window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Viral Sekelompok Bikers Istirahat di Jalur Penyelamat, Sudah Pada Siap Diterjang Mobil Rem Blong?

Harry · 30 Agu, 2021 14:30

Akhir pekan kemarin viral sebuah foto, yang menampilkan jalanan menurun dengan tikungan ke kanan. Sementara di sisi lainnya, terdapat sebuah jalur penyelamat yang berfungsi untuk area berhenti kendaraan yang mengalami rem blong.

Seharusnya foto tersebut tak akan viral jika tidak menampilkan sekelompok anak muda dengan sepeda motornya, yang diduga sedang beristirahat, usai melakukan sunmori (sunday morning ride).

Viral Sekelompok Bikers Istirahat di Jalur Penyelamat, Sudah Pada Siap Diterjang Mobil Rem Blong? 01

Jalur menurun di Subang yang viral akhir pekan kemarin.

Tak disebutkan lokasi tersebut, namun pada sebuah rambu himbauan di tepi jalan tertuliskan Polres Subang, lengkap dengan larangan berhenti dan befoto di lokasi tersebut. Kami menduga kuat, itu adalah jalan menurun dari arah Lembang, Bandung menuju Subang.

Lokasi tersebut memang kerap menjadi jalur favorit anak muda pengendara motor dari wilayah Bandung dan Subang, untuk riding pada Minggu pagi hari. Jalur khas pegunungan yang berkelok dengan tanjakan dan turunan menjadi lokasi favorit mereka.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Baca juga : Nggak usah Bingung, Ini 9 Motor Matik yang Wajib Pakai SIM CI

Sayangnya alih-alih beristirahat di lokasi yang aman, mereka justru menantang maut  dengan berkumpul di mulut jalur penyelamat. Apakah mereka sudah siap diterjang kendaraan yang mengalami rem blong?

Bahaya Berhenti di Jalur Penyelamat

Jalur penyelamat atau dikenal juga dengan istilah emergency safety area, biasanya terdapat pada lokasi jalanan yang menurun curam. Tak hanya di jalan tol, tapi juga dijalan raya seperti jalur Puncak Bogor dan Subang-Lembang, Jawa Barat.

Jalur darurat tersebut dibuat sebagai tempat untuk meredam laju kendaraan akibat rem blong. Dikutip dari situs BPJT, jalur penyelamat punya kontur kasar dan bergelombang dengan tujuan menjebak, atau mengunci laju kendaraan saat terjadi masalah rem.

Viral Sekelompok Bikers Istirahat di Jalur Penyelamat, Sudah Pada Siap Diterjang Mobil Rem Blong? 01

Foto ini viral lantaran diunggah oleh banyak akun.

Jalur penyelamat pun bukan buat terbuat dari aspal kasar dan bergelombang, melainkan dari tumpukan pasir dan juga batu kerikil. Sehingga saat ada kendaraan yang menerjang, bisa langsung diredam kecepatannya.

Baca juga : Polisi Beri Dispensasi, Pengendara Moge Bisa Pakai SIM CI Sampai 2022

Kerap Jadi Lokasi Istirahat

Sayangnya banyak dari pengendara yang masih belum paham akan bahaya berhenti di jalur penyelamat. Lantaran lokasinya cenderung seperti area jalan tak terpakai, banyak yang memanfaatkan untuk istirahat.

Padahal aktivitas tersebut akan sangat membahayakan dan mengganggu pengendara lain, yang mungkin membutuhkan lajur penyelamat tersebut saat situasi darurat.

Viral Sekelompok Bikers Istirahat di Jalur Penyelamat, Sudah Pada Siap Diterjang Mobil Rem Blong? 02

Bayangkan jika mereka diterjang truk yang alami rem blong.

Jika pada mulut jalur penyelamat dimanfaatkan untuk istirahat, bukan tak mungkin mereka akan diterjang kendaraan yang mengalami masalah rem blong. Korban jiwa pun akan berjatuhan jika diterjang mobil atau bahkan truk yang alami rem blong.

Baca juga : Masa Berlaku SIM Habis Saat PPKM Darurat, Bagaimana Proses Perpanjangnya?

Tak hanya pada contoh kasus di atas, beberapa jalur penyelamat seperti di jalan tol pun kerap dijadikan lokasi istirahat. Banyak pengendara mobil yang berhenti di area berbahaya itu.

Tentu alangkah baiknya jika memilih lokasi istirahat yang aman, seperti warung di pinggir jalan atau rest area jika sedang berada di jalan tol. Ingat, keselamatan jadi prioritas saat berkendara, jangan sampai membahayakan nyawa kalian dan orang lain.

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });