window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

9 Merek Otomotif yang Pakai Logo Kuda, Ternyata Bukan Cuma Ferrari

Herdi · 6 Feb, 2023 11:05

9 Merek Otomotif yang Pakai Logo Kuda, Ternyata Bukan Cuma Ferrari 01

Kuda kerap digunakan logo di dunia otomotif karena sering dikaitkan ketika membahas performa mobil atau motor menggunakan satuan horse power atau tenaga kuda. 

Selain itu, jika ditarik mundur asal mula muncul alat transportasi yang digunakan manusia, bukan mobil atau sepeda motor, melainkan kuda. Ini karena kuda juga sangat diandalkan karena memiliki tenaga dan kecepatan yang cukup tinggi saat berlari.

9 Merek Otomotif yang Pakai Logo Kuda, Ternyata Bukan Cuma Ferrari 02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Hanya saja, untuk beberapa pabrikan penggunaan logo kuda pastinya memiliki arti tersendiri. Sebab, dengan adanya logo, maka hal ini bisa jadi penanda atau identitas yang bisa menciptakan citra positif dimata masyarakat.

Nah, berikut ini rangkuman deretan pabrikan otomotif yang menggunakan logo kuda sebagai identitas.

Baca juga: Daihatsu Siapkan Mobil Sedan Buat Indonesia, Toyota Vios Ganti Logo?

1. Ferrari

Logo Ferrari

Logo Ferrari

Merek mobil yang paling dikenal dengan gambar kuda adalah Ferrari atau juga disebut 'Kuda Jingkrak'. Cerita Ferrari menggunakan logo Kuda Jingkrak terjadi pada puluhan tahun lalu.

Terinspirasi dari pahlawan angkatan udara Italia saat Perang Dunia I, Count Francesco Baracca. Disebutkan, bahwa pesawat yang digunakan Count Francesco Baracca dilukis dengan gambar  kuda jingkrak hitam di sisi pesawatnya. 

Nah, beberapa tahun kemudian setelah Count Francesco Baracca meninggal dunia, pendiri Ferrari, yaitu Enzo Ferrari sempat bertemu Countess Paolina Baracca, yang merupakan ibu dari Count Francesco Baracca pada tahun 1923. Kala itu, Countess menyarankan Enzo untuk memasang logo kuda jingkrak di mobil balapnya sebagai keberuntungan.

Namun awalnya, Enzo Ferrari tidak percaya dengan istilah keberuntungan. Akan tetapi dirinya tidak menampik bahwa sangat menyukai kuda. Singkat cerita, Enzo memasang logo Kuda Jingkrak di mobil dan tim balapnya dan banyak meraih kemenangan. Logo kuda jingkrak hingga akhirnya tetap berdiri hingga saat ini.

Baca juga: Beda Sama Mobil Lain, Periode dan Biaya Servis Ferrari Unik!

2. Ford Mustang

Logo Ford Mustang

Logo Ford Mustang

Logo Ford Mustang diketahui berawal dari rancangan Phil Clark, yang membutuhkan waktu lama apa logo yang tepat untuk mobil Ford. Namun setelah mengetahui bahwa kuda memang sangat diandalkan dari kekuatan dan kecepatan, maka disematkanlah kuda mustang yang sedang berlari.

Awalnya, logo kuda Mustang dirancang latar palang berwarna merah, putih, dan biru di belakang untuk menandakan mobil dan merek warisan Amerika Serikat. Versi kedua dirancang oleh Charles Keresztes dengan kuda poni di Karang untuk Mustang II.

Namun lambat laun logo Kuda Mustang berlari dianggap lebih baik dan dipilih dibandingkan kuda poni di karang.

3. Porsche

Logo Porsche

Logo Porsche

Jika Anda bukan penggemar merek mobil Porsche, pasti tidak akan mengetahui detail logo mobil tersebut, yang ternyata ada gambar siluet kuda mirip Ferrari.

Ya, kuda dalam lencana Porsche itu ada bersamaan dengan lambang Free People's State of Wurttemberg. Ya, saat itu Wurttemberg-Baden adalah sebuah negara bagian di Republik Federal Jerman dengan Stuttgart sebagai ibu kotanya, dan Stuttgart adalah tempat bermarkas Porsche.

Ada dua kisah tentang bagaimana desain itu menjadi logo Porsche . Yang pertama adalah importir legendaris mobil Jerman ke AS, Max Hoffman, menggambarnya di atas serbet untuk Ferry Porsche. Dan desain lainnya dikabarkan dirancang oleh seorang insinyur bernama Franz Xaver Reimspiess. 

Apa yang cenderung diyakini orang tergantung siapa yang mereka percaya. Akan tetapi logo Porsche dengan bagian tengahnya ada kudanya diperkenalkan pada tahun 1952.

Baca juga: Mobil Listrik Mustang Mach E Sudah Masuk Indonesia, Minat Pesan?

4. Carlsson

Logo Carlsson

Logo Carlsson

Di Indonesia, pamor Carlsson memang tidak seperti Ferrari, Mustang atau Porsche. Namun perlu diketahui, Carlsson sendiri adalah  perusahaan modifikasi, coachbuilding, dan manufaktur Jerman yang berspesialisasi dalam mobil Mercedes-Benz.

Perusahaan ini didirikan pada tahun 1989 oleh dua bersaudara, yaitu Rolf dan Andreas Hartge. Tidak banyak yang diketahui tentang asal usul logo tersebut, tetapi Carlsson dinamai untuk menghormati pembalap reli Swedia Ingvar Carlsson, yang mengendarai Mercedes pada 1980-an.  Logo kuda pada Carlsson sendiri seperti terlihat sedang melakukan lompatan.

5. Kamaz

Logo Kamaz

Logo Kamaz

Salah satu pabrikan otomotif yang juga menggunakan logo kuda yaitu Kamaz. Ya, perusahaan jenama Rusia ini diketahui memproduksi sejumlah kebutuhan mesin truk dan bus dengan merek Kamaz.

Memang pamor Kamaz tidak seperti beberapa brand truk Hino, Isuzu, Mercedes-Benz, UD Trucks dan lainnya. Akan tetapi, secara pasar global nama Kamaz patut diperhitungkan.

Perusahaan Kamaz sendiri berdiri pada tahun 1969, dimana kala itu, Rusia masih berstatus Uni Soviet.

6. Baojun

Logo Baojun

Logo Baojun

Baojun adalah merek pembuatan mobil asal China. Kata Baojun sendiri jika diterjemahkan berarti 'Kuda Berharga. Baojun sendiri hadir sejak tahun 2010, dimana pabrikan otomotif ini merupakan perusahaan patungan antara SAIC Motor (SAIC-GM-WUling) dan General Motors (GM). Hanya saja, mobil ini Baojun lebih murah dibandingkan Chevrolet dan Buick.

Saat Baojun pertama kali muncul, tampang dari kuda berada dalam sebuah perisai. Namun di 2019, logo Baojun diubah jadi lebih kontemporer namun sekilas bentuknya tetap mirip bentuk kuda.

Sekadar informasi, Baojun saat ini sudah memiliki 17 mobil, beberapa model diantaranya rebadge dari Chevrolet. Penjualan mobil Baojun sendiri menyasar sejumlah negara seperti Amerika Latin, Timur Tengah dan Afrika.

7. Hamann Motorsport

Logo Hamann

Logo Hamann

Hamann Motorsport dikenal sebagai perusahaan modifikasi dan manufaktur asal Jerman memiliki logo kuda jantan bersayap atau Pegasus dalam mitologi Yunanti. 

Logo pegasus sendiri dibuat tipis hanya berupa garis. Namun sayang tidak diketahui apa makna dibalik penggunaan logo pegasus yang disematkan pada Hamann Motorsport. 

Adapun Hamann Motorsport sudah berdiri sejak tahun 1986 oleh Richard Hamann, dimana mereka kerap melakukan deretan mobil premium, seperti BMW, Aston Martin, hingga Lamborghini jadi lebih mewah dan berkelas.

8. Eicher Motors 

Logo Eicher

Logo Eicher

Eicher Motors adalah perusahaan otomotif multinasional asal India yang berfokus pada sepeda motor dan kendaraan komersial. Eicher Motor berbasis di New Delhi, dimana brand ini merupakan perusahaan induk dari Royal Enfield.

Selain Royal Enfield, Eicher Motors juga disebut sebagai distributor dan layanan impor traktor pada tahun 1948. Nah, pada tahun 1959, mereka bekerja sama dengan traktor Jerman.

Di tahun 1982, Eicher juga melakukan perjanjian kerjasama dengan Mitsubishi untuk membuat kendaraan komersial ringan. Tak sampai disitu, pada tahun 2008, Eicher kembali melebarkan kuku bisnisnya dengan membeli Volvo group, dan membentuk Volvo Eicher Commercial Vehicles (VECV).

9. IKCO

Logo IKCO

Logo IKCO

IKCO merupakan perusahaan yang memiliki nama sesungguhnya Iran Khodro Industrial Group. Oia, Khodro sendiri bukan berarti memiliki kaitan dengan kuda, melainkan 'mobil' dalam bahasa persia. 

Diketahui, perusahaan asal Iran yang berbasis di Teheran ini dikenal jadi tempat produksi berbagai kendaraan dari 13 merek berbeda, mulai dari mobil hingga beberapa mereka turk dan bus. Pada tahun 2009, IKCO sudah memproduksi 680.000 mobil penumpang per tahun. 

Tak heran jika IKCO yang didirikan oleh Ahmad Khayami dikenal sebagai produsuen otomotif terbesra di kawasana Timur Tengah, serta Asia Tengah.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil