window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Sudah Punya Motor Listrik, Kenapa Piaggio Indonesia Belum Berani Jualan?

Harry · 1 Jul, 2021 15:00

Tren industri sepeda motor telah mengarah pada motor bertenaga listrik. Piaggio Group yang memegang merek Piaggio dan Vespa juga telah memiliki produk motor ramah lingkungan tersebut.

Vespa telah merilis Vespa Elettrica sejak beberapa tahun lalu. Kemudian Piaggio mengenalkan Piaggio One baru-baru ini. Keduanya tentu menawarkan bentuk yang sesuai dengan image masing-masing merek.

Sudah Punya Motor Listrik, Kenapa Piaggio Indonesia Belum Berani Jualan? 01

Vespa Elettrica hadir dengan dua versi.

Baca juga : Piaggio One Muncul di Beijing, Motor Listrik Imut Bisa Ngebut Sampai 100 Km/jam!

Namun hingga saat ini, produk dari kedua merek Italia itu belum ada tanda-tanda akan hadir melalui tangan PT Piaggio Indonesia (PID). Padahal sejumlah merek telah menunjukkan produk motor listriknya di tanah air.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Memantau Kondisi

Presiden Director PID, Marco Noto La Diega dalam beberapa kesempatan menjelaskan jika motor listrik produknya berpotensi untuk dijual di Indonesia. Namun pihaknya masih memantau situasi dan kondisi.

Menurutnya ada beberapa faktor yang harus mereka siapkan, sebelum benar-benar menjual motor listrik di Indonesia. Mereka tak mau konsumen kecewa dan tak puas dengan apa yang didapatkan.

Baca juga : Skuter Listrik Piaggio One Hadir, Tampangnya Mirip Piaggio Zip

Sudah Punya Motor Listrik, Kenapa Piaggio Indonesia Belum Berani Jualan? 01

Piaggio One jadi motor listrik terbaru dari Piaggio Group.

"Pertama adalah infrastruktur, kedua regulasi, ketiga kesiapan distribusi dan terakhir kesiapan jaringan dan pelayanan secara menyeluruh," ujar Marco dalam sesi peluncuran Vespa 75th Anniversary.

Dari keempat faktor yang diungkap Marco, infrastruktur yang mendukung kendaraan listrik di Indonesia masih belum merata. Kemudian regulasi terkait motor listrik masih terus disempurnakan oleh pemerintah.

Baca juga : Bakal Seperti Yamaha Nmax 155 2021, Motor Listrik Yamaha Meluncur Tahun Depan?

ketiga terkait kesiapan distribusi, tentu ini berkaitan dengan ketersediaan produk jika kelak sudah dikenalkan resmi di Indonesia. Dan yang terakhir kesiapan layanan purna jual, mereka butuh melatih teknisi terkait produk tersebut.

Sudah Punya Motor Listrik, Kenapa Piaggio Indonesia Belum Berani Jualan? 02

Motor listrik dari Vespa Elettrica.

Pria Italia itu juga memaparkan, jika pihaknya sebagai prinsipal memiliki fokus pada teknologi terbarukan. Produk yang sudah ada, tentu harus diimbangi dengan strategi dan perencanaan yang matang.

Vespa Elettrica dan Piaggio One

Bicara produk kita mulai dari Vespa Elettrica. Mengambil basis dari Vespa Primavera, namun tampilannya dibuat berkesan futuristis dengan mengandalkan warna perak dengan ornamen biru muda sebagai hero color-nya.

Baca juga : Siap-Siap Penggolongan SIM C Segera Berlaku, Ada SIM Untuk Motor Listrik Juga

Vespa Elettrica dibekali baterai dengan spesifikasi 86,4 Ah dan 4,2 kWh. Baterainya terbuat dari lithium-ion dan menggunakan sel baterai dari LG Chem.

Sudah Punya Motor Listrik, Kenapa Piaggio Indonesia Belum Berani Jualan? 03

Vespa Elletrica tersedia dua versi.

Motor listriknya memiliki kekuatan maksimal 4 kW dengan torsi hingga 200 Nm. Vespa Elettrice tersedia dengan dua versi, pertama bisa melaju sampai 45 km/jam dan kedua smapai 75 km/jam.

Lantas berbeda dengan Piaggio One, skuter kecil yang debut di Beijing, Cina ini dibekali baterai 48 volt 1,8 kWh dengan motor penggerak 1,2 kW. Skuter ini ditawarkan dengan tiga varian yang berbeda pada kemampuan jelajah dan kecepatannya.

Baca juga : Villano EV Pocket Segera Meluncur, Motor Listrik Asli Indonesia Yang Bisa Ngebut Sampai 100 Km/jam!

Sudah Punya Motor Listrik, Kenapa Piaggio Indonesia Belum Berani Jualan? 04

Baterai Piaggio One.

Misalnya untuk varian basic, kecepatan maksimal hanya sampai 55 km/jam. Lalu Piaggio One+ memiliki kapasitas baterai lebih besar 2,3 kWh dan bisa ngebut sampai 100 km/jam.

Lantas Piaggio One Active sebagai kasta tertinggi, dibekali baterai 2,3 kWh dengan motor penggerak berkekuatan 2kW (2,7 PS) dengan torsi 95 Nm. Tapi anehnya, kecepatan tertingginya hanya 60 km/jam saja.

Baca juga : Tak Hanya Motor Listrik, Kawasaki Juga Siapkan Dua Motor Ramah Lingkungan Lainnya

Sudah Punya Motor Listrik, Kenapa Piaggio Indonesia Belum Berani Jualan? 05

Piaggio One tawarkan desain ringkas seperti Piaggio Zip.

Piaggio Group mengklaim, jika skuter listrik buatannya bebas perawatan untuk baterai dan motor listriknya. Namun sayang, belum ada tanda-tanda akan hadir di Indonesia, jadi harap bersabar ya.

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });