window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Bekasnya Cuma Seharga Nmax Baru, Ini Kelebihan dan Kekurangan Proton Savvy

Enda · 8 Agu, 2022 12:00

Kelebihan dan kekurangan Proton Savvy

Di Tanah Air Proton Savvy diperkenalkan pertama kali oleh PT Proton Edar Indonesia (PEI) pada tahun 2007. Sebagai hatchback perkotaan yang sanggup diisi hingga 5 orang, secara penampilan Savvy terlihat begitu unik sekaligus sporty terlebih lubang knalpot yang diletakan di tengah.

Punya bentuk yang kompak dan terasa fun to drive, hatchback jenama Negeri Jiran tersebut untuk harga bekasnya kini berada di angka Rp30 jutaan atau setara dengan Yamaha Nmax baru.

Jika kalian tertarik membeli Proton Savvy bekas guna mendukung kegiatan sehari-hari, sebaiknya simak lebih dulu kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Lama Tinggalkan Indonesia, Kini Proton Cuma Tersedia untuk Malaysia dan Brunei

Kelebihan Proton Savvy

1. Terasa Gesit dan Lincah

Kelebihan dan kekurangan Proton Savvy

Proton Savvy stabil dan lincah dikendarai

Sebagai hatchback perkotaan, bicara gaya berkendaranya Proton Savvy terasa gesit dan lincah saat diajak menembus kemacetan di kota-kota besar serta bermanuver. Selain dimensinya yang kompak, hal yang membuat Savvy terasa lincah sekaligus stabil ketika bermanuver karena untuk handlingnya mobil ini dikembangkan bersama Lotus.

2. Terasa Ergonomis

Kelebihan dan kekurangan Proton Savvy

Proton Savvy terasa ergonomis

Kelebihan berikutnya, Proton Savvy terasa ergonomis. Seperti yang bisa dilihat pada area kokpitnya untuk bagian penumpang depan terdapat laci penyimpanan besar di dashboard dan glove box. Pada center clusternya tersematkan head unit 2din yang dibuat mengelompok dengan beberapa tombol pengaturan untuk menjalankan fitur.

Pada console tengahnya sendiri berhasil tersematkan dua cup holder di depan tuas transmisi, serta lighter di dekat tuas hand brake yang bisa dimanfaatkan sebagai port pengisian daya smartphone.

3. Tarikan Atas Responsif

Kelebihan dan kekurangan Proton Savvy

Mesin 1.2L Proton Savvy

Proton Savvy dibekali dengan mesin dari Renault D-Type. Di atas kertas, mesin berkapasitas 1.149 cc 4-silinder segaris 16V D4f yang juga dipakai Renault Clio dan Twingo tersebut sanggup memeras tenaga hingga 76 PS dengan torsi 105 Nm. Untuk karakter yang dihasilkan, pada tarikan atas mesinnya terasa begitu responsif. Namun untuk tarikan bawahnya cenderung sedikit berat terlebih saat menggunakan AC ketika melewati jalan menanjak dan menurun.

4. Konsumsi BBM Irit

Kelebihan dan kekurangan Proton Savvy

Proton Savvy irit bahan bakar

Keunggulan lain yang dimiliki Proton Savvy ada pada konsumsi BBM nya. Pernah meraih gelar The Most Fuel Efficient Car in Malaysia pada Malaysian Book of Records, catatan teriritnya mobil ini sanggup menempuh jarak 24 km/liter. Pemakaian dalam kondisi normal, penggunaan dalam kotanya sendiri mampu meraih angka 15-18 km/liter, sedangkan luar kotanya mencapai 20 km/liter.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Proton Wira, Sering Dibilang Mirip Mitsubishi Lancer Le-Dan Gan

Kekurangan Proton Savvy

1. Kopling Terasa Keras

Kelebihan dan kekurangan Proton Savvy

Versi manual koplingnya keras 

Versi manualnya Proton Savvy memiliki 5 tingkatan percepatan. Untuk koplingnya sendiri terasa keras sehingga membuat penggunanya merasa mudah lelah terlebih saat terjebak dalam kemacetan dengan waktu cukup lama. Guna mengakalinya, kalian bisa menambahkan braket serta melakukan penyetalan ulang.

2. Transmisi AMT Kerap Bermasalah

Selain manual 5-percepatan, Proton Savvy juga ditawarkan transmisi AMT. Prinsip kerjanya  transmisi ini tetap manual namun ada mekanisme yang namanya robotic untuk mengoperasikan perpindahan percepatannya secara otomatis.

Hampir sebagian besar pemilik Proton Savvy dengan transmisi AMT ini mengalami permasalah seperti tidak bisa dipindahkannya tuas transmisi akibat akumulator robotic nya yang bermasalah. Jika kejadian seperti ini dialami maka mobil tidak bisa dijalankan.

Untuk harganya sendiri akumulator robotic berada di angka Rp5 jutaan belum termasuk dengan biaya penggantian. Oh iya, kekurangan lain dari transmisi AMT nya saat kalian terjebak dalam kemacetan mobil bisa mundur ke belakang. Dengan begitu tuas hand brake berperan penting dalam kondisi seperti ini supaya mobil tidak meluncur ke belakang.

3. Mesin Tersendat

Kelebihan dan kekurangan Proton Savvy

Pengapian Proton Savvy lemah

Keluhan lain yang dialami pemilik Proton Savvy yaitu mesin tersendat dan sulit untuk dihidupkan. Biasanya permasalah tersebut timbul akibat kotoran yang menyumbat jalur bahan bakar.

Tak hanya itu, Permasalah lain juga bisa ditimbulkan dari pengapian yang tidak sempurna akibat dari crank angle sensor yang tidak berfungsi secara normasl untuk mengatur pengapian serta injeksi kotor. Mengetahui gejala awalnya mobil mulai sulit dihidupkan yang berakhir tidak mau dinyalakan.

4. Spare Part Mulai Jarang di Pasaran

Karena populasinya yang tidak terlalu banyak serta jumlah ketersediaan bengkel yang semakin sedikit, beberapa suku cadang khususnya slow moving Proton Savvy ini mulai sulit dijumpai di pasaran. Jikapun ada untuk harganya terbilang cukup mahal. Untuk parts lainnya seperti mesin dan kaki masih mudah ditemukan karena memiliki beberapa persamaan dengan produk dari Mitsubishi.

5. Rem Kurang Pakem

Kelebihan dan kekurangan Proton Savvy

Rem Proton Savvy kurang pakem

Selanjutnya kelemahan yang dialami beberapa pemilik Proton Savvy ada pada sistem pengeremannya. Sebagai informasi, untuk remnya pada bagian depan mobil menggunakan cakram serta tromol di roda belakang.

Untuk remnya sendiri dirasa kurang pakem sehingga kerap kali menimbulkan rasa khawatir terhadap penggunanya ketika memacu mobil dalam kecepatan tinggi.

Kesimpulan

Harga bekasnya saat ini dibandrol setara dengan Nmax baru, Proton Savvy bisa menjadi alternatif tepat bagi kalian yang menginginkan sebuah mobil perkotaan dengan harga terjangkau. Karena selain fun to drive berkat handingnya yang stabil dan lincah ketika diajak bermanuver, mobil ini juga irit bahan bakar.

Namun yang perlu diperhatikan dari mobil ini adalah pengapian serta transmisi khususnya AMT supaya berkendara tetap terasa nyaman dan aman.

Baca juga: Sekennya Lebih Murah dari Toyota Kijang Innova, Ini Kelebihan dan Kekurangan Proton Exora

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil