window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Update Kecelakaan Maut Truk Tangki Cibubur, Berikut Kronologinya

Ilham · 19 Jul, 2022 19:30

Update Kecelakaan Maut Truk Tangki Cibubur, Berikut Kronologinya 01

  • Kecelakaan terjadi di dekat persimpangan baru.
  • Kejadian melibatkan banyak kendaraan.

Kecelakaan maut terjadi di Jl. Alternatif Cibubur arah Cileungsi pada Senin (18/7/2022) sore. Dalam kejadian ini dilaporkan oleh pihak kepolisian ada 10 orang meninggal dunia dan 6 orang luka-luka.

Lebih rinci, kejadian ini melibatkan truk tangki Pertamina bermuatan 24.000 liter BBM dengan belasan kendaraan. Diantaranya mobil, sepeda motor, angkutan umum, hingga Minibus TNI, di jalan Raya alternatif Transyogi Cibubur depan CBD RT 1 RW 1, Kelurahan Jatirangga, Kecamatan Jatisampurna, Bekasi.

Baca Juga: Seram! Kecelakaan Truk Tangki Pertamina di Cibubur, Puluhan Bikers Jadi Korban!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Kronologi Kejadian

Mengutip laporan Danramil 702/PG, kecelakaan ini disebabkan adanya truk tangki yang meluncur dari arah Cibubur ke Cikeas. Dan sesampainya di TKP, kendaraan tersebut mengalami rem blong dan menabrak sejumlah pengendara tersebut adanya di turunan Cikeas.

"Karena mengalami rem blong akhirnya pengemudi truk tersebut mengambil insiatif membanting setir ke kiri dan menabrak sejumlah kendaraan lainnya," dalam laporan tersebut.

Update Kecelakaan Maut Truk Tangki Cibubur, Berikut Kronologinya 01

Namun dari laporan resmi kepolisian, Dirgakkum belum dapat membeberkan secara rinci penyebab kecelakaan. Ini karena masih menunggu hasil olah TKP tim Traffic Accident Analysis (TAA) Korlantas Polri. 

Tim TAA ini akan menggambarkan dan merekonstruksi kembali pada saat sebelum kejadian, saat kejadian, dan setelah kejadian pada titik akhirnya. Namun, dari pantauan sementara di TKP, Dirgakkum tidak menemukan bekas pengereman kendaraan truk.

“Kita terlalu dini untuk menyebutkan penyebab kecelakaan. Namun dari bekas TKP tidak ada bekas-bekas rem. Ada beberapa faktor kemungkinan seperti faktor manusia, faktor teknis, dan faktor jalan,” terang Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan.

Korban Jiwa 

Dalam perkembangannya pada 18 Juli malam, kepolisian juga melansir jumlah korban jiwa, baik meninggal dunia dan luka-luka. Di mana ada 10 orang meninggal dunia dan 6 luka-luka. Jumlah ini pun masih dinamis karena masih menunggu data korban lainnya.

Update Kecelakaan Maut Truk Tangki Cibubur, Berikut Kronologinya 02

"Korban kami 'update', karena ini masih dinamis. Tadi sementara korban meninggal dunia ada delapan, tapi setelah kami sisir di beberapa rumah sakit, korban meninggal dunia ada 10," ucap Brigjen Aan dilansir JPNN. Korban jiwa tersebut juga termasuk dari anggota TNI AL yang melintas di TKP saat itu.

Pertamina Siap Bertanggung Jawab

Menanggapi kecelakaan yang melibatkan armada truk tangkinya, Pertamina menyatakan siap bertanggung jawab akan hal tersebut. Hal ini disampaikan via pernyataan resminya sebagai berikut:

1. Sehubungan dengan kecelakaan yang dialami mobil tangki dengan No. Polisi B 9598 BEH di Jl. Transyogi Gunung Putri, Bogor sekitar pukul 15.29 WIB sore tadi, PT Pertamina Patra Niaga  menyampaikan permohonan maaf dan duka cita mendalam kepada korban dan keluarga korban. Saat ini sedang dilakukan penanganan terhadap korban.

2. PT Pertamina Patra Niaga akan bertanggung jawab atas peristiwa kecelakaan yang terjadi dan mengupayakan penanganan maksimal pada seluruh korban.

3. Penyebab kecelakaan sedang diinvestigasi bekerjasama dengan aparat yang berwajib.

4. Pertamina juga memastikan pasokan BBM untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tidak mengalami kendala.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });