window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Tips: Hindari karat, Begini Cara Benar Rawat Rantai Sepeda Motor Honda Monkey

Nussa · 29 Des, 2020 15:00

Tips: Hindari karat, Begini Cara Benar Rawat Rantai Sepeda Motor Honda Monkey 01

Honda Monkey bisa dibilang sebagai motor hobi. Biasanya, motor hobi jarang digunakan. Tapi, ada juga sebagian orang yang menggunakan Honda Monkey untuk menemani aktivitasnya sehari-hari, baik untuk kuliah, kerja, atau bahkan berkendara jarak jauh alias touring. Dalam masyarakat Indonesia, motor bisa dibilang sudah menjadi alat transportasi yang utama.

Namum, jarang digunakan atau sering digunakan, Honda Monkey tetap butuh perawatan. Salah satu sektor yang perlu diperhatikan adalah bagian kaki-kaki, termasuk sistem penggeraknya.

Pada sepeda motor, terdapat 3 sistem penggerak, antara lain rantai, belt, dan gear atau gardan. Dari tiga sistem penggerak tersebut, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, termasuk dalam urusan perawatan yang berbeda juga. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Tips: Hindari karat, Begini Cara Benar Rawat Rantai Sepeda Motor Honda Monkey 01

Sepeda motor dengan penggerak rantai merupakan yang paling banyak digunakan pada motor bebek dan motor sport. Penggunaan sistem penggerak rantai memiliki kelebihan, yaitu tenaga yang dihasilkan mesin dapat terinduksi baik dengan sistem penggerak. Sehingga kinerja mesin dapat dioptimalkan dengan laju motor.

Keuntungan lain dari penggunaan sistem penggerak rantai adalah komponennya relatif lebih murah atau terjangkau. Sehingga jika ada pergantian berkala, para pemilik motor tidak terbebani oleh biaya perawatan. Nah, supaya rantai motor Honda Monkey dapat bekerja lebih lama atau lebih awet, para pemiliknya harus memerhatikan hal-hal berikut ini.

1. Kencangkan Rantai

Honda Monkey yang digunakan terus menerus akan mengalami masa pengenduran pada bagian rantainya. Kondisi ini wajar saja terjadi, karena sendi-sendi rantai dan materialnya mengalami pemuaian yang jika terus menerus dibiarkan pastinya akan memengaruhi kinerja dan performa pergerakan roda.

Maka dari itu, selalu lakukanlah pengecekan berkala agar dapat mengantisipasi lebih awal jika rantai motor Honda Monkey terlihat kendur. Selain itu, hindari juga memasangkan rantai terlalu kencang. Sebaiknya, tetap beri ruang sedikit agar rantai Honda Monkey tidak mudah putus ketika sedang melaju.

2. Bersihkan Pelumas yang Menebal

Rantai sepeda motor perlu diberikan pelumas agar tetap dapat bergerak dengan baik. Hal ini penting sekali untuk dilakukan agar rantai Honda Monkey tetap terawat. Namun, biasanya selama pemakaian, pelumas atau oli akan bercampur dengan debu. Sehingga, lama kelamaan akan terjadi penebalan pada rantai motor Honda Monkey. Dengan menebalnya pelumas ini, akan berdampak pada semakin beratnya sendi-sendi rantai yang berputar, sehingga laju motor Honda Monkey juga akan tertahan atau melambat.

Jika sudah terjadi penebalan pada rantai Honda Monkey, sebaiknya segera lakukan pembersihan agar kotoran pada komponen ini tidak menjadi semakin parah. Cara sederhana untuk membersihkan rantai sepeda motor adalah menggunakan sabun cuci piring. Untuk langkahnya, pertama campurkan sabun tersebut dengan sedikit bensin. Setelah itu, sikat rantai dengan menggunakan sikat kecil atau sikat gigi. Terakhir, bilas rantai Honda Monkey serta lap sampai kering.

Tips: Hindari karat, Begini Cara Benar Rawat Rantai Sepeda Motor Honda Monkey 02

3. Berikan Pelumas Rantai yang Bagus

Setelah oli yang menebal pada rantai motor Honda Monkey, berikan lagi pelumas tambahan dengan menggunakan pelumas rantai (chain lube). Semprotkan pelumas tersebut dengan merata ke setiap sendi-sendi rantai. Jika tidak ada pelumas rantai, bisa juga menggunakan oli yang bagus untuk melumasi rantai. Pelumas rantai atau oli bagus diyakini akan lebih minim mengikat debu. Sehingga, rantai motor Honda Monkey juga tidak mudah kotor oleh debu dan oli.

4. Segera Lakukan Pergantian Rantai Bila Perlu

Setiap barang yang digunakan sudah pasti memiliki usia pakai, tak terkecuali rantai motor Honda Monkey. Namun, yang perlu diperhatikan adalah usia pakai rantai berbeda-beda. Tergantung dari cara pemakaian dan perawatannya. Tidak bisa dipungkiri bahwa sebaik-baiknya kita melakukan perawatan, tetap saja ada saatnya rantai motor memang harus diganti. Untuk itu, gantilah rantai motor Honda Monkey jika pengencangan rantai pada swingarm sudah tidak bisa lagi dilakukan. Selain itu, saat kondisi gir sudah ompong, maka sebaiknya kamu melakukan penggantian dengan satu set rantai dan gir.

Hindari kebiasaan menunggu sampai kondisi rantai menjadi lebih parah untuk merawat atau bahkan mengganti. Empat hal sederhana di atas penting untuk dilakukan sebagai upaya menjaga keselamatan berkendara.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });