window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

7 Trik Saat Memilih Bengkel Mobil yang Bagus dan Terdekat

Prasetyo · 26 Apr, 2024 15:05

bengkel mobil yang bagus terdekat

Memilih bengkel mobil yang bagus terdekat mungkin hal yang susah-susah gampang mengingat kalian bisa saja direkomendasikan oleh seseorang ke sebuah bengkel tertentu.

Bengkel ini dicap bagus oleh pihak tersebut karena lokasinya paling dekat dengan kalian saat itu.

Namun ketika didatangi, ternyata pelayanan dan hasil kerjanya tidak memuaskan, bahkan kendaraan kalian jadi kembali rusak atau bahkan kerusakannya merembet ke komponen lain.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Kalau sudah seperti ini, tentu akan mengakibatkan biaya perbaikan kendaraan tersbeut jadi jauh membengkak.

Maunya hemat malah boncos!

Nah daripada kejadian seperti itu, yuk ketahui trik-trik berikut ini saat mencari bengkel mobil yang bagus terdekat di lokasi kalian.

Baca juga: Ini Daftar Bengkel Service Dinamo Starter Mobil Terdekat Serta Biaya yang Dikeluarkan

1. Cek Reputasi Bengkel

bengkel mobil yang bagus terdekat

Saat ini makin mudah mencari reputasi sebuah bengkel

Saat mencari bengkel mobil terdekat di kota kalian, pastikan dulu untuk melakukan pengecekan reputasi dari bengkel tersebut.

Pada era digital saat ini, menilai reputasi sebuah tempat atau fasilitas umum menjadi lebih mudah dilakukan, termasuk bengkel mobil. 

Kalian hanya cukup mencari lokasi bengkel tertentu, misalnya bengkel mobil Honda terdekat, bengkel AC mobil terdekat, atau bengkel aki terdekat, kemudian melihat ulasan online yang diberikan oleh konsumen sebelumnya. 

Ulasan yang jujur dan transparan dapat memberikan pandangan yang jelas tentang kualitas layanan yang diberikan oleh bengkel tersebut. 

Kalian bisa memilih bengkel mobil yang sudah diberi reputasi minimal 4.5 bintang karena keandalan hasil kerjanya, kejujuran, profesionalisme, dan pelayanan kepada pelanggan.

2. Tanya kepada Pihak yang Bisa Dipercaya

memilih bengkel mobil yang bagus terdekat

Minta juga referensi dari teman atau kerabat yang mengerti tentang otomotif

Selain menilai melalui apa yang diulas oleh pihak lain di media sosial atau Google Rating, saat memilih bengkel bagus terdekat juga bisa dengan menangakan ke pihak lain.

Kalian dapat bertanya kepada teman, keluarga, atau rekan kerja yang pernah menggunakan layanan bengkel yang ingin kalian datangi atau meminta referensi mereka tentang bengkel yang berkualitas dan terjamin.

Namun pastikan bertanya pada pihak yang tepat, misalnya kepada teman atau kerabat yang memang mengerti tentang otomotif dan seluk beluk teknik serta perbengkelan untuk dapat membantu mengetahui reputasi dari bengkel tersebut.

Jangan tanyakan kepada teman yang bertugas di sebuah bengkel atau dealer tertentu, karena umumnya dia akan merekomendasikan tempat dirinya bekerja.

Baca juga: Daftar Bengkel Spesialis Mobil BMW Terdekat dan Terbaik di Jabodetabek

3. Cek Pengalaman dan Reputasi Mekaniknya

bengkel mobil yang bagus terdekat

Bengkel yang sudah peroperasi puluhan tahun atau memiliki mekanik berpengalaman, hasil kerjanya cenderung lebih memuaskan

Dikutip dari situs resmi Suzuki Indonesia, pengalaman adalah kunci dalam memilih bengkel yang berkualitas. 

Karenanya kalian bisa memastikan untuk memeriksa lamanya bengkel beroperasi dan apakah mereka memiliki pengalaman dalam menangani merek dan model mobil tertentu. 

Pengalaman berdirinya bengkel ini juga bisa kok dicari melalui internet, tinggal ketik nama bengkel yang dimaksud, atau mencari di ulasan-ulasan forum otomotif yang ada di dunia maya.

Selanjutnya, periksa apakah mekanik di bengkel tersebut juga memiliki pengalaman yang cukup di bidangnya, atau sudah mengantongi sertifikasi resmi maupun kredensial dari lembaga yang terpercaya. 

Kredensial ini adalah bukti bahwa mereka memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menangani berbagai jenis perbaikan mobil.

4. Pastikan Ketersediaan Suku Cadang Asli

bengkel mobil yang bagus terdekat

Jangan mau kalau bengkel menyarankan suku cadang KW atau subtitusi dari merek lain

Salah satu tanda bengkel yang berkualitas adalah kelengkapan koleksi suku cadang asli yang mereka miliki. 

Penggunaan suku cadang asli sangat penting untuk menjaga kualitas dari kendaraan kalian agar bisa dipakai lagi dalam jangka waktu yang lama. 

Suku cadang asli secara langsung berasal dari pabrikan mobil dan telah terbukti lebih tahan lama dan andal daripada suku cadang aftermarket apalagi yang palsu alias KW. 

Pastikan bengkel yang hendak di ilih memiliki suku cadang asli yang sesuai dengan merek dan model kendaraan kalian, bukan memaksa subtitusi dari mobil lain dengan dalih "cuma perlu modifikasi sedikit saja".

5. Fasilitas dan Perlengkapan Bengkel

bengkel mobil yang bagus terdekat

Dengan peralatan lengkap, pengerjaan mobil jadi lebih singkat

Bengkel mobil yang bagus terdekat juga harus memiliki fasilitas serta perlengkapan alat lengkap dan dalam kondisi terawat.

Dengan alat lengkap yang dimiliki juga menunjukkan kualitas dari sebuah bengkel untuk membuat pelanggan nyaman dan percaya terhadap kinerja bengkel tersebut.

Misalnya, bengkel tersebut memiliki fasilitas alat scan digital untuk mesin, alat ganti oli yang lengkap, alat hidrolik, alat spooring dan balancing yang dikalibrasi secara berkala, dan berbagai peralatan lainnya.

Dalam dunia otomotif yang terus berkembang, penting bagi bengkel mobil untuk mengikuti perkembangan teknologi terbaru. 

Bengkel yang berkualitas akan menggunakan peralatan dan teknologi terkini yang diperlukan untuk melakukan perbaikan dengan benar. 

Dengan mengandalkan peralatan yang canggih dan modern maka mobil konsumen dapat diatasi dengan baik dalam waktu singkat dan perbaikan tepat sasaran.

Selain itu pertimbangkan juga bengkel yang punya fasilitas tambahan untuk kenyamanan konsumennya.

Seperti telah dilengkapi dengan ruang tunggu ber-AC, toilet, area parkir yang luas, hingga tersedia minuman untuk pelanggan yang sedang menunggu.

Baca juga: Cek 6 Komponen Ini Sebelum Mobil Dipakai Mudik Lebaran, Gak Wajib ke Bengkel Kok!

6. Pelayanan Pelanggan yang Ramah dan Transparan

bengkel mobil yang bagus terdekat

Bengkel juga wajib ramah ke pelanggannya

Sebuah bengkel mobil yang berkualitas memang terkadang bukan semata dilihat dari kualitas mekanik serta ketersediaan peralatannya.

Namun bengkel yang bisa memberikan layanan kepada pelanggan dengan ramah, transparan, dan responsif pasti akan memberikan kenyamanan lebih baik. 

Pelayanan yang baik dari bengkel akan memastikan kalian merasa nyaman dan percaya diri tentang perawatan yang diberikan kepada mobil kalia.

Tim layanan pelanggan bengkel harus siap membantu dengan berbagai pertanyaan yang dilontarkan pemilik kendaraan.

Kemudian mereka juga harus bisa memberikan penjelasan dengan sangat jelas tentang perbaikan yang diperlukan, serta memberikan perkiraan biaya yang akurat dan terperinci.

Lantas pihak bengkel juga harus bersedia memberikan jawaban yang layanan yang ramah, meski pelanggan terlebih dulu mau sekedar bertanya tentang keluhan mobilnya dan perkiraan rincian biayanya meski tak jadi melakukan perbaikan di bengkel tersebut.

7. Pastikan Ada Jaminan Garansi

bengkel mobil yang bagus terdekat

Servis di bengkel resmi dipastikan pakai suku cadang asli dan ada garansi

Memilih bengkel mobil yang bagus terdekat juga harus yang berani menawarkan jaminan atau garansi atas perbaikan yang telah mereka lakukan. 

Jaminan ini memberikan kepercayaan kepada pelanggan bahwa bengkel akan bertanggung jawab atas pekerjaan mereka. 

Jika ada masalah yang muncul setelah perbaikan, bengkel tersebut akan memperbaikinya tanpa biaya tambahan, menunjukkan komitmen mereka terhadap kepuasan pelanggan dan kualitas pekerjaan yang dilakukan.

Dengan adanya garansi atau jaminan purna jual, pelanggan akan merasa lebih tenang jika mobil yang diperbaiki terdapat masalah.

Cara paling akurat untuk memilih bengkel mobil bagus adalah dengan mendatangi bengkel resmi.

Sebab disini kalian akan dipastikan mendapat suku cadang asli dan bergaransi, serta bengkel memiliki fasilitas ruang tunggu dan pelayanan yang nyaman.

Baca juga: Menghitung Biaya Servis Suzuki Jimny 5 Pintu di Bengkel Resmi Sampai 100.000 Km, Tak Semahal yang Dibayangkan!

Kesimpulan

Dalam memilih bengkel mobil yang bagus terdekat, penting untuk memperhatikan reputasi, pengalaman, ketersediaan suku cadang asli, pelayanan pelanggan yang ramah, investasi dalam peralatan dan teknologi terkini, serta kebijakan jaminan layanan.

Harga juga perlu dimasukkan dalam pertimbangan penting ketika memilih sebuah bengkel mobil. 

Meskipun harga bukan satu-satunya faktor penentu, kalian harus memastikan bahwa biaya yang dikenakan sesuai dengan layanan yang diberikan. 

Mengumpulkan perkiraan biaya dari beberapa bengkel dan membandingkannya dengan bengkel lain dapat membantu menemukan pilihan yang paling ekonomis.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor ini secara cermat, kalian dapat memastikan bahwa mobil kalian mendapatkan perawatan terbaik.

@garasi.autofun Cek dulu salah satu alat untuk mendiagnosa cooling system nih, Cing! #reviewmobil #mobilbaru #overheat #servismobil #mobilmogok #mogok #tipsmobil ♬ Adult Jazz Lounge Jazz Piano Trio(261224) - copanda

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil