window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

5 Kelemahan Isuzu Traga 2023 yang Perlu Diketahui

Yongki Sanjaya · 14 Sep, 2023 13:30

5 Kelemahan Isuzu Traga 2023 yang Perlu Diketahui 01

Isuzu Traga meluncur pertama kali pada 2018, dan kini Traga didorong menjadi suksesor Isuzu Panther pick up semenjak berhenti diproduksi pada 2021. Isuzu Traga 2023 dengan mesin berstandar Euro 4 memiliki performa menawan dan mesin tahan banting. Meskipun demikian, Isuzu Traga tak lepas dari beberapa kelemahan. 

Tentu sebagai sebuah produk, tak ada hal yang benar-benar sempurna dari segala aspek. Traga yang kini menjadi rival berat dari Mitsubishi L300 pun punya nilai minus soal kenyamanan kabin baik sebagai penumpang maupun pengemudi. 

Baca juga:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Sejarah Ketangguhan Mesin Isuzu, Mulai Dari Elf yang Disiksa di Antartika Hingga Panther Melegenda di Indonesia

Review Isuzu Traga 2020: Pikap Lapang dengan Mesin Bertenaga Khas Isuzu

Kelebihan dan Kekurangan Isuzu Traga 2020 yang Tangguh dan Tahan Banting

Kenyamanan yang dimaksud tentu bukan mengacu layaknya mobil penumpang. Kita jelas tidak bisa berharap banyak soal kenyamanan dari sebuah kendaraan angkutan barang. 

Bicara fitur kenyaman di kabin pickup ini dilengkapi dengan blower, system audio dan digital analog cluster. Fitur segitu terbilang cukup untuk mobil angkutan barang sehari-hari.

Namun ketidaknyamanan ini lebih ke soal aksesibilitas dan visibilitas berkendara. Bukan tidak mungkin beberapa hal negatif ini bisa diatasi oleh pihak Isuzu agar nantinya Traga menjadi pick-up yang proporsional dari segala aspek. 

Seperti apa kelemahan yang terdapat di Isuzu Traga 2023? Berikut ini ulasannya. 

1. Posisi Kabin Isuzu Traga 2023 Tinggi Besar Seperti Truk Engkel

5 Kelemahan Isuzu Traga 2023 yang Perlu Diketahui 01

Traga memiliki bentuk kabin yang besar dan tinggi, seperti truk engkel versi cebol. Dengan kabin yang tinggi dan kaca depan besar membuat jarak pandang cukup luas.

Kelemahannya, malah pada aksesibilitas ke kabin. Dimensi yang tinggi sedikit merepotkan keluar masuk kabin yang perlu sedikit memanjat. Ibaratnya, masuk ke kabin Traga mirip seperti masuk kabin truk. 

Bila dikomparasi, dengan motuba seperti Toyota Hiace tua malah masih terasa lebih lega, dan kaki bisa lebih selonjor. Ini karena di mobil lawas pada bagian penumpang bentuk dashboardnya minimalis, dan kabin rendah membuat keluar masuknya tidak perlu memanjat.

2. Ruang Kabin Isuzu Traga 2023 Sempit

5 Kelemahan Isuzu Traga 2023 yang Perlu Diketahui 02

Terlihat besar dari luar, ternyata kabin Isuzu Traga 2023 tidak cukup lega. Berdasarkan pengalaman kami saat test drive Traga pada 2018 lalu, Ruang kaki terasa langsung penuh ketika dimuati dua tas ransel. 

Sebab, ukuran dashboard begitu besar dan memakan banyak ruang dan ini membuat kaki tidak bisa bergerak dengan leluasa. Besarnya dashboard di bagian penumpang ini disebabkan karena adanya fuse box yang menyatu glove box.

Lantas, bagaimana bila kursi sebelah kiri di Traga harus mengangkut dua penumpang? Kami rasa penumpang bakal sedikit sesak terutama yang duduk di tengah.

Lutut penumpang tengah bakal sedikit mentok dengan dashboard tengah. Tidak hanya itu, paha kiri terpaksa ditekuk karena terdapat tuas transmisi.

3. Posisi Spion Kiri Kurang Jelas Terlihat Dari Sisi Pengemudi 

5 Kelemahan Isuzu Traga 2023 yang Perlu Diketahui 03

Spion standar yang terdapat pada Isuzu Traga posisinya berada di pintu, tidak memakai model gagang seperti para kompetitor. Desainnya yang mungil kurang membantu untuk melihat objek ke belakang terutama di bagian bawah secara keseluruhan. Saat melihat ke bagian belakang melalui spion kiri, ruang pandang tidak maksimal karena ada blindspot di bagian bawah.

Desain spionnya mungkin perlu pakai gagang seperti di truk engkel sehingga seluruh ruang di sisi belakang bisa terlihat dari kaca spion. Agar lebih optimal perlu kaca spion tambahan seperti spion cembung yang biasa di gunakan pada kendaraan truk besar.

Bila dibandingkan L300 yang punya bodi lebih pendek, tak ada masalah karena spion sebelah kiri gagangnya lebih panjang dibandingkan sebelah kanan. Ini membuat pandangan jadi lebih luas dan lega.

4. Suara Mesin Dieselnya Kasar dan Bising

5 Kelemahan Isuzu Traga 2023 yang Perlu Diketahui 04

Salah satu kelemahan dari mesin diesel Isuzu yaitu suara mesin yang terasa kasar dan bising di dalam kabin. Masalah ini masih belum terpecahkan oleh Isuzu. 

Banyak yang mengeluhkan suara mesin Isuzu Traga cukup keras terasa dibandingkan pesaingnya di segmen mobil komersial lainnya. Kebisingan ini membuat kabin jadi tidak nyaman bila kita sedang berbincang.

5. Perpindahan Tuas Transmisi Keras

5 Kelemahan Isuzu Traga 2023 yang Perlu Diketahui 05

Isuzu Traga 2023 hanya ditawarkan dalam satu pilihan transmisi saja, yaitu 5-percepatan manual. Kombinasi mesin yang efisien serta girboks MUA5S menghadirkan rasio gigi yang terbilang pas. 

Namun dalam operasionalnya, proses memindahkan tuas transmisi dari gigi 1 ke 2 agak sedikit keras. Ini memang sedikit membuat tidak nyaman dan jadi tidak mudah bagi yang belum terbiasa menyetir Traga.

 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Isuzu Traga Pick Up (FD)

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil