window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

3 Alasan Isi BBM di Malam Hari Terasa Lebih Irit, Bahan Bakar Gampang Menguap Waktu Siang?

Yongki Sanjaya · 26 Mei, 2023 17:30

3 Alasan Isi BBM di Malam Hari Terasa Lebih Irit, Bahan Bakar Gampang Menguap Waktu Siang? 01

Saat kita mengisi bahan bakar di mobil, harapannya tentu semakin banyak bahan bakar yang masuk ke tangki supaya tidak rugi. Kalian mungkin merasa, kalau isi BBM di waktu malam atau pagi hari bisa lebih irit daripada saat siang terik.

Mitosnya, mengisi BBM di malam atau pagi hari bisa meningkatkan efisiensi bahan bakar. Konon karena untuk jenis bensin mengandung zat hidrokarbon yang mudah menguap di siang hari. Apakah faktanya demikian? 

Salah satu sifat bahan bakar minyak (BBM) adalah memuai dan menguap jika suhunya bertambah. Proses ini juga mungkin terjadi saat bensin udah berada di tangki mobil atau motor. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: 

Konsumsi BBM Bakal Naik Selama Musim Mudik Lebaran 2023, Pertamina Tambah Layanan SPBU Siaga 24 Jam

Antisipasi Jalur Macet, Pertamina Siapkan Ratusan Mobil Tanki yang Standby dan Delivery Service BBM

Kehabisan Bensin di Tol Cisumdawu? Tenang, Pertamina Siapkan Layanan Ini

​​​​​Hal ini masuk akal, karena sifat pemuaian pada bahan bakar yang terkena paparan suhu panas. Saran tersebut memang benar bila melihat dari sudut pandang fisika. 

Karakter bahan bakar cair dapat mudah memuai dan menguap di siang hari. Namun bukan itu saja penjelasan rasional dan logis mengapa BBM cenderung bisa lebih boros kalau mengisi di siang hari. 

1. Alasan Isi BBM di Waktu Malam atau Pagi Jadi Lebih Irit

3 Alasan Isi BBM di Malam Hari Terasa Lebih Irit, Bahan Bakar Gampang Menguap Waktu Siang? 01

Dikutip dari technology.org, semakin dingin cairan, maka sifatnya akan semakin padat. Contohnya es batu yang merupakan hasil perubahan wujud dari air yang membeku.

Penjelasannya kurang lebih begini, satu liter bensin atau solar dalam kondisi dingin akan memiliki density lebih dari satu liter bensin dalam kondisi hangat. 

Logikanya, jika bahan bakar dalam kondisi lebih dingin dan memiliki tingkat kepadatan masa jenis lebih tinggi. Artinya kita pun akan mendapatkan BBM lebih banyak dengan harga yang sama. Itulah mengapa, bahan bakar yang lebih dingin memiliki kepadatan cairan yang lebih tinggi. 

Situasi ini kemudian didukung hawa udara sekitar yang cukup adem dan dingin, sehingga penguapan cairan BBM yang terjadi tidak sebanyak di suhu panas. Jadi, bensin atau solar yang kita isi tidak banyak menguap dengan percuma.

2. Suhu Panas Dari Kendaraan Bikin Pengisian Tidak Optimal

3 Alasan Isi BBM di Malam Hari Terasa Lebih Irit, Bahan Bakar Gampang Menguap Waktu Siang? 02

Saat kita isi bahan bakar di siang hari, tidak cuma suhu lingkungan yang tinggi tapi juga suhu kendaraan juga panas karena radiasi dari mesin. Suhu yang tinggi memiliki dampak ketika bensin dipompa ke tangki kendaraan.

Dikutip dari Kompas, Ketika temperatur sekitar saat pengisian sedang tinggi, maka volume liternya juga bertambah (memuai). padahal massanya tetap. Artinya kita yang bayar lebih untuk mendapatkan massa yang sama. 

Kondisi ini bisa menghalangi tangki bensin untuk terisi dengan penuh seperti ketika mengisi bahan bakar di suhu yang lebih rendah. Hal ini juga diperparah adanya dorongan uap bensin dari dalam tangki yang membuatnya jadi terasa 'penuh'.

Temperatur tinggi pada siang hari memicu BBM dari dalam tangki mobil juga mudah menguap. Sedangkan temperatur dingin pada malam hari akan membuat masa jenis BBM berada pada posisi paling tinggi, dan partikelnya dalam kondisi rapat.

3. Segini Pengurangan Masa Jenis BBM Saat Siang Hari

3 Alasan Isi BBM di Malam Hari Terasa Lebih Irit, Bahan Bakar Gampang Menguap Waktu Siang? 03

Hal yang perlu kalian ketahui, SPBU menyimpan bahan bakar mereka jauh di bawah tanah. Penyimpanannya berupa tangki logam yang dibalut lapisan-lapisan beton kemudian ditimbun tanah. Lokasinya yang  berada di bawah tanah tertutupi lapisan beton adalah isolator sempurna yang menjaga bahan bakar dalam suhu yang konsisten, sehingga pengaruh suhu dari luar pun minim. 

Kembali ke pembahasan soal alasan mengisi BBM di siang hari jadi terasa lebih boros, ini karena adanya sedikit pengurangan berat jenis cairan bahan bakar karena pengaruh suhu. 

Bicara soal kepadatan massa ini selisihnya memang tidak terlalu banyak, sehingga tidak begitu merugikan pemilik kendaraan saat pengisian di siang hari. Misalnya densitas (massa jenis) BBM 0,78 kg per liter, dan pengurangannya tergantung kenaikan temperatur. Apabila di siang hari cuma menjadi 0,75 kg per liter.

Kesimpulan

Bagi kalian yang cukup sibuk, maka waktu isi BBM di malam hari memberi banyak manfaat. Kelebihan lain ialah situasi antrian di SPBU cukup lengang apabila malam, tidak seramai di pagi dan siang hari. Itulah mengapa di malam hari jadi waktunya angkutan umum entah itu mikrolet atau taksi mengisi BBM. 

Walaupun ada beda massa jenis bensin, tapi nggak seberapa banyak. Positifnya, kamu bisa jadi dapat massa bahan bakar lebih banyak dan dari sisi waktu nggak terburu-buru dibandingkan isi BBM ketika pagi hari akan berangkat kerja atau sekolah. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil