window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Suzuki Burgman 150 Kena Jepret, Siap Recoki Honda PCX dan Yamaha Nmax!

Harry · 3 Sep, 2021 09:30

Di Indonesia, persaingan segmen skutik premium 155-160 cc sangat sengit. Honda mengandalkan PCX 160 2022 dan Yamaha punya Nmax 2022. Suzuki pun kabarnya tak lama lagi akan ikut meramaikan segmen ini.

Produk andalannya adalah Burgman 150, yang penampakan unit tesnya telah tersebar. Tapi kalau lihat fotonya pasti kalian penasaran, kok logonya bukan Suzuki?

Suzuki Burgman 150 Kena Jepret, Siap Recoki Honda PCX dan Yamaha Nmax! 01

Penampakan calon skutik 150 cc Suzuki.

Dituliskan Greatbiker, foto tersebut diambil di Cina dan disebut berasal dari merek Haojue. Merek Cina satu itu memang menjadi rekan Suzuki dalam memproduksi motor, untuk pasar lokal dan ekspor.

Baca juga : Rekam 5 Tahun Perjalanan Suzuki GSX-R150, Mendunia berkat DNA MotoGP

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Kalian pastinya tahu dong Suzuki Inazuma yang pernah dijual di Indonesia. Motor itu pun diproduksi oleh Haojue. Dan beberapa model lainnya ada Suzuki V-Strom 250 dan Suzuki GSX-250R.

Nah, kembali pada bahasan, calon skutik gambot Suzuki itu kemungkinan besar sedang dalam tahap pengembangan. Sosoknya berbungkus stiker kamuflase kuning-hitam.

Suzuki Burgman 150 Kena Jepret, Siap Recoki Honda PCX dan Yamaha Nmax! 01

Tampilan dashboard calon skutik baru Suzuki.

Sayangnya tak ada foto tampak depan, belakang dan samping yang jelas. Foto yang beredar hanya dari arah belakang agak ke atas, sehingga tak bisa menggambarkan seperti apa desain dari calon skutik Suzuki ini.

Baca juga : Kulik Keistimewaan Suzuki Satria Lumba, Sudah Tua masih aja Mahal!

Namun terlihat jika lampu bodi belakangnya nampak tebal dan kemungkinan bagasinya bisa menampung helm. Kemudian letak lampu sein terpisah, dan menempel pada pangkal sepakbor belakang.

Suzuki Burgman 150 Kena Jepret, Siap Recoki Honda PCX dan Yamaha Nmax! 02

Bentuk behel dan lampu sein yang terletak di sepakbor belakang.

Pada foto itu pula, terdapat motor yang tanpa behel dan dengan behel belakang, yang sudah include dengan dudukan untuk barang. Malah dibehelnya sudah terdapat 4 lubang untuk dudukan boks.

Kemudian bisa dipastikan juga, area dashboardnya mirip Honda PCX 160, dengan menggunakan setang tanpa cover. Setang pun berkapis krom agar terlihat lebih mewah.

Baca juga : Gagahnya Suzuki GSX-150 Bandit Jadi Motor Dinas Korps Marinir, Spesifikasinya Tak Main-Main

Lalu panel meter bisa dipastikan sudah full digital dengan layar yang memiliki 6 sudut. Terdapat pula 2 buah tombol yang besar kemungkinan untuk pengaturan informasi di dalam panel meter.

Suzuki Burgman 150 Kena Jepret, Siap Recoki Honda PCX dan Yamaha Nmax! 03

Apakah wajahnya akan seperti Suzuki Burgman 400 ini?

Bagian dek terdapat tangki bahan bakar, kemudian punya laci penyimpanan depan tertutup. Area pijakan kaki pun fleksibel, pengendara bisa selonjoran jika ingin berkendara santai.

Baca juga : Mewahnya Tampilan Suzuki Address SE 2022, Lebih Menggoda Dari Honda BeAT?

Sebetulnya, pihak PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) telah beberapa kali melakukan tes pasar. Salah satunya menampilkan Suzuki Burgman Street 125 di PRJ beberapa tahun lalu. Namun projek itu tapi tak berlanjut, terlebih desainnya terlalu India yang terlihat bantet.

Suzuki Burgman 150 Kena Jepret, Siap Recoki Honda PCX dan Yamaha Nmax! 04

Suzuki Burgman Street 125 yang pernah tes pasar di Indonesia.

Seorang sumber internal kami beberapa waktu lalu menyebutkan, jika Suzuki sebenarnya sudah siap ikut meramaikan skutik 150 cc di Indonesia, produknya pun sudah ada. Namun lantaran kompetitor merilis model barunya, alhasil Suzuki harus menunda lagi.

Baca juga : Mantap! Suzuki GSX-R125 Buatan Indonesia Sukses Kuasai Balap Ketahanan Inggris

Ya semoga saja skutik ini benar-benar akan muncul, dan pastinya diproduksi lokal juga di Indonesia. Tentunya supaya harganya bersaing, bukan begitu?

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });