window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Yamaha Indonesia Siap-Siap Rakit Moge Untuk Pasar Global

Harry · 31 Agu, 2023 15:00

Yamaha Indonesia Siap-Siap Rakit Moge Untuk Pasar Global 01

Yamaha MT-07.
  • Dipercaya Yamaha pusat merakit moge.
  • Sudah rakit mesin moge sejak 5 tahun terakhir.
  • Banyak produk rakitan lokal untuk pasar ekspor.

Banyak pabrikan otomotif yang telah mempercayakan Indonesia sebagai basis produksinya, salah satunya adalah Yamaha.

Di Indonesia, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) telah mengirimkan banyak model sepeda motor untuk pasar global.

"Saat ini kita sudah memproduksi motor untuk ekspor seperti MT, XMax dan kita diberi kepercayaan lebih oleh Yamaha Motor Corporation," buka Dyonisius Beti, President Director & CEO YIMM.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

"Kita sedang preparation untuk memproduksi big bike karena kita sudah ekspor produk-produk sebelumnya," tambahnya di depan awak media saat kunjungan pabrik hari ini (31/8/2023).

Untuk diketahui, YIMM sendiri telah memproduksi mesin big bike sejak lima tahun belakangan di pabrik mereka.

Baca juga : Fairing Balap Yamaha R25 ala Moto2 Ampuh Mengatasi Keganasan Mandalika

"Namun karena ada regulasi pajak pemerintah yang lumayan tinggi, jadi rasanya untuk saat ini big bike ini untuk ekspor ke negara-negara maju," tambahnya.

Dion juga menambahkan jika pihaknya telah merakit produk untuk pasar ekspor selama 20 tahun terakhir ini.

Yamaha Indonesia Siap-Siap Rakit Moge Untuk Pasar Global 01

Proses perakitan Yamaha NMax untuk pasar ekspor.

"Kalau hitung-hitungan kita sudah ada 2 juta motor yang kami kirim ke 40 negara dan hampir tidak pernah ada masalah atau klaim terhadap kualitas."

"Kualitas kita sudah diapresiasi baik di Jepang, Amerika dan Eropa, mereka apresiasi produk Maxi kita," katanya.

Kualitas motor yang baik menurutnya ditentukan dari material dengan ketebalan yang bagus dan proses pengerjaannya seperti apa.

Baca juga : Sensasi Ngegas Yamaha R15 Connected di Sirkuit Mandalika, Nikmat Tapi...

Bahkan Yamaha mengklaim jika tidak ada perbedaan kualitas antara model untuk pasar ekspor dan pasar domestik.

"Perbedaan hanya pada spesifikasi menyesuaikan negara tujuan, tapi untuk kualitas tidak ada perbedaan sama sekali," timpal Takashi Kimoto, Production Director YIMM.

Yamaha Tambah Suplai Motor Pasar Domestik

Yamaha Indonesia Siap-Siap Rakit Moge Untuk Pasar Global 02

Tak ada beda kualitas untuk pasar domestik dan ekspor.

Terkait kendala produksi seperti kelangkaan chip semi konduktor juga disebut mulai teratasi, sehingga produksi bisa digenjot.

Meski demikian, pihak Yamaha mengatakan jika penambahan suplai motor untuk pasar domestik akan mengikuti permintaan.

"Kita tidak ingin over supply, tapi kita persiapkan, ayo tidak usah menunggu terlalu lama lagi, jika ada sales nakal bisa laporkan," lanjut Dion lagi.

Baca juga : Perbandingan Konsumsi BBM Honda CBR150R 2022 dan Yamaha R15 2022, Irit Mana?

Kelangkaan stok terutama pada motor-motor kelas menengah Yamaha sempat ramai dikeluhkan konsumen.

Ini lantaran konsumen yang datang dipersulit jika ingin membeli cash serta adanya permainan sales nakal berupa upping price.

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });