window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

SWAP Gandeng Baterai ABC Percepat Infrastruktur Motor Listrik di Indonesia

Ilham · 29 Jul, 2022 14:30

SWAP Gandeng Baterai ABC Percepat Infrastruktur Motor Listrik di Indonesia 01

  • SWAP sudah memiliki 400 stasiun penukaran baterai.
  • Baterai ABC dikenal luas di Indonesia

Banyak alasan bagi pengguna motor di Indonesia untuk beralih ke kendaraan motor listrik. Mulai dari keterbatasan jarak tempuh, waktu cas yang cukup lama dan jarang tersedianya stasiun pengisian kendaraan listrik umum.

Tapi faktor masalah tersebut mulai dapat diatasi dengan baterai tukar pakai yang salah satunya disediakan oleh SWAP Energi Indonesia. Di mana kini tersebar ratusan stasiun di seluruh Indonesia.

Dan kini, SWAP Energi berkolaborasi dengan perusahaan baterai listrik lokal, Baterai ABC. Tujuannya untuk mempercepat penyediaan baterai untuk para pengguna motor listrik. Kolaborasi keduanya berlangsung pada pekan ini di ajang PEVS 2022.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

SWAP Energi Indonesia menyadari bahwa Baterai ABC memiliki peranan penting dalam mendukung transisi penggunaan kendaraan listrik di Indonesia. Apalagi saat ini ABC merupakan merek baterai yang cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia. 

Baca Juga: MAB dan Davigo Punya Matic Listric Bertampang Vespa Primavera, Berapa Harganya?

Peran Baterai ABC

Dari pihak Baterai ABC, setelah sukses sebagai produsen baterai untuk kebutuhan rumah tangga dan elektronik, kini mulai merambah industri elektrifikasi pada motor listrik. Di mana Baterai ABC ikut berpartisipasi dengan mulai membuat baterai, baik berupa cell cylindrical maupun dalam bentuk pack.

SWAP Gandeng Baterai ABC Percepat Infrastruktur Motor Listrik di Indonesia 01

Hermawan Wijaya, Marketing Director PT International Chemical Industry (Baterai ABC Lithium) mengatakan, pihaknya sudah mulai membuat baterai motor listrik sejak tahun 2019. Ia menyebutkan pandemi menjadi salah satu tantangan pihaknya memproduksi baterai motor listrik. Sehingga baru di awal tahun 2022, ABC sudah mulai dapat memproduksi baterai.

"Dengan adanya kerjasama ini, SWAP Energi Indonesia yakin bahwa sinergi dengan PT International Chemical Industry (Baterai ABC Lithium) dapat menciptakan solusi terbaik bagi aktivitas pengendara motor listrik di Indonesia," dalam pernyataan resminya.

Gunakan Material Tak Mudah Terbakar

Hermawan menambahkan bahwa untuk bahan yang digunakan dalam pembuatan baterai motor listrik ABC adalah Lithium Ferro Phosphate. Material ini dipilih oleh ABC karena memiliki bahan yang tidak mudah terbakar.

SWAP Gandeng Baterai ABC Percepat Infrastruktur Motor Listrik di Indonesia 02

Selain itu, bahan tersebut juga memiliki daya tahan yang lebih lama. Sehingga diklaim sangat cocok untuk penggunaan motor listrik.

Metode Penggantian Baterai SWAP 

Sebagai catatan, saat ini ada 400 titik stasiun pergantian baterai berjuluk SWAPPoin yang telah tersebar melalui jaringan Alfamidi, Alfamart, dan Shell untuk area Jabodetabek. Lalu ada di Bali, yang tersebar di berbagai titik strategis jaringan Circle-K.

SWAP Gandeng Baterai ABC Percepat Infrastruktur Motor Listrik di Indonesia 03

SWAP Poin

Penukaran SWAP baterai sendiri gratis dan singkat, yakni 9 detik saja. Pengendara motor listrik tak perlu khawatir soal baterai karena terdapat garansi baterai seumur hidup. Mau coba beralih ke motor listrik?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });