window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

7 Hal Unik yang Jadi Kelebihan BYD Atto 3 Tapi Gak Kepikiran Sama Produsen Mobil Lain

Prasetyo · 30 Jan, 2024 10:03

kelebihan byd atto 3

Kelebihan BYD Atto 3 bukan cuma dari sisi keunggulan baterai dan performa motor listriknya, tapi juga mobil ini penuh dengan hal-hal unik.

Ya, BYD Atto 3 masuk ke segmen mobil listrik berbasis baterai (BEV) untuk model SUV yang pemainnya di Indonesia ternyata cukup ramai.

Misalnya Atto 3 harus berhadapan langsung dengan rekan senegaranya Chery Omoda E5, lantas ada juga MG ZS EV yang berdarah Inggris meskipun sudah satu grup dengan SAIC.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Tentunya masuk ke segmen yang cukup panas, BYD harus menyiapkan produk yang benar-benar punya nilai jual berbeda dibanding rivalnya.

Nah kami pun menemukan setidaknya tujuh hal unik yang jadi kelebihan BYD Atto 3 dibanding kompetitornya tersebut.

Apa saja itu? Yuk kita bahas lebih detil.

Baca juga: Kulik Spesifikasi BYD Atto 3 di Indonesia, Sanggupkah Lawan Chery Omoda E5?

1. Buka Kunci Pintu Pakai Kartu

byd atto 3 nfc door lock

Ada fitur NFC di spion luar sisi pengemudi

Kalau mobil lain mungkin sudah punya fitur remote vehicle yang bisa membuka atau mengunci pintu menggunakan ponsel, nah Atto 3 lain lagi.

Mobil listrik ini punya fitur NFC Side Mirror yang memudahkan membuka-kunci kendaraan dengan aman.

Jadi caranya cukup tempelkan kunci mobil ini yang berbentuk kartu dengn chip khusus pada cover spion kanan (sisi pengemudi) yang bertuliskan "NFC", maka kunci pintu akan membuka atau mengunci secara otomatis.

Mirip kunci kamar hotel ya!

Meski begitu, kunci konvensional seperti kebanyakan mobil lainnya tetap disediakan dan sudah memiliki fitur Smart Entry dan Immobilizer.

2. Monitor Bisa Diputar Otomatis

kelebihan byd atto 3 rotate monitor

Layar head unit bisa diputar dengan menekan tombol yang dilingkari merah

Masuk ke kabin, Anda akan dsiguhkan kelebihan BYD Atto 3 dari segi desain interiornya.

Paling mencolok di bagian depan ada layar ukuran 15,6 inci yang menampilkan beragam informasi seputar kendaraan ini, termasuk menjadi pusat hiburan selama perjalanan.

Dari sini juga bisa tertampil fitur Kamera 360 yang akan memudahkan saat parkir atau melintas di jalan dengan ruang cukup sempit.

Satu hal unik dari headunit ini adalah dapat dirotasi secara vertikal maupun horizontal, memberikan kontrol yang intuitif sesuai kebutuhan pengemudinya.

Baca juga: Perbandingan Spesifikasi BYD Atto 3 vs Chery Omoda E5, Rekan Senegara Siapa Lebih Hebat?

3. Ada Senar Gitar di Trim Pintu

kelebihan byd atto 3 rythm door trim

Tiga tali karet berwarna merah ini bisa mengeluarkan not berbeda

Desain nyeleneh lain masih ada di sektor kabin, yaitu tepatnya pada tirm pintu pengemudi dan penumpang.

Karena disitu terdapat tiga utas tali karet yang membentang di side pocket door, serta tersambung ke bagian depan speaker pintu

Dinamakan Rythm door handle, ketiga tali ini ternyata bisa mengeluarkan tiga not bas berbeda yang bisa kalian bunyikan sesuai not lagu tertentu.

Ada gak mobil lain yang punya senar gitar seperti ini?

4. Handle Pintu Mobil Bagian Dalam yang Tak Biasa

kelebihan byd atto 3 door handle

Gagang pintu yang unik dan terintegrasi dengan tweeter

Masih dari bagian pintu, disini juga ada gagang pintu untuk membuka pintu dari dalam namun dengan bentuk yang tidak bisa.

Desainnay seperti sirip ikan dengan cara membukanya di tarik ke arah mundur sampai ada lampu iluminasi yang menyala, baru pintu bisa di dorong untuk akses keluar.

Nah desian handle pintu ini juga di buat snagat menonjol karena ternyata ada satu tweeter yang menyatu di bagian itu untuk menambah kualitas audio system pada mobil tersebut.

Baca juga: BYD Resmi Masuk Indonesia, 3 Mobil Listrik Jadi Jagoannya

5. Lekuk Dasbor Terinspirasi dari Otot Manusia

byd atto 3 muscle dashboard

Dasbor bertema muscle

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, desain kabin mobil ini menawarkan sesuatu yang benar-benar baru dibanding mobil-mobil lainnya yang sudah ada di Indonesia.

Dan kalau diperhatikan, pada bagian dasbor maupun sedikit aksen di trim pintu, ada lekukan serta alur garis-garis halus yang membentang.

Ternyata desain ini terinspirasi dari otot-otot manusia terutama yang gemar melakukan fitness.

Bobby Bharata, Head of Operation PT BYD Motor Indonesia menyebutkan kalau desain ini menggunakan tema Muscle Streamline Dashboard.

"Jadi temanya muscle mirip pria-pria berotot yang maskulin," terang dia ketika ditemui di acara Media Test Drive BYD Atto 3 di Jakarta.

6. Tuas Transmisi Mirip Barbel, Konsol Tengah Ala Treadmill

byd atto 3 center console

Desain konsol tengahnya gak kalah unik

Masih dalam tema muscle tadi, ternyata ini berpengaruh juga ke desain konsol tengah dan tuas transmisi BYD Atto 3.

Disebutkan oleh Bobby, desain konsol tengah mobil ini lengkap dengan bentuk kisi-kisi AC yang unik, ternyata terinspirasi dari siluet treadmill.

Yaitu sebuah alat olah raga untuk lari di dalam ruangan yang sering kali ada di sebuah fasilitas kebugaran.

Sementara itu desian tuas transmisinya dianggap terinspirasi dari bentuk barbel yang kerap digunakan untuk membentuk otot tangan dari para member gym.

Baca juga: Seberapa Nyaman Nyetir Mobil Listrik BYD Dolphin untuk Harian di Perkotaan?

7. Atapnya Sebagian Besar Kaca

byd atto 3 panoramic sunroof

Sudah ada electric panoramic sunroof

Kalau mungkin ada pabrikan lain yang enggan memasang sunroof atau panoramic roof dengan beberapa alasan, maka di BYD Atto 3 kalian akan menemukan atap mobil ini sebagain besar adalah kaca.

Kaca tersebut berfungsi sebagai panoramic dan juga sun roof yang bisa terbuka secara elektrik termasuk dengan penghalang panasnya.

Kesimpulan

kelebihan byd atto 3

 

Itu tadi beberapa kelebihan BYD Atto 3 yang kami sadari tidak ada di mobil lain, baik itu mobil berbahan bakar internal maupun mobil listrik.

BYD Atto 3 menawarkan sejumlah fitur unik yang menambah kenyamanan dan kepraktisan bagi penggunanya. 
Salah satu fitur utamanya adalah kunci pintu menggunakan kartu NFC, memberikan akses yang cepat dan aman. 

Selain itu, monitor head unit yang dapat diputar baik secara horizontal maupun vertikal memberikan fleksibilitas yang luar biasa bagi pengguna. 

Tidak hanya itu, kehadiran senar gitar di trim pintu serta desain handle pintu bagian dalam yang dilengkapi tweeter menunjukkan perhatian yang detail terhadap kenyamanan dan hiburan dalam kendaraan ini.

BYD Atto 3 juga menawarkan desain interior yang menarik  seperti konsol tengah yang mirip treadmill memberikan tampilan yang modern dan futuristik, sementara tuas transmisi terinspirasi dari bentuk barbel menambahkan sentuhan sporty. 

Tak lupa, atap dengan panoramic sunroof yang lebar membawa pengalaman berkendara yang menyenangkan dengan cahaya alami yang melimpah ke dalam kabin. 

Dengan kombinasi fitur-fitur inovatif dan desain yang menawan, BYD Atto 3 membawa pengalaman berkendara ke level yang baru.

Spesifikasi Teknis BYD Atto 3 Indonesia

BYD Atto 3
  Standard Range Extended Range
Dimensi
Panjang 4.455 mm
Lebar 1.875 mm
Tinggi 1.615 mm
Jarak sumbu roda 2.720 mm
Jarak ke tanah 175 mm
Ukuran roda 215/60 R17 215/55 R18
Mesin
Tipe motor listrik Permanent magnet synchronous motor
Jumlah motor listrik 1
Daya maksimum 204 PS
Torsi makismum 310 Nm
Tipe baterai BYD Blade Battery
Kapasitas baterai 49.92 kWh 60.48 kWh
Jaya jelajah 410 km 480 km
Sasis
Suspensi depan MacPherson strut
Suspensi belakang Multi-link
Rem depan Ventilated disc
Rem belakang Disc

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

ATTO 3 Standard 410 km

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia