window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Berikut Cara Merawat Sistem Pengereman ABS pada Sepeda Motor

Joe · 12 Sep, 2020 01:12

Berikut Cara Merawat Sistem Pengereman ABS pada Sepeda Motor 01

Berikut Cara Merawat Sistem ABS pada Sepeda Motor

Dewasa ini fitur-fitur keselamatan yang ada di sepeda motor semakin mumpuni.

Salah satunya adalah sistem pengereman anti-lock breaking system atau ABS.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Sistem yang biasanya dikenal ada di mobil ini sekarang bisa dinikmati pengendara sepeda motor yang biasanya ada di jenis motor kelas menengah ke atas.

Contoh kendaraan sepeda motor yang memiliki sistem pengereman ABS seperti Honda ADV, Honda PCX, Yamaha Freego, Yamaha NMAX, Kawasaki Ninja ZX 25R, hingga BMW 1000 R yang merupakan sepeda motor kelas premium.

Memang apa sih pentingnya penggunaan sistem pengereman ABS seperti ini di sepeda motor?

Sistem pengereman semacam ini merupakan sebuah fitur keselamatan untuk mencegah roda mengunci saat sepeda motor melakukan pengereman secara mendadak.

Sehingga saat ada paksaan penghentian laju kendaraan seperti ini, sistem ini dapat mencegah sepeda motor tergelincir khususnya saat melewati jalanan licin maupun jalanan basah.

Selain itu, sistem pengereman semacam ini dapat juga meminimalisir terjadinya selip pada ban karena akan melakukan pengereman dengan bertahap secara cepat yang menjadikan ban tidak terkunci dan tidak terjadi selip saat sepeda motor berjalan di tempat yang membuat grip ban sepeda motor rendah.

Bahkan saking pentingnya fitur pengereman ini di sepeda motor, Global New Car Assesment Program (Global NCAP) menyarankan agar Indonesia mewajibkan penggunaan ABS pada sepeda motor seperti yang sudah berlaku di beberapa negara di dunia.

Negara-negara yang mewajibkan sepeda motor dilengkapi dengan sistem pengereman ABS seperti Taiwan, Brazil, Jepang, Amerika Serikat, Australia, India, dan negara-negara yang tergabung dengan Uni Eropa.

Karena pentingnya fitur pengereman ABS pada sepeda motor ini, maka wajib bagia kalian untuk melakukan perawatan terhadap sistem pengereman ABS ini.

Lantas bagaimana cara melakukan perawatan terhadap fitur pengereman ABS pada sepeda motor?

Meski perannya sangat vital, cara merawat fitur ABS pada sepeda motor bisa dibilang cukup mudah dan enggak ribet sama sekali.

Berikut Cara Merawat Sistem Pengereman ABS pada Sepeda Motor 01

Tips pertama yang bisa kalian lakukan sendiri baik di rumah atau dimanapun juga dan tanpa bantuan orang lain bahkan sampai ke bengkel adalah menjaga kebersihan pada daerah sekitaran cakram dan sensor speed ABS.

Untuk sensor speed pembaca kecepatan roda pada sistem pengereman ABS biasanya posisinya berada di fork atau kaki-kaki depan. Dekat dengan letak rem cakram depan sepeda motor kalian.

Adanya pasir atau kotoran berlebih di sekitaran sensor speed ABS berpotensi mengganggu pembacaan kecepatan dan kerja dari sistem pengereman ini.

Maka dari itu kalian harus rajin-rajin membersihkan kotoran yang berada di sekitaran sensor speed ABS tersebut.

Cara membersihkannya bisa menggunakan sikat ataupun dilap saat melakukan pencucian.

Tenang saja, air pada saat pencucian berkemungkinan kecil masuk dan merusak sensor speed ABS karena biasanya sistemnya dibuat tertutup rapat sehingga benda-benda asing pun tak bisa masuk.

Cara perawatan yang sama dapat dilakukan pada cakram sepeda motor kalian sehingga kinerja sistem ABS dapat maksimal.

Berikut Cara Merawat Sistem Pengereman ABS pada Sepeda Motor 02

Lalu cara merawat sistem pengereman ABS adalah dengan menghindari mencuci modul rem ABS atau menghindari modul tersebut agar tidak terkena air khususnya yang memiliki tekanan tinggi atau terendam.

Untuk letak modul sistem rem ABS sendiri beragam, namun kebanyakan berada pada bagian bodi.

Seperti contohnya, letak modul rem ABS pada Yamaha NMAX letaknya di bagian bodi depan.

Sedangkan untuk sepeda motor jenis sport fairing biasanya berada di tengah bodi atau tepatnya di bawah jok pengemudi.

Memang kemungkinan air masuk ke dalam modul dan merusak modul rem ABS secara langsung potensinya kecil.

Namun dengan masuknya air memberikan potensi terjadinya karat yang mana berkemungkinan membuat kinerja sistem pengereman ABS tidak maksimal ataupun muncul notifikasi error pada instrument panel sepeda motor.

Berikut Cara Merawat Sistem Pengereman ABS pada Sepeda Motor 03

Nah, yang terakhir tapi jangan sampai ketinggalan adalah melakukan servis rutin sepeda motor.

Dengan melakukan servis rutin, maka mekanik akan selalu mengecek kondisi sistem pengereman ABS pada sepeda motor kalian.

Jika ditemukan adanya malfungsi atau error makan mekanik akan melakukan perbaikan hingga penggantian spare part agar sistem pengereman ABS yang tujuannya memudahkan pengendara dapat bekerja maksimal bukannya malah mengganggu pengendara.

Joe

Penikmat adrenalin tinggi melalui kendaraan yang fun to drive

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil