window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

5 Keunggulan Datsun Cross yang Tidak Dimiliki Calya-Sigra

Enda · 10 Okt, 2023 19:03

Datsun Cross

Sebagai crossover dengan harga terjangkau, Datsun Cross diluncurkan di Indonesia pada Januari 2018.

Dibangun berdasarkan Datsun GO + Panca, pada eksteriornya Datsun Cross mendapat tambahan body cladding baik di pintu, bumper serta side skirt.

Selain itu juga diaplikasikan velg alloy berukuran 15 inci, serta ground clearance yang ditingkatkan mencapai 200 mm guna menegaskan tampilan gagah, tangguh, dan juga futuristik.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });
@garasi.autofun Dari dua pilihan ini, mana yang paling pas buat kalian? #tipsmobil #mobilbekas #bekasberkualitas #tipsmobilbekas #reviewmobil #datsun #wuling ♬ Night Jazz Bar Style Jazz Piano quartet(893710) - ricca

Kondisi barunya sudah tidak lagi dijual, pasaran harga bekas Datsun Cross saat ini berada di angka Rp90 jutaan.

Memiliki pasaran harga bekas di bawah Rp100 juta, berikut ini 5 keunggulan Datsun Cross yang wajib diketahui sebelum membeli.

Baca juga: Menang Tampang dan Fitur Keselamatan, Performa Datsun Cross Sulit Ungguli Toyota Calya

1. Datsun Cross Dilengkapi Projector Lamp

Datsun Cross

Tampilan depan bergaya crossover

Melihat bagian luar, untuk sistem pencahayaan mobil ini lampu utamanya mengadopsi bohlamp berprojector yang dikombinasikan DRL LED model plasma dengan bentuk dinamis dan menyudut.

Memberikan visibilitas yang lebih baik, tepat di bawah headlampnya tersematkan foglamp model bulat dengan bentuk add on yang terlihat dinamis.

Di tahun yang sama, baik Calya maupun Sigra masih mengandalkan bohlamp halogen biasa pada sistem pencahayaannya.

Informasi tambahan, mobil ini diaplikasikan roof rail serta spoiler di belakang yang secara bentuk dapat meningkatkan aerodinamika berkendara.

2. Mendapatkan Head Unit Layar Sentuh

Datsun Cross

Ada headunit 6,7 inci

Pada sistem hiburannya mobil ini telah disematkan head unit touchscreen 6,7 inci, berbeda dengan Calya dan Sigra yang saat itu menggunakan head unit 2Din belum layar sentuh.

Menariknya, sistem hiburan yang digunakan versi crossover dari Datsun GO+ Panca tersebut mendukung smartphone dengan fitur mirroring, sistem navigasi berupa Sygic Car Connected Navigation, format Bluetooth, AUX dan masih banyak lainnya.

Tepat di bawah sistem hiburan terdapat pengaturan AC suhu serta putaran kipas dengan knob model putar.

Selain itu juga disematkan lighter yang bisa dimanfaatkan sebagai port untuk menambah daya pada gawai.

Dilengkapi power window di semua pintu, untuk pengaturan spion samping telah mengaplikasikan fitur pengeaturan elektrik serta pelipatan otomatis yang memudahkan pengguna saat sedang parkir atau melewati jalanan sempit.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Datsun Cross, Umurnya Cuma 2 Tahun Tapi Menarik daripada LCGC

3. Fitur Keselamatan Lebih Komplit

Datsun Cross

Tampilan belakang sporty

Datsun tipe ini juga memiliki fitur keselamatan yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Karenanya pabrikan melengkapinya dengan dual SRS airbags di bagian depan yang mampu memberikan perlindungan terhadap pengemudi dan penumpang depan saat terjadinya benturan.

Guna memberikan daya pengereman secara lebih optimal serta mudah dikendalikan saat mengerem secara mendadak, mobil ini berhasil tersematkan Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake-force Distribution (EBD).

Hal menarik lainnya dari fitur keselamatan yang dimiliki, mobil ini telah mendapatkan Vehicle Stability Control (VSC).

VSC sendiri dapat mendeteksi dan mencegah tergelincirnya mobil pada saat sedang melaju.

Mencegah selipnya roda atau hilangnya traksi dengan cara mengurangi tenaga mesin yang sekaligus memberikan gaya pengereman secara efektif agar mobil dapat kembali berjalan dengan stabil.

4. Andalkan Mesin 1.200 Cc yang Responsif dan Hemat BBM

Datsun Cross

Mesin HR12DE

Seperti Datsun GO+ Panca, Datsun Cross disematkan mesin berkode HR12DE DOHC 3-silinder segaris berkapasitas 1.198 cc.

Di atas kertas, performa yang diperoleh sebesar 68 PS untuk yang tipe transmisi manual dan 78 PS untuk yang transmisi CVT, namun keduanya dapat menghasilkan torsi serupa yaitu 104 Nm.

Mesin yang digunakan memiliki karakter responsif pada putaran bawah dan atas dengan.

Memiliki tarikan yang responsif, untuk konsumsi BBM-nya mobil ini dapat berjalan 20 hingga 21 km/liter pemakaian luar kotanya.

5. Transmisi CVT Terasa Halus

Datsun Cross

Varian transmisi CVT

Pada mobil ini, pabrikan menawarkan dua pilihan transmisi, yaitu; manual 5-percepatan dan CVT.

Bicara mengenai transmisi CVT yang digunakan, gearbox ini memberikan rasa berkendara fun to drive dan nyaman berkat perpindahan gigi secara otomatis yang terasa halus dan responsif.

Baca juga: Perbandingan Mengemudi Renault Triber dengan Datsun Cross

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Datsun Cross 5MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil