mm.
Fitur MIA Opsional
Matic Rp 60 jutaan ini sudah dibekali dengan beragam fitur-fitur modern kekinian. Seperti seluruh lampunya yang sudah menggunakan LED, baik pada lampu utama, DRL, sein, stop lamp, hingga lampu pelat nomor belakang.
Kemudian ada penggunaan spidometer fully digital dengan latar hitam dan warna nyala putih pada beragam informasinya. Selain itu ada fitur Piaggio MIA Connectivity System.
Saat spidometer hidup, terlihat ada beberapa indikator untuk MIA. Seperti kapasitas baterai smartphone, indikator telepon masuk, indikator miss call, dan indikator pesan masuk.
Tapi sayangnya fitur ini menjadi aksesoris, padahal di Vespa GTS 300 Super Tech MIA jadi aksesoris bawaan. Sehingga pemilik SR-GT 200 jika ingin menggunakan fitur ini harus membeli modul MIA secara terpisah.