window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Harga Mobil Listrik MG 4 EV dan MG ZS EV Buatan Cikarang Rp400 Jutaan, Apa Keunggulannya?

Herdi · 10 Jan, 2024 18:35

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Marketing dan PR Director MG Motor Indonesia, Arief Syarifudin, MG 4 EV dan MG ZS EV

Marketing dan PR Director MG Motor Indonesia, Arief Syarifudin, saat mengumumkan harga MG 4 EV dan MG ZS EV.

Menurut Marketing dan PR Director MG Motor Indonesia, Arief Syarifudin, MG 4 EV dan ZS EV sengaja ditawarkan dengan harga yang diharapkan dan diinginkan konsumen.

"Harga MG 4 EV dan MG ZS ini merupakan harga dari tipe tertinggi. Ini merupakan opsi yang MG berikan kepada konsumen di Tanah Air, sehingga mereka bisa lebih punya pilihan untuk mengadopsi kendaraan listrik," ungkap Arief disela peluncurannya di Jakarta, Rabu (10/1/2023).

Baca juga: MG Motor Indonesia Punya Nahkoda Baru, Siap Luncurin MG ZS EV dan MG 4 EV Rakitan Lokal

Alasan Harga MG 4 EV dan ZS EV Jadi Lebih Murah

Board of Directors MG Motor Indonesia (Arief Syarifudin, Mr. Joy, dan Donald Rachmat) bersama New MG ZS EV dan MG4 EV di Ritz Carlton, Pacific Place

Board of Directors MG Motor Indonesia (Arief Syarifudin, Mr. Joy, dan Donald Rachmat) bersama New MG ZS EV dan MG4 EV di Ritz Carlton, Pacific Place

Ya, yang membuat harga MG 4 EV dan ZS EV ini cukup terjangkau dikarenakan keduanya dirakit secara lokal di pabrik SAIC di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. 

Sebelumnya, MG Motor Indonesia memang menjual produknya untuk pasar otomotif nasional yang didatangkan dari negara tetangga, Thailand dalam bentuk utuh atau Completely Built Up (CBU).

"Apa yang menjadi informasi di sebelumnya itu merupakan proses dimana MG sedang melakukan penghitungan, dan sekarang (harga yang diberikan) ingin memberikan yang terbaik kepada konsumen," ujarnya. 

MG ZS EV resmi meluncur di Indonesia

MG ZS EV resmi meluncur di Indonesia harga Rp453.000.000

Harga MG 4 EV yang saat ini dijual memang sangat menarik dibahas. Pasalnya, saat diperkenalkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Agustus 2023 lalu, harga mobil ini digadang-gadang dibanderol mulai dari Rp649,9 juta. 

Kala itu, penetapan harga tersebut alasannya adalah mobil listrik bergaya Crossover ini diimpor secara utuh dari Thailand dan untuk saat ini dirakit secara lokal, sehingga penurunan harganya sekitar Rp216 juta.

Hal ini juga terjadi pada MG ZS EV, dimana di akhir tahun 2023, dikabarkan bahwa mobil tersebut range harganya diperkirakan mencapai Rp500-550 jutaan, namun jadi Rp453 juta.

MG 4 EV Rp433.000.000

MG 4 EV Rp433.000.000

"Dan MG Motor ternyata bisa memberikan lebih sesuai, itu merupakan hal yang ingin diberikan kepada konsumen Tanah Air," ujar Arief.

Lantas bagaimana nasib konsumen yang sudah membeli MG 4 EV dengan harga Rp649,9 juta?

"Kami sudah menyiapkan loyalty program agar dapat merasakan hal yang sama dengan customer sekarang,” ucapnya.

Baca juga: Punya Fitur Keselamatan Modern, Uji Tabrak MG 5 di ANCAP Dapat Skor Terburuk

MG Terima Kasih Kepada Pemerintah

mg zs ev

MG ZS EV

Dengan harga yang cukup terjangkau untuk MG 4 EV dan MG ZS dari perkiraan, Arief menyatakan terima kasih kepada pemerintah yang telah mensupport MG secara khusus, serta pabrikan otomotif yang menawarkan mobil listrik.

"Memang dalam jangka panjang kita sudah berbicara, bahwa MG sudah melakukan investasi yang luar biasa dan mampu memberikan hal tersebut. Artinya sokongan dari pemerintah adalah satu hal yang baik untuk MG yang juga memberikan hal baik kepada konsumen," ucapnya.

Sebelumnya pemerintah memang mengeluarkan Peraturan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal No.6 Tahun 2023 tentang Pedoman dan Tata Kelola Pemberian Insentif Impor dan/atau Penyerahan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Roda Empat dalam Rangka Percepatan Investasi.

mg 4 ev

MG 4 EV

Salah satu yang disusun dalam peraturan tersebut yaitu mengenai insentif yang diberikan untuk kendaraan listrik terlihat dalam pasal 2 ayat 1 dan 2 berbunyi:

1. Pelaku Usaha dapat diberikan insentif atas impor KBL Berbasis Baterai CBU Roda Empat, dengan jumlah tertentu, dalam jangka waktu pemanfaatan insentif, berupa: 

a. bea masuk tarif nol persen
b. PPnBM ditanggung pemerintah. 

2. Pelaku Usaha dapat diberikan insentif atas KBL Berbasis Baterai CKD Roda Empat, dengan jumlah tertentu yang akan dirakit di Indonesia dengan capaian TKDN paling rendah 20% (dua puluh persen) dan paling tinggi kurang dari 40% (empat puluh persen), dalam jangka waktu pemanfaatan insentif, berupa: 

a. bea masuk tarif 0% (nol persen) atas impor KBL Berbasis Baterai CKD Roda Empat
b. PPnBM ditanggung pemerintah atas penyerahan KBL Berbasis Baterai Roda Empat yang diproduksi dari KBL Berbasis Baterai CKD Roda Empat yang diberikan.

“Kita targetnya (Tingkat Kandungan Dalam Negeri/ TKDN) adalah sesuai dengan target pemerintah sampai 2026 adalah 60 persen, tapi kita sekarang kejar 40 persen. Jadi hal itu yang memang menjadikan tekad MG untuk terus menerus memberikan ilustrasi positif, apalagi ini adalah menuju Green Society,” jelas Arief.

Maka dari itu, Arief menyatakan, bahwa harga yang ditawarkan pada MG 4 EV dan MG ZS saat ini sudah dihitung secara matang oleh MG, dan adanya regulasi yang ditetapkan pemerintah menjadi bagian dari dorongan agar dalam proses perakitan jumlah TKDN mencapai 40 persen.

Baca juga: Punya Fitur Keselamatan Modern, Uji Tabrak MG 5 di ANCAP Dapat Skor Terburuk

Keuntungan Beli MG 4 EV dan MG ZS EV Rakitan Lokal

mg 4 ev dan mg zs ev

Peluncuran MG 4 EV dan MG ZS EV rakitan Cikarang

Arief menyebutkan, bahwa konsumen yang membeli MG 4 EV dan NEW MG ZS EV rakitan lokal adalah tidak ada pengurangan fitur atau teknologi yang dibenamkan jika dibandingkan model impor.

Dalam peluncurannya, mobil MG 4 EV dan MG ZS EV, baik MG 4 EV maupun MG ZS EV telah dilengkapi Teknologi i-SMART dan sistem kamera 360 derajat yang merupakan beberapa dari 14 MG Advanced Driver Assistance Systems (ADAS), serta sudah sesuai dengan standar EURO NCAP.

mg 4 ev

Jarak tempuhnya 425 km

MG 4 EV sendiri sudah dilengkapi baterai lithium Iron Phosphate Battery berkapasitas 51 kWh, berdaya 170 kW dan torsi 250 Nm yang dilengkapi motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor.

Dengan baterai ini pula, jarak tempuh MG 4 EV untuk sekali pengecasan bisa mencapai 425 km.

Sedangkan MG ZS EV, baterainya adalah lithium Ion Battery berkapasitas 50,3 kWh, dengan daya yang dihasilkan 130 kW, dan torsi 280 Nm.

Untuk jarak tempuh MG ZS EV bisa mencapai 403 km.

mg zs ev

Daya jelajahnya 403 km

Selain performa mesin, ada beberapa keuntungan lain jika membeli MG 4 EV dan MG ZS EV rakitan lokal yaitu: 

MG Motor menghadirkan MG Electric Package, dimana paket ini, MG telah memadukan berbagai fitur yang dirancang untuk meningkatkan kenyamanan dan pengalaman berkendara bagi konsumen setia. 

MG Electric Package menawarkan solusi pengisian daya yang nyaman dan efisien dengan Free Mobile & Home Charging yang memiliki daya 7,7 kW, termasuk layanan pemasangan. 

Harga Mobil Listrik MG 4 EV dan MG ZS EV Buatan Cikarang Rp400 Jutaan, Apa Keunggulannya? 10

Fitur ini memastikan bahwa konsumen setia MG dapat mengisi daya kendaraan mereka di mana saja, baik di rumah maupun saat dalam perjalanan, dengan mudah dan cepat.

Untuk mendukung gaya hidup yang dinamis dan fleksibel, MG menyediakan Vehicle to Load (V2L) Cable Adaptor. 

Alat ini memungkinkan pengendara dan penumpang menggunakan kendaraan mereka sebagai sumber daya portabel untuk mengisi daya berbagai perangkat elektronik mereka, memberikan kenyamanan ekstra kapanpun dan dimanapun mereka membutuhkannya.

Garansi Baterai selama 8 tahun atau setara dengan 160.000KM. Ini adalah bukti kepercayaan MG pada daya tahan dan keandalan teknologi baterai yang ditawarkan.

Ada juga 4 Years Warranty untuk mobil tanpa batas kilometer, memberikan ketenangan pikiran lebih kepada pemilik. 

Terdapat garansi 5 tahun untuk Free Maintenance & Labor serta Spare Parts, memastikan bahwa perawatan kendaraan tidak hanya mudah tetapi juga bebas khawatir. 

@autofun.indonesia Dari penampilan, kualitas material kabin, sampai sensasi bantingan nyaman dan stabil, MG4 EV layak banget jadi pertimbangan nih! #mobilbaru #mobillistrik #reviewmobil #ev #MG4EV #MG #tipsmobil ♬ funk funky funk jazz(1447997) - Guitar House

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

MG 4 EV Upcoming 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia