window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Suspensi Depan Yamaha Byson, Part Favorit Dongkrak Tampilan Yang Harganya Tembus Rp 3 Juta!

Harry · 23 Des, 2021 14:30

Suspensi Depan Yamaha Byson, Part Favorit Dongkrak Tampilan Yang Harganya Tembus Rp 3 Juta! 01

Tampilan ala big bike pada Yamaha Byson.
  • Diameter tabung 41 mm, setara moge.
  • Karakter redaman empuk.
  • Tersedia part copotan, KW hingga original gres.

Menggunakan komponen motor lain yang dianggap punya value lebih, kerap dilakukan oleh penyuka modifikasi. Salah satu penunjang tampilan agar motor terlihat lebih padat berisi, adalah menggunakan suspensi dengan ukuran tabung yang besar.

Salah satu yang favorit adalah suspensi depan Yamaha Byson. Lantaran. komponen ini punya diameter tabung mencapai 41 mm, yang bahkan setara dengan milik Kawasaki ER-6n yang sudah masuk kelas big bike.

Baca juga : 3 Kelebihan-Kekurangan Yamaha Byson Karbu, Naked Bike Gagah dan Irit Tapi Lemot

Yamaha Byson sendiri merupakan naked bike bermesin 150 cc, yang menawarkan desain big bike look. Selain tabung suspensi depan yang besar, lekuk cover tangkinya pun dibuat berotot serta memiliki ukuran ban yang terhitung gambot kala itu.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Suspensi Depan Yamaha Byson, Part Favorit Dongkrak Tampilan Yang Harganya Tembus Rp 3 Juta! 01

Part original baru, harganya Rp 2 jutaan.

Selain itu, karakter peredaman suspensi depannya ini dikenal empuk sehingga selain lebih bergaya, juga menunjang kenyamanan berkendara. Kelemahannya hanya satu, sil suspensi suka kalah jika sering terkena kotoran, tapi selebihnya aman.

Nah, lalu untuk apa suspensi depan milik Yamaha Byson ini dipasang dan berapa harganya?

Diburu Pengguna Naked Bike dan Modifikasi

Komponen peredam kejut ini tentunya banyak diincar oleh sesama pengguna motor sport, yang memiliki tabung suspensi depan berukuran kecil. Misalnya Yamaha Scorpio, Honda Tiger bahkan Honda Megapro agar tampilannya lebih berotot.

Baca juga : Ini Alasan Kenapa Yamaha Byson Karbu Lebih Layak Dipilih Dibanding Honda Verza

Tak jarang suspensi Yamaha Byson ini juga kerap menjadi salah satu sembako modifikasi wajib untuk motor-motor custom bergaya tracker, jap's style hingga cafe racer. Alasannya tentu agar motor terlihat lebih padat kala disandingkan dengan ban berukuran lebar.

Suspensi Depan Yamaha Byson, Part Favorit Dongkrak Tampilan Yang Harganya Tembus Rp 3 Juta! 02

Motor custom dengan suspensi depan Yamaha Byson.

Untuk menggunakannya, tak cukup hanya batang suspensinya saja, melainkan juga berikut dengan segitiga atas-bawah, dudukan setang dan baut-baut agar pemasangan lebih praktis. Bayangkan jika hanya membeli tabung kiri-kanan saja tanpa segitiganya, kalian harus membubut segitiga motor bawaan. Tak praktis!

Harga Copotan Tinggi

Yamaha Byson yang telah beredar sejak tahun 2010 tentu sudah banyak unit bekasnya. Tak jarang pula banyak yang menjualnya secara pretelan, dan suspensi depannya merupakan komponen favorit yang banyak dicari.

Baca juga : Sudah Terlupakan, Padahal Yamaha Byson Punya 5 Hal Menarik buat Dibeli

Harga pasaran untuk komponen copotan original, berkisar Rp 1,5 sampai Rp 1,8 jutaan tergantung kondisi. Tapi yang namanya barang bekas, jangan lupa untuk memeriksa kondisi sil dan mengganti oli sok dengan yang baru.

Suspensi Depan Yamaha Byson, Part Favorit Dongkrak Tampilan Yang Harganya Tembus Rp 3 Juta! 03

Copotan motor bisa jadi alternatif barang original lebih terjangkau.

Jika budget terbatas, tersedia pula opsi part KW yang banderolnya lebih bersahabat, tak sampai Rp 1 juta sudah bisa ditebus. Tapi jika ingin barang gres dan original, harganya bisa mencapai Rp 3 juta termasuk baut-baut dan juga komstir.

Besar Tapi...

Biar ukuran tabungnya besar, tapi suspensi depannya ini berjenis teleskopik. Tentunya kalah modern dengan suspensi depan motor sport keluaran anyar yang banyak pakai tipe upside down. Tapi untuk modifikasi dan menggantikan suspensi teleskopik bawaan, ini sudah lebih dari cukup.

Suspensi Depan Yamaha Byson, Part Favorit Dongkrak Tampilan Yang Harganya Tembus Rp 3 Juta! 04

Sil suspensi sering bocor karena kotoran.

Pilihan yang ada pun terhitung variatif, mulai dari part copotan motor dengan status original namun perlu diservis ulang. Komponen KW dengan harga bersahabat hingga part original baru dan gress yang tentu harus ditebus dengan harga tinggi. Semua tinggal disesuaikan pada budget dan kebutuhan.

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });