window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Apa Rahasia Majunya Industri Mobil Listrik di Cina?

Anissa · 11 Okt, 2020 10:30

Apa Rahasia Majunya Industri Mobil Listrik di Cina? 01

Belakangan ini, tren mobil listrik memang makin marak di industri otomotif dunia. Kesadaran akan kebutuhan manusia terhadap kendaraan-kendaraan ramah lingkungan membuat banyak produsen-produsen mobil di dunia berlomba-lomba untuk mengembangkan mobil listrik termutakhir.

Sebut saja Tesla. Produsen mobil listrik kenamaan di dunia ini memang terkenal memproduksi dan mengembangkan mobil-mobil listrik dengan berbagai fitur canggih, performa tinggi dan desain futuristik. Tidak hanya Tesla, belakangan industri mobil listrik Cina juga tidak mau ketinggalan.

Beberapa tahun belakangan ini, industri kendaraan listrik di Cina memang sedang berkembang pesat. Penelitian dan pengembangan mobil listrik yang ada di Cina memang mendapatkan dukungan penuh dari pemerintahnya. Tidak heran jika industri mobil listriknya cukup berkembang.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Apa Rahasia Majunya Industri Mobil Listrik di Cina? 01

Bukan hanya mobil listriknya, sampai akhir Juni tahun 2019 lalu saja, tercatat sudah 99 persen dari populasi bus listrik dunia berada di Cina. Pada tahun yang sama juga sudah tercatat bahwa terdapat 2,58 juta kendaraan listrik berbasis baterai di Cina, sementara di Eropa jumlah kendaraan listriknya hanya mencapai 0,97 juta unit, dan di Amerika Serikat mencapai sebesar 0,88 juta unit.

Tidak berhenti sampai di situ, pemerintah setempat di Cina juga mendorong warganya untuk membeli motor atau mobil listrik demi memajukan pasar kendaraan listrik. Hal ini juga didukung dengan adanya beberapa kebijakan pada terkait mobil listrik, seperti subsidi manufaktur, pembebasan pajak, pengadaan pemerintah, dan dukungan untuk pembangunan stasiun pengisian kendaraan listrik.

Mobil listrik buatan Cina pun cukup terkenal di kancah otomotif global dengan menyasar konsumen yang mencari mobil listrik dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan yang diproduksi oleh Tesla. Mobil-mobil listrik buatan Cina memang lebih identik dengan kecepatan yang rendah dan desain bodi yang lebih mungil dan kompak.

Apa Rahasia Majunya Industri Mobil Listrik di Cina? 02

Pengembangan mobil listrik yang masih dilakukan hingga saat ini memungkinkan Cina untuk melahirkan produk-produk mobil listrik yang berkualitas. Ada banyak produsen mobil listrik di Cina, sebut saja Nio, dan juga Baojun atau yang kita kenal di Indonesia dengan nama Wuling.

Baojun sendiri akan segera meluncurkan salah satu produk mobil listriknya di Indonesia, yakni Baojun E100 pada bulan Oktober 2020. Tetapi sayangnya, minat masyarakat Indonesia terhadap mobil listrik seperti ini memang masih rendah. Terbukti, di jalanan di seluruh Indonesia, masih sangat jarang kita lihat adanya mobil bertenaga listrik. 

Anissa

Baik mobil maupun kebudayaan, perkembangan keduanya bergantung pada hal yang sama: pemikiran manusia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil