window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Suzuki Saluto Disebut Gak Bakal Masuk Indonesia, Ini Alasannya

Harry · 25 Jan, 2023 08:30

Suzuki Saluto Disebut Gak Bakal Masuk Indonesia, Ini Alasannya 01

Desain ala Eropa.
  • Dikembangkan khusus untuk pasar lokal Taiwan.
  • Desain ala skuter Eropa.
  • Harga tinggi jika masuk Indonesia.

Banyak yang berharap jika PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bakal menjual motor matic bergenre retro modern, Suzuki Saluto di Indonesia. Pasalnya desain elegan dan premiumnya memang menggoda.

Bahkan disebut-sebut jika motor ini hadir, maka akan bisa mengerek penjualan Suzuki di Indonesia. Tapi sampai saat ini, kabar kehadiran motor tersebut jauh panggang dari api.

Memang masih banyak yang berharap motor ini akan hadir, namun harus siap-siap kecewa, karena motor ini tak akan hadir di Indonesia lewat jalur resmi, kecuali lewat jalur importir umum.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Hal ini dikonfirmasi sendiri oleh Rafi Al Ghany, Public Relations SIS kepada Autofun.co.id beberapa waktu lalu. Menurutnya karena Suzuki Saluto bukanlah produk global Suzuki.

Suzuki Saluto Disebut Gak Bakal Masuk Indonesia, Ini Alasannya 01

Desain menggoda Suzuki Saluto.

"Jadi Saluto itu semacam model kolaborasi Suzuki Taiwan dengan pihak rekanan lokal, dan mereka memang merancang motor ini khusus untuk pasar lokal sana," jelasnya.

"Kalau motor ini masuk dalam produk global Suzuki pasti bisa kita datangkan," lanjutnya. Kalau mau tahu produk motor global model Suzuki apa saja, bisa cek website globalsuzuki.com.

Suzuki Saluto Disebut Gak Bakal Masuk Indonesia, Ini Alasannya 02

Panel meter paduan digital-analog.

Dari website tersebut, diketahui ada Burgman 200, Burgman Street 125EX dan Address 125. Kira-kira mana yang bakal masuk pasar Indonesia kelak ya?

Nah, pertimbangan lainnya adalah harga Suzuki Saluto yang akan terlalu tinggi jika didatangkan ke Indonesia, Informasi saja, di Taiwan sendiri harga motor ini sudah tembus Rp 40 juta lebih!

Sekilas Suzuki Saluto

Sejak muncul tahun 2020 banyak yang berharap PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meniagakannya untuk konsumen Indonesia. Pasalnya Suzuki lama tak merilis produk matic yang punya kelas dan berkesan premium. 

Suzuki Saluto Disebut Gak Bakal Masuk Indonesia, Ini Alasannya 03

Mesin 125 cc jadi andalan.

Desain retro modern khas Eropa menjadi daya tariknya. Belum lagi motor ini akan menjadi produk yang menyegarkan pasar, karena menawarkan desain ala Eropa, namun merupakan produk dari brand Jepang. 

Maklum, desainernya adalah Alessandro tartarini, yang juga mendesain Lambretta. Tak heran jika sosok motor matic satu ini kental nuansa Eropa-nya.

Aura retro hadir mulai dari siluet bodi, headlamp LED dengan kesan bulat, dengan letak lampu utama pada setang. Beralih ke samping, terdapat tepong besar di kedua sisinya. 

Suzuki Saluto Disebut Gak Bakal Masuk Indonesia, Ini Alasannya 04

Harga tinggi jika masuk Indonesia.

Berbeda dari tepong Vespa seperti varian Vespa Sprint atau Vespa LX, kesan yang didapat pada tepong Suzuki Saluto 125 2022 adalah dinamis dan panjang.

Jantung pacu Suzuki Saluto 125 berkubikasi 124 cc pendingin udara Suzuki Eco Performance (SEP). Dengan ukuran bore x stroke 52,5mm x 57,4mm, tenaga maksimumnya mencapai 9,26 PS pada 7.000 rpm dan torsi 10 Nm di 6.000 rpm.

Jadi masih berharap?

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });