window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Ada Produsen Mobil Listrik Siap Bikin Pabrik, Luhut Pandjaitan: Produknya Cocok dengan Selera Indonesia

Herdi · 22 Jun, 2023 09:31

Ada Produsen Mobil Listrik Siap Bikin Pabrik, Luhut Pandjaitan: Produknya Cocok dengan Selera Indonesia 01

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyebut bahwa pemerintah telah menerima proposal investasi dari salah satu pabrikan mobil listrik terkemuka di dunia. 

Hal tersebut diungkapkan Luhut saat membuka acara groundbreaking pabrik foil tembaga di Gresik, Jawa Timur, yang dihadiri langsung Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan sejumlah menteri di pemerintahan, Selasa (20/6/2023).

Baca juga: Huayou Cobalt, Perusahaan China yang Siap Bikin Pabrik Baterai Mobil Listrik di Indonesia

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Luhut B Pandjaitan saat membuka acara groundbreaking pabrik foil tembaga Gresik

Luhut B Pandjaitan saat membuka acara groundbreaking pabrik foil tembaga Gresik (Foto: Youtube Sekretariat Presiden)

Menurut Luhut, perusahaan mobil listrik tersebut berencana membangun pabrik dan mendirikan jaringan distribusi di Indonesia dengan nilai investasi mencapai USD1,3 miliar atau sekitar Rp19,4 triliun. 

"Ini akan menjadi game changer Pak Presiden,  karena produk EV yang mereka produksi cocok dengan selera masyarakat Indonesia dengan harga yang terjangkau juga," ungkap Luhut. 

Tentu saja niatan si calon investor ini angin segar, karena hal tersebut dianggap mampu menjadikan mewujudkan cita-cita pemerintah agar Indonesia menjadi basis produksi mobil listrik.

Baca juga: Kemenperin Lobi Mazda Supaya Bikin Pabrik Mobil Listrik di Indonesia

Hoayou Cobalt membuat baterai

Hoayou Cobalt salah satu perusahaan yang berenca investasi di Indonesia untuk membuat baterai kendaraan listrik (Foto: Istimewa)

"Mereka juga meminta bantuan untuk memperoleh suplai tembaga. Jadi ini akan satu jadi ekosistem 
dengan kondisi hilirisasi timah, tembaga, nikel, kobalt dan bauksit yang kita miliki," ucap Luhut. 

Lebih lanjut dia juga menuturkan, semua sumber daya alam yang digunakan untuk kendaraan listrik yang dimiliki Indonesia harus terintegrasi untuk menciptakan ekosistem mobil listrik, termasuk baterai lithium dan kebutuhan teknologi lainnya.

Tembaga Jadi Bagian Penting Dalam Produksi Mobil Listrik

Ada Produsen Mobil Listrik Siap Bikin Pabrik, Luhut Pandjaitan: Produknya Cocok dengan Selera Indonesia 03

Seperti disebutkan di atas, Luhut dan Presiden Jokowi hadir dalam groundbreaking pabrik foil tembaga. 

Nah menurut Luhut, tembaga yang akan diolah pabrik tersebut nantinya akan digunakan untuk material dalam proses produksi mobil listrik.

"Setiap mobil listrik dibutuhkan tembaga sebanyak 56 kg, di luar tembaga pada baterai listrik," jelas Luhut. 

Contoh posisi penggerak mobil listrik.

Contoh posisi penggerak mobil listrik yang menggunakan baterai. (Foto: Istimewa)

Baca juga: Hyundai Energi Indonesia Bangun Pabrik Baterai di Indonesia, Mobil Listrik Bisa Makin Murah?

Dia juga menyatakan, dengan adanya pabrik tembaga di Indonesia, maka di masa yang akan datang jutaan mobil dan sepeda motor yang diproduksi membutuhkan bahan baku tersebut. 

"Sehingga dengan proyeksi penjualan mobil listrik di dunia saat ini, dipastikan suplai tembaga tidak dapat memenuhi permintaan yang ada. Oleh karena itu dengan cadangan tembaga yang besar dan kewajiban membuat smelter ini akan menjadi modal yang besar dalam investasi untuk mobil listrik Indonesia," tutup Luhut.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia