Pembahasan terkait rangka tersebut pun beragam, mulai dari jawaban pihak PT Astra Honda Motor yang menjelaskan tentang silikat.
Kemudian ada juga cara klaim garansi jika rangka milik konsumen bermasalah dan info termasuk jika masalah ini sudah sampai negara tetangga. Selengkapnya di bawah ini.
Bukan hanya di Indonesia, motor-motor yang pakai rangka eSAF juga beredar di beberapa negara lain.
Peredaran motor dengan rangka eSAF ini kebanyakan mengisi pasar sesama negara Asia Tenggara.
Dipantau dari situs Honda di beberapa negara, semua matic yang pakai eSAF bisa ditemui, kecuali Honda Genio. Negara dan motor apa saja yang masuk daftar?
Rangka motor memang bukanlah komponen fast moving atau yang perlu cepat diganti seperti ban atau kampas rem. Namun yang namanya apes tentu sulit dihindari.
Sebab rangka bisa saja rusak karena benturan saat kecelakaan hingga keropos akibat karat. Seperti yang tengah ramai dikabarkan belakangan ini.
Hal ini pun diantisipasi oleh pabrikan motor dengan menjual rangka motor tersebut secara eceran. Nah, berapa harga rangka motor matic entry level ya?
Viralnya kasus rangka yang patah dan berkarat di motor matic Honda Indonesia ternyata mulai merambat ke negeri jiran, bahkan pemilik Honda Vario 160 di Malaysia ikutan resah.
Pasalnya beberapa pengguna motor ini di sana mulai mengeluhkan munculnya bercak silikat yang tampak seperti karat pada rangka motornya.
Beberapa kondisi rangka yang terindikasi karat tersebut diunggah di akun Facebook Group Honda Vario 160 Owner Club Malaysia. Duh!
Pembahasan rangka eSAF korosi, karat hingga patah tengah memenuhi hampir seluruh jagad media sosial. Ini pun membuat PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan klarifikasi dalam bentuk video yang diunggah pada akun Instagram @welovehonda_id.
Tanpa basa-basi, pembahasan langsung mengarah kepada bercak kuning pada rangka motor Honda. Di mana ini yang dianggap sebagai sumber permasalahannya.
Namun, sosok misterius dalam video tersebut membeberkan kalau warna kuning yang menempel pada las-lasan rangka bukan lah karat. Kira-kira apa ya?
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil