window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Perbandingan Spesifikasi BYD Atto 3 vs Chery Omoda E5, Rekan Senegara Siapa Lebih Hebat?

Prasetyo · 19 Jan, 2024 10:08

Perbandingan Spesifikasi BYD Atto 3 vs Chery Omoda E5, Rekan Senegara Siapa Lebih Hebat? 01

BYD Atto 3 vs Chery Omoda E5 resmi bersaing di kelas SUV Crossover, dan keduanya juga sama-sama berjenis kendaraan listrik berbasis baterai (Battery Electric Vehicle/BEV).

Menariknya lagi, antara BYD Atto 3 vs Chery Omoda E5 juga datang dari negara yang sama, yaitu China, sehingga peta pertarungan di segmen ini jadi semakin menarik.

Ketika artikel ini dibuat, belum ada pengumuman harga Chery Omoda 5 listrik dan juga BYD Atto 3 listrik.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Tapi sembari menunggu, dan mungkin Anda juga mau menghitung budget untuk membelinya, kita kupas lebih dulu perbandingan spesifikasi BYD Atto 3 dan juga spesifikasi Chery Omoda E5.

Baca juga: Ini Modal Mobil Listrik BYD untuk Bersaing di Indonesia

BYD Atto 3 vs Chery Omoda E5: Desain

byd atto 3 vs chery omoda e5 spesifikasi

Menantang Chery Omoda E5 di Indonesia

Kalau ngomongin desain tentu balik pada selera masing-masing, mungkin kalian ada yang pro ke Omoda E5 lantaran siluet tubuhnya lebih familiar, atau Atto 3 yang penampilannya cenderung lebih casual dan tidak ada garis-garis tajam seperti Omoda.

Meski begitu kita akan coba ulas sedikit bagaimana tampilan eksterior dan interior dari kedua mobil ini, supaya ada bahan referensi bagi kalian yang mau memilih satu diantaranya.

Eksterior

byd atto 3 vs chery omoda e5 eksterior

Lampu belakangnya memanjang

Kita awali di bagian luar, Atto 3 menggunakan bahasa desain Dragon Face 3.0 yang lebih banyak menggunakan lekukan proposional serta tidak terlalu menyiku.

Walau begitu lampu utamanya dibuat lancip pada bagian bawah terintegrasi dengan garnish silver bertuliskan BYD.

Sebagai catatan, lampu utama mobil ini sudah dibekali LED dengan follow me home, Adaptive Front Light (AFL), serta LED DRL.

Kaki-kakinya pakai velg berdesain baling-baling dengan ukuran 17 inci untuk varian Standard dan 18 inci untuk tipe tertingginya.

Di belakang, desain kacanya memang sedikit tinggi namun cukup lebar dan memberi pandangan luas.

Lantas di bawahnya rear lamp combination dibuat seakan menyatu antara sisi kiri dan kanan berkat garnis merah di bagian tengah yang dikombinasikan sedikit aksen chrome.

byd atto 3 vs chery omoda e5 eksterior depan

Siluet bodinya masih identik dengan Omoda mesin bensin

Sedangkan pada eksterior Omoda E5, Anda akan mendapatkan siluet desain yang masih mirip dengan Omoda 5 atau Omoda GT.

Kesan futuristik dan sporty dengan beberapa sudut lancip masih menempel di bagian luar mobil ini, sementara velg yang digunakan sedikit lebih kecil dari Atto 3 yakni ukuran 16 inci.

Di bagian belakang juga ia masih sangat mirip dengan keluarga Omoda lainnya, baik bentuk spoiler atap, lampu rem kombinasi, hingga lekukan bemper.

Baca juga: Sah, Chery Omoda E5 Jadi Mobil Listrik yang Dirakit di Bekasi

Interior

byd atto 3 vs chery omoda e5 interior

Desain kabiun Atto 3 yang unik

Lanjur ke area bagian dalam, BYD menyajikan nuansa kabin yang benar-benar beda dibanding SUV Crossover kebanyakan yang sudah beredar di Indonesia, seperti Honda HR-V maupun Hyundai Creta.

Bagaimana tidak, kisi-kisi AC di mobil ini dibuat mirip sirip ikan, lantas di trim pintu pengemudi, ada tiga tali karet yang tersambung ke sepaker dan ternyata bisa menghasilkan tiga not berbeda, coba mana ada mobil di Indonesia yang pakai desain seperti itu!

Kemudian layout dasbornya juga unitk, dibuat berundak tapi lengkungannya mirip ombak di laut apalagi dipadankan warna biru muda dan juga krem.

Pada bagian tengah dasbor ada  layar 12,8 inci yang bisa di rotasi horizontal atau vertikal sesuai kebutuhan pengemudinya.

byd atto e vs chery omoda e5 interior dasbor

Monitor pada Omoda E5 dibuat melengkung ke arah pengemudi

Gimana dengan Omoda E5? Kalau kalian perhatikan desain interior mobil listrik Chery ini, tentu akan disajikan tema warna yang berbeda dibanding seri Omoda bermesin bensin.

Jok dan dasbornya mengkombinasikan warna krem serta biru, desain joknya juga sedikit berbeda dibanding Omoda tipe lain.

Nah kalau kalian menganggap layout dasbor dan headunit 24,6 inci dengan layar ganda yang tersaji disana adalah sama dengan Omoda 5, maka ternyata salah.

Desain dasbor pada Omoda E5 dibuat sedikit lebih melengkung ke arah sudut kiri dan kanannya, sementara monitor sepanjang itu juga dibuat melengkung ke arah pengemudi, dengan tampilan di sisi kiri sebagai infotainment sementara pada sisi kanan berfungsi sebagai meter cluster.

Baca juga: BYD Resmi Masuk Indonesia, 3 Mobil Listrik Jadi Jagoannya

Dimensi

chery omoda e5 dimensi

Ukuran tubuh Omoda E5 sedikit lebih kecil daripada Atto 3

Nah sekarang kita bandingkan dari segi ukuran tubuh.

Atto 3 punya panjang bodi 4,4 meter (m), lebarnya 1,8 m, dan tinggi 1,6 m, maka Omoda E5 hanya terpaut lebih kecil beberapa milimeter saja.

Yang menarik, wheelbase Atto 3 ternyata juga lebih panjang hingga 90 mm dibanding Omoda E5, tapi punya ground clearance lebih rendah 5 m dibanding Omoda.

Perbandingan Dimensi
  BYD Atto 3 Chery Omoda E5
Panjang 4.455 mm 4.424 mm
Lebar 1.875 mm 1.820 mm
Tinggi 1.615 mm 1.588 mm
Jarak sumbu roda 2.720 mm 2.630 mm
Jarak ke tanah 175 mm 180 mm

Baca juga: NETA Rakit Mobil Listrik di Indonesia Mulai 2024, Gunakan Pabrik yang Sama dengan Chery

BYD Atto 3 vs Chery Omoda E5: Mesin

byd atto 3 vs chery omoda e5 baterai dan mesin

Atto 3 ternyata lebih powerfull dibanding Omoda E5

BYD Atto 3 yang dijual di Indonesia terdiri dari dua varian tipe, yakni Standard Range dengan menggunakan BYD Blade Battery 49,92 kWh, dan Extended Range dengan baterai berkapasitas 60,48 kWh.

Untuk yang varian pertama diklaim memiliki daya jangkauan hingga 410 km dalam sekali cas, sedangkan tipe kedua daya jelajahnya hingga 480 km sekali cas dari kondisi full sampai baterai benar-benar kehabisan daya listrik.

Kedua varian ini sama-sama menggunakan motor listrik bertenaga 150 kW (204 PS) dan torsi 310 Nm yang diletakan di depan, untuk catatan waktu yang diperoleh 0-100 km/jam hanya membutuhkan 7,3 detik.

byd atto 3 vs chery omoda e5 baterai dan mesin

Versi global ada yang punya kemampuan jarak tempuh sampai 700 km

Disatu sisi, untuk pasar Tanah Air Chery Omoda E5 kebagian hanya varian Standard yang dibekali baterai berkapasitas 61 kWh serta dapat menempuh jarak 450 kilometer dalam kondisi baterai terisi penuh hingga benar-benar kehabisan daya.

Padahal menurut Rifki Setiawan, Head of Brand PT Chery Sales Indonesia (CSI), di global ada Omoda E5 yang varian Long Range 700 km, namun untuk Indonesia dirasa cukup yang punya kemampuan jarak tempuh 450 km.

Untuk motor listrik yang digunakan mampu memperoleh daya 120 kW (136 PS) yang selanjutnya diteruskan ke roda depan guna membuatnya berjalan.

Chery sendiri mengklaim bahwa dengan motor listrk yang digunakan mampu memacu mobil dalam kecepatan 0 hingga 100 km/jam hanya dengan 7,8 detik.

Disini terlihat kalau di atas kertas, spesifikasi BYD Atto 3 jauh lebih powerfull dibanding spesifikasi Chery Omoda E5.

Baca juga: Chery Omoda E5 Punya ADAS Lebih Lengkap dari Omoda 5 Biasa, Meski Tanpa V2L

Sama-sama Punya ADAS

byd atto 3 vs chery omoda e5 panoramic roof

Atto 3 ada panoramic sunroof

Ketersediaan teknologi pintar yang membantu menjaga pengemudi dan penumpang untuk terhindar dari tabrakan juga sudah disematkan pada Atto 3.

Diantaranya ada 7 Airbags, Tyre Pressure Monitoring System (TPMS), Electric Parking Brake System (EPB), rem dengan ABS dan EBD serta Electronic Stability Program (ESP) termasuk Traction Control System (TCS) dan Hill Descent Control (HDC).

Mobil ini juga turut dilengkapi fiur Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang termasuk Stop & Go Full Speed Adaptive Cruise Control (ACC-S&G). 

Fitur lainnya berupa Automatic Emergency Braking System (AEB), Front Collision Warning (FCW), Rear Collision Warning (RCW), Blind Spot Detection (BSD), Door Open Warning (DOW), Lane Departure Warning (LDW), Lane Keeping Assist (LKA), Rear Cross Traffic Alert (RCTA) dan Rear Cross Traffic Brake (RCTB).

byd atto 3 vs chery omoda e5 adas

ADAS di Omoda E5 lebih lengkap dibanding Omoda 5 gasoline

Omoda E5 juga telah dibekali ADAS, bahkan fiturnya lebih lengkap dibanding Omoda 5 gasoline, namun jumlah airbags di Omoda E5 kalah dibanding Atto 3, lantaran hanya dibekali 6 airbags.

Ada 14 teknologi keselamatan aktif racikan Chery yang tersemat di mobil ini, termasuk yang ada juga di Atto 3 ditambah Drive Away Warning (DAW), Integrated Cruise Assist (ICA), Traffic Jam Assist (TJA), Emergency Lane Keeping (ELK).

Dari perbandingan spesifikasi ini, kami rasa antara fitur BYD Atto 3 dan Omoda E5 selain jumlah airbags, keduanya punya kelengkapan fitur keselamatan yang setara.

Baca juga: Kulik Spesifikasi BYD Atto 3 di Indonesia, Sanggupkah Lawan Chery Omoda E5?

Kesimpulan

Setelah melakukan perbandingan spesifikasi BYD Atto 3 dan Chery Omoda E5 tadi, bisa disimpulkan jika masing-masing pabrikan memberikan nilai lebih yang berbeda.

Misalnya di Atto 3, desain eksterior dan interior yang unik, tentunya akan memberikan kesan perbedaan dibanding rival-rivalnya, tapi juga mungkin disatu sisi kurang bisa diterima pihak lain.

Tapi BYD menyertakan motor listrik dan baterai yang lebih kuat dibanding Omoda E5, dan lagi-lagi ini nilai positif dari BYD yang memang juga sebagai produsen baterai jenis Blade.

Tapi Omoda E5 bukan berarti tak layak dipilih mengingat banyak kekuatan di mobil ini, termasuk layanan purna jual mereka yang sudah lebih dulu eksis, sementara BYD baru membangun jaringan aftersales.

Pilihannya tinggal pada selera Anda dan juga penentuan harga nantinya. Apakah Atto 3 bisa setara Omoda E5 dengan segala kelebihannya?

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Chery Omoda 5 Z 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia