window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Tengok Helm NHK Bekas Kecelakaan Pembalap Dunia, Serem-Serem Nih Bro

Ilham · 9 Jul, 2022 10:00

Tengok Helm NHK Bekas Kecelakaan Pembalap Dunia, Serem-Serem Nih Bro 01

  • Ada helm juara dunia Moto2 2021.
  • Efek kecelakaan Ryusei Yamanaka mengerikan.

Ajang balap motor dunia seperti MotoGP dan WSBK kerap diwarnai dengan kecelakaan yang menyeramkan. Bahkan tak sedikit yang berujung fatal.

Karena itu faktor penunjang keselamatan di balap motor seperti wearpack, sepatu, sarung tangan hingga helm patut diperhatikan. Standarisasi kualitas wajib dilakukan untuk peranti tersebut.

Salah satu peranti penunjang keselamatan paling penting di arena balap adalah helm. Karena fungsinya yang langsung memberi perlindungan pada kepala ketika terjadi kecelakaan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Tengok Helm NHK Bekas Kecelakaan Pembalap Dunia, Serem-Serem Nih Bro 01

Booth helm NHK

Sehingga meski kondisi kecelakaannya cukup parah, namun dampak tersebut bisa diminimalisir. Hal ini yang coba ditunjukan oleh produsen helm lokal NHK di ajang Jakarta Fair 2022.

Baca Juga: NHK Rilis Helm Buat Sunmori, Bisa Dipasang Intercom Harga Rp 800 Ribuan

Pajang Sederet Helm Pembalap Dunia

Yup, untuk membuktikan kualitasnya, NHK memajang sederet helm yang pernah dipakai oleh pembalap kelas dunia. Mulai dari MotoGP, Moto2, Moto3 hingga level CEV.

Tengok Helm NHK Bekas Kecelakaan Pembalap Dunia, Serem-Serem Nih Bro 02

Helm Remy Gardner

NHK sendiri saat ini memiliki beberapa wakil di kejuaraan dunia, seperti Ivan Ortola dan Adrian Fernadez di Moto3, serta Bo Bendsneyder di Moto2.

Bukan hanya itu, ada juga pelindung kepala dari pembalap yang sempat memakai helm NHK. Salah satunya helm andalan pembalap asal Australia, Remy Gardner yang merupakan juara dunia Moto2 2021. Helm dengan grafis khusus saat merebut gelar juara tersebut dipajang di Jakarta Fair 2022.

Saat ini, Gardner yang naik ke kelas MotoGP memang tak lagi memakai helm NHK. Tetapi grafisnya dalam versi replika tetap bisa didapat oleh penggemarnya.

Efek Kecelakaan Ryusei Yamanaka Paling Menakutkan

Menariknya dari sederet helm tersebut, ada juga bekas kecelakaan yang didapat oleh para pembalap saat berlomba. Dan dari deretan helm tersebut, tentu kondisinya beragam. Ada yang sekadar lecet ringan hingga tergerus cukup dalam.

Tengok Helm NHK Bekas Kecelakaan Pembalap Dunia, Serem-Serem Nih Bro 03

Helm kecelakaan Karel Abraham

Helm dan kejadian kecelakaannya coba dijelaskan oleh NHK. Misalnya helm dari kecelakaan dari Karel Abraham di sesi warm up MotoGP 2019 di Catalunya, Spanyol.

Saat itu, Karel terjatuh dan dihantam dari belakang oleh motor Suzuki milik Joan Mir yang juga jatuh. Efek kecelakaan tersebut cukup ringan karena hanya lecet di beberapa bagian saja.

Tengok Helm NHK Bekas Kecelakaan Pembalap Dunia, Serem-Serem Nih Bro 04

Gerusan aspal di helm Ryusei

Namun efek yang paling mengerikan adalah helm milik Ryusei Yamanaka yang kecelakaan di kecepatan tinggi saat sesi latihan bebas di Moto3 Valencia tahun 2020 silam.

Ryusei yang menghindari rekan setimnya di depan terjungkal. Helmnya tergerus aspal dengan keras. Untungnya, tak terjadi efek berat pada pembalap asal Jepang tersebut.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });