window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Skutik Listrik Honda Benly e Kedapatan Uji Coba di India, Cocok buat Harian?

Yusuf · 9 Jun, 2021 10:30

Bukan Honda PCX Electric atau model populer lainnya. Honda sepertinya menyiapkan Honda Benly e sebagai motor listrik pertama mereka untuk pasar India. Jika benar, tentu menjadi suguhan menarik dalam memeriahkan tren elektrifikasi di negeri sari. 

Hal ini terungkap lewat video yang direkam oleh salah seorang warganet di India, Atharva Belamkar. Ia mendapati skuter listrik tersebut tengah diuji coba tanpa adanya kamuflase. Melihat perawakan yang demikian, jelas bahwa ini adalah skuter listrik Honda Benly e.

Skutik Listrik Honda Benly e India

Skutik listrik Honda Benly e sudah dirilis 2019 silam.

Baca juga: Calon Motor Sport Listrik Benelli Dipamerkan, Performa Setara Motor 600 Cc!

Hadir dalam Empat Varian

Benly e sendiri sudah dirilis oleh Honda Jepang, 2019 silam. Saat itu, skutik berpostur mungil ini hadir dalam empat varian. Keempat varian tersebut antara lain adalah Benly e: I, Benly e: I Pro, Benly e: II dan Benly e: II Pro.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Mengacu pada spesifikasi dari pabrikan Jepang, tiap model menggunakan dua buah baterai lithium ion dengan kapasitas masing-masing 48 V. Teruntuk Benly e: I dan Benly e: I Pro sejatinya berbeda dalam hal dimensi dan bobot. Meski begitu keduanya memakai jenis motor listrik serupa. Alhasil, sama pula torehan daya dan torsi yang dikeluarkannya yaitu 3,8 PS @3.000 rpm dan 13 Nm @2.000 rpm. Menyoal daya jelajah, keduanya diklaim sanggup melakoni perjalanan hingga jarak 87 km dengan kecepatan konstan 30 kpj. 

Beda lagi dengan Honda Benly e:II dan Benly e: II Pro. Walau nyatanya memiliki baterai dengan daya sama, performa yang dicatat berbeda dengan kedua model di atas. Baik Honda Benly e:II maupun Benly e: II Pro, nyatanya mampu menjangkau tenaga lebih besar yaitu 5,7 PS @3.900 rpm. Sementara untuk torsi, tercatat 15 Nm pada putaran @1.500 rpm.

Kemampuan Jarak Tempuh dan Akomodasi

Lantaran output lebih besar dari dua versi pertama, wajar jika jarak tempuhnya pun lebih pendek. Perbandingannya juga sangat jauh di mana Honda Benly e: II dan Benly e: II Pro cuma punya jarak tempuh 43 km saja. Akan tetapi, pengujian tersebut juga dilakukan dengan kecepatan rata-rata 60 kpj. 

Honda Benly e menggunakan dua unit baterai

Honda Benly e mengandalkan dua buah baterai model swappable.

Baca juga: Hebat! Sekali Isi Baterai, Cruiser Listrik ini Sanggup Lakoni Perjalanan Jakarta-Semarang

Selain itu, ada lagi kemampuan lainnya yang juga dihadirkan skuter listrik Honda ini. Mereka dapat diajak menanjak dengan kemiringan hingga 12 derajat. Sementara soal daya angkut barang, Honda Benly e: I dan Benly e: I Pro dapat membawa muatan sebanyak 30 kg. Sedang untuk Benly e: II dan Benly e: II Pro, sanggup mengangkut hingga 60 kg.  

Dengan begitu, skutik listrik ini tentu tak sekadar mampu mengakomodasi kebutuhan harian. Kemampuannya tersebut pun dapat menopang kebutuhan niaga yang ramah lingkungan, plus berdimensi kompak. Bisa dilihat sendiri, skuter listrik ini sudah dilengkapi dengan tempat untuk menaruh barang bawaan. 

Tidak hanya kemudahan dalam mengangkut barang, desain yang ditampilkan Honda Benly e juga ringkas karena hanya dibekali satu tempat duduk. Sementara untuk tampilan depannya terlihat unik, di mana lampu depan yang dipasangkan di bagian bawah. Hal ini memperlihatkan seakan lampu tersebut menyatu dengan sepatbor depan dan mirip desain dengan motor klasik Honda.

Penampakan Honda Benly e di India

Penampakan Honda Benly e yang sedang diuji coba di India. Foto: Motorbeam.

Baca juga: Honda Kembangkan Charger Baru buat Honda PCX Listrik

Pijakan kaki atau yang biasa disebut bordes, terlihat lebih luas dibandingkan skuter listrik lainnya. Desain ini tentu memberikan ergonomi yang baik untuk ruang kaki. Ruang lebih di bagian tengah ini juga bisa dimanfaatkan untuk menaruh barang tambahan.

Menarik untuk Pasar Indonesia?

Meski identik dengan skuter listrik niaga, pelek Honda Benly e Series ini tampak sporty dengan usungan pelek model palang. Rumah roda berkelir putih itu punya ukuran belang, masing-masing berukuran 12 inci di depan dan 10 inci pada bagian belakang.  

Meski begitu, belum ada informasi lanjutan soal kapan skutik listrik ini dijual massal di India. Dengan desain dan kemampuan yang ditawarkan, Honda Benly e rasanya jua cukup menarik apabila ikut diniagakan di Indonesia. Setuju? 

 

Yusuf

Suka dengan motorsport dan senang touring untuk bertualang

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });