window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Wow! Best Time Toprak di Mandalika Ternyata Bisa Kalahkan Zarco!

Fariz · 21 Nov, 2022 11:00

Wow! Best Time Toprak di Mandalika Ternyata Bisa Kalahkan Zarco! 01

Toprak Razgatlioglu saat beraksi di WSBK Mandalika 2022.
  • Catatkan rekor baru untuk waktu putaran WSBK di sirkuit Mandalika.
  • Lap time Toprak kalahkan Johan Zarco di MotoGP.

Motul FIM Superbike World Championship di Pirelli Indonesian Round telah usah dilaksanakan selama 3 hari, terhitung sejak tanggal 11 hingga 13 November 2022. Ini jadi kali kedua WorldSBK atau WSBK mengadakan balap di Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Ajang balap satu ini selalu menghadirkan tontonan yang menarik dari para pembalap yang selalu berusaha menjadi yang terbaik, termasuk saat dilaksanakan di sirkuit Mandalika.

Selama 3 hari pelaksanaannya, kondisi cuaca terhitung cukup panas. Suhu udara sekitar mencapai 30°C sedangkan suhu aspal bisa mencapai 60°C, jadi tidak heran kalau ini jadi tantangan terbesar bagi para tim juga fisik pembalap.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Bahkan hampir di setiap belakang pit, ada sebuah kolam renang portable yang berisi es untuk mendinginkan tubuh para pembalap setelah melakukan sesi latihan atau balap.

Aspal Baru

Sebelum WSBK digelar, sirkuit Mandalika mendapatkan beberapa peningkatan. Seperti run off yang lebih lebar dan pengaspalan ulang untuk mendapatkan kenyamanan lebih bagi para pembalap.

Baca juga: Toprak Hattrick di WSBK Mandalika, Bautista Resmi Juara Dunia 2022!

Wow! Best Time Toprak di Mandalika Ternyata Bisa Kalahkan Zarco! 01

Selebrasi stoppie khas pembalap asal Turki ini

Di hari pertama saat Free Practice 1 banyak pembalap yang mengeluhkan kalau kondisi aspal cukup kotor pasca pengaspalan. Ini membuat para pembalap tidak bisa memacu motornya dengan maksimal.

Ini membuat catatan waktu di tiap putarannya cukup melorot. Namun para pembalap terus mencari catatan waktu terbaiknya agar bisa mendapatkan data yang akurat untuk digunakan saat balap.

Pihak manajemen dari Mandalika juga terlihat beberapa kali melakukan pembersihan sirkuit di sela-sela waktu istirahat dan di saat semua sesi berakhir untuk memastikan aspal bersih juga aman digunakan.

Pecah Rekor

Kondisi sirkuit yang terus membaik sepanjang sesi, membuat para pembalap bisa memacu motornya lebih cepat dan membuat catatan waktu lebih cepat. Itu terlihat dari catatan para pembalap saat Free Practice 2, Free Practice 3, dan Superpole.

Baca juga: Pertarungan Ketat di Superpole Race WSBK Mandalika 2022, Toprak Kembali Duduki Podium Tertinggi

Wow! Best Time Toprak di Mandalika Ternyata Bisa Kalahkan Zarco! 02

Catatkan waktu 1'31.371 menit di sirkuit Mandalika

Bahkan Toprak Razgatliouglu dari Pata Yamaha with BRIXX WorldSBK bisa memecahkan rekor di sesi Superpole dengan catatan waktu 1’31.371 menit dengan kecepatan maksimal 285 km/jam.

Catatan waktu tersebut membuka jarak dengan pembalap kedua cukup jauh, tercatat gapnya mencapai 1.052 detik dan menjadi salah satu gap Superpole terjauh setelah Superpole pada tahun 2007 di Lausitzring, saat itu ketika Fonsi Nieto lebih cepat 3.8 detik dari Regis Laconi.

Kalahkan MotoGP

Catatan waktu 1’31.371 menit yang didapat Toprak ternyata mirip dengan catatan waktu para pembalap MotoGP di sirkuit yang sama. Kala itu ada Fabio Quartarao dari Monster Energy Yamaha MotoGP dengan catatan waktu 1’31.067 menit saat Q2.

Lantas ketika catatan waktu Toprak disejajarkan dengan catatan waktu para pembalap MotoGP, hasilnya Toprak bisa menduduki peringkat 3. Tepatnya lebih cepat dari Johan Zarco asal Prima Pramac Racing, dengan catatan waktu 1’31.378 menit.

Baca juga: Tak Tersentuh! Toprak Kuasai Race 1 WSBK Mandalika 2022 Sejak Awal Balapan

Wow! Best Time Toprak di Mandalika Ternyata Bisa Kalahkan Zarco! 03

Toprak sebut bisa posisi 3 di MotoGP dengan kondisi saat ini

“Saya di posisi 3 mungkin ya, kalau begitu saya akan balap MotoGP dengan motor WSBK aja, hahaha…” candanya saat media briefing usai melakukan Superpole pada hari Sabtu (12/11).

Namun memang saat pagelaran MotoGP di Mandalika kala itu kondisi sirkuit juga tidak sepenuhnya aman, ada beberapa titik yang masih licin. Dengan begitu para pembalap MotoGP tidak bisa memacu motornya dengan maksimal.

“Tapi saat MotoGP ke sini (Mandalika), kondisi track saat itu memiliki cengkraman yang kurang baik. Saat ini sudah lebih bersih, saya pikir MotoGP akan memiliki lap time yang lebih baik lagi,” tutup pembalap asal Turki ini.

Gimana jadinya nih kalau Toprak balap MotoGP dengan motor WSBK? 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });