Menang Tampang dan Fitur Keselamatan, Performa Datsun Cross Sulit Ungguli Toyota Calya

Enda · 18 Mei, 2022 15:00

Datsun Cross vs Toyota Calya

Dari segi tampilan fasad, Datsun Cross terbukti jauh lebih macho dan sporty ketimbang Toyota Calya. Hal ini dikarenakan Datsun Cross menganut konsep crossover, beda dengan Toyota Calya yang terihat lebih kalem karena berada di segmen LCGC.

Tak hanya tampilan, untuk fitur hiburannya, mobil yang pertama kali dikembangkan di Negeri Bollywood tersebut juga lebih unggul ketimbang mobil murah ramah lingkungan garapan geng Sunter. Sebagai contoh pada sistem hiburannya Datsun Cross dibenamkan head unit layar sentuh berukuran 6,7 inci yang dapat terhubung dengan smartphone serta sistem navigasi berupa Sygic Car Connected Navigation, format Bluetooth, AUX dan fitur mirroring.

Beda dengan Toyota Calya, mobil ini masih mengandalkan head unit 2din yang mendukung format MP3, USB, AUX, DVD dan radio. Meski sistem hiburannya terbatas, mobil berlogokan tiga oval ini telah mendapatkan kipas ventilasi yang mampu mendistribusikan udara sejuk dari depan hingga baris kedua dan ketiga.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Ditawarkan mulai dari Rp90 jutaan untuk keduanya dengan tahun produksi 2018, apakah Datsun Cross punya fitur keselamatan serta performa yang sanggup mengungguli Toyota Calya, atau justru sebaliknya? Daripada penasaran, simak ulasannya di bawah ini.

Baca juga: Simak Kelebihan dan Kekurangan Toyota Calya, Walau Gak Murah Lagi Tapi Peminatnya Tetap Banyak

Adu Fitur Keselamatan Datsun Cross Vs Toyota Calya

Datsun Cross

Datsun Cross dilengkapi dengan Vehicle Stability Control (VSC)

Meski harga sekennya kini setara dengan LCGC 7-seater kepunyaan Toyota, untuk fitur keselamatannya Datsun Cross ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Pasalnya Datsun Indonesia sudah membekalnya dengan dual SRS airbags di bagian depan yang mampu memberikan perlindungan terhadap pengemudi dan penumpang depan saat terjadinya benturan.

Tak sampai disitu, guna memberikan pengereman secara lebih optimal serta mudah dikendalikan saat mengerem secara mendadak, Datsun Cross juga sudah dibekali dengan fitur Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake-force Distribution (EBD).

Bukan cuma itu, mobil ini juga dilengkapi dengan fitur keselamatan berupa Vehicle Stability Control (VSC) yang biasanya baru bisa dijumpai pada mobil Rp200 jutaan ke atas. Kalian yang belum tahu, VSC ini mampu mendeteksi dan mencegah tergelincirnya mobil pada saat sedang melaju.

VSC dapat mencegah roda selip dan hilang nya traksi dengan mengurangi tenaga mesin, sekaligus menerapkan gaya pengereman secara efektif pada setiap rodanya supaya mobil bisa kembali berjalan dengan stabil.

Toyota Calya

Fitur keselamatan Toyota Calya tak selengkap Datsun Cross

Untuk fitur keselamatan yang ada pada Toyota Calya, pabrikan sendiri telah membekalinya dengan dual SRS airbag, front seatbelt with pretensioner & force limiter, TAF (Total Advance Function) body di struktur rangkanya, Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake-force Distribution (EBD).

Untuk keamanannya, keduanya berhasil mendapatkan immoblizer serta main & spare key integrater with remote yang mampu memberikan rasa aman saat posisi mobil diparkir jauh jangkauan pemilik.

Baca juga: Komparasi Spesifikasi Renault Triber Melawan Datsun Cross

Sama-sama 1.200 Cc, Siapa yang Lebih Bertenaga?

Datsun Cross

Mesin HR12DE 1.198 cc pada Datsun Cross

Mengenai jantung pacunya, Datsun Cross dibekali dengan mesin yang sama persis dipakai Nissan March. Dimana mesin berkode HR12DE DOHC 3-silinder segaris berkapasitas 1.198 cc yang digunakan mampu memeras tenaga hingga 68 PS @ 5.000 rpm (manual 5-percepatan) dan 78 PS @ 6.000 rpm (CVT). Untuk torsinya, transmisi manual menghasilkan torsi puncak sebesar 104 Nm @ 4.000 rpm, sedangkan varian CVT memperoleh torsi hingga 104 Nm @ 4.400 rpm.

Toyota Calya

Mesin 3NR-VE 1.197 cc Toyota Calya

Lalu bagaimana dengan Toyota Calya? Menurut spesifikasinya, mobil ini menggunakan mesin 3NR-VE, DOHC Dual VVT-i 4-silinder segaris berkubikasi 1.197 cc yang mana menurut data di atas kertas, mampu melecutkan tenaga hingga 88 PS @6.000 rpm dengan torsi maksimal mencapai 107 Nm @4.200 rpm. Soal transmisinya Toyota Calya ditawarkan dengan dua opsi, manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Kesimpulan

Melihat daripada fitur keselamatan, Datsun Cross ini lebih komplit ketimbang Toyota Calya. Karena Datsun Cross sendiri telah dilengkapi dengan Vehicle Stability Control (VSC) yang mampu mendeteksi dan mencegah tergelincirnya mobil pada saat sedang melaju.

Memiliki fitur keselamatan yang lebih komplit, untuk performanya Datsun Cross lebih kecil baik dari segi tenaga maupun torsi bila dibandingkan dengan Toyota Calya. Selain itu, getaran mesin yang dihasilkan Datsun Cross ini lebih terasa berkat penggunaan tiga silinder sehingga dapat mengurangi rasa nyaman saat berkendara.

Namun mesin tiga silinder yang dianut Datsun Cross ini memiliki keunggulan pada konsumsi bahan bakarnya. Pengetesan yang pernah dilakukan, dalam kecepatan konstan mobil ini mampu menempuh jarak hingga 21 km/liter. Dengan metode yang sama, Toyota Calya dapat meraih jarak 19,3 km/liter.

Oh iya, menggunakan transmisi CVT, setiap perpindahan giginya Datsun Cross terasa lebih halus dan responsif dibandingkan dengan Toyota Calya.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Datsun Cross, Umurnya Cuma 2 Tahun Tapi Menarik daripada LCGC

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Datsun Cross 5MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru