window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Biar Gak Glodakan dan Bikin Celaka, Ini Tips Melewati Polisi Tidur

Dito · 24 Mei, 2022 13:00

Biar Gak Glodakan dan Bikin Celaka, Ini Tips Melewati Polisi Tidur 01

Polisi tidur atau speed bump menjadi halang rintang yang sering ditemui di Indonesia. Agar saat melewatinya tetap aman dan nyaman ada caranya.

Ketika melewati polisi tidur bila terlalu kencang bisa berbahaya dan membuat penumpang tidak nyaman. Bahkan bila mobil terlalu rendah karena muatan, bisa bergesekan bawah mobil dengan polisi tidur.

Nah agar hal-hal tersebut bisa dihindari, ada beberapa cara yang harus diperhatikan. Ini tips melewati polisi tidur yang aman dan nyaman.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Jangan Rem Mendadak

Biar Gak Glodakan dan Bikin Celaka, Ini Tips Melewati Polisi Tidur 01

Hal paling utama ialah jangan rem mendadak. Selain berbahaya untuk diri sendiri, cara ini juga bisa mengakibatkan tabrakan beruntun kendaraan di belakang.

Bila dalam kecepatan tinggi, usahakan mengerem dari jarak minimal 50 meter sebelum melewati polisi tidur. Namun bila dalam kecepatan rrendah, dari jarak 20 meter sebelumnya juga sudah cukup untuk mengurangi kecepatan.

Baca juga : Desainnya Sering Ngawur, Bentuk Polisi Tidur Sebenarnya Telah Diatur Undang-undang

Jangan Ngebut Saat Melintasinya

Biar Gak Glodakan dan Bikin Celaka, Ini Tips Melewati Polisi Tidur 02

Beberapa polisi tidur di Indonesia ada yang landai atau kecil. Namun bukan berarti bisa dilewati dengan mengebut.

Bila sering melewati polisi tidur dalam kecepatan tinggi, bisa membuat sistem suspensi cepat rusak. Akibatnya akan ada komponen yang harus segera diganti.

Komponen yang umumnya cepat rusak dalam kondisi ini ialah, shockbreaker atau ball joint. Bila sering mengebut saat lewat polisi tidur, komponen tersebut akan lebih cepat rusak.

Jaga Jarak

Biar Gak Glodakan dan Bikin Celaka, Ini Tips Melewati Polisi Tidur 03

Polisi tidur kerap dijumpai ketika melewai jalan perumahan atau pemukiman. Ada baiknya jaga jarak dengan mobil di depan meski kecepatan rendah.

Jalan yang tidak terlalu besar memberi sedikit ruang untuk membuang bodi mobil ketika mengantisipasi mobil di depan rem mendadak. Terlebih ketika melewati polisi tidur.

Baca juga : Biar Nggak Kena Tilang Polisi, Ketahui Fungsi Yellow Box Junction

Gunakan Teknik Diagonal

Biar Gak Glodakan dan Bikin Celaka, Ini Tips Melewati Polisi Tidur 04

Ketika mobil membawa muatan banyak membuat ground clearance lebih rendah. Akibatnya bagian bawah mobil bisa bergesekan dengan polisi tidur.

Untuk mengantisipasi hal ini, bisa gunakan teknik diagonal saat melewati polisi tidur. Teknik ini adalah melintasi polisi tidur dengan miring atau menyamping.

Tetapi pastikan bahwa lalu lintas sekitar dalam keadaan aman atau sepi. Jangan sampai teknik ini justru menganggu pengguna jalan lain.

Visibilitas Malam Hari

Biar Gak Glodakan dan Bikin Celaka, Ini Tips Melewati Polisi Tidur 05

Malam hari membuat visibilitas jadi terbatas. Gunakan lampu dekat untuk mewaspadai adanya polisi tidur.

Lampu dekat juga berguna untuk memperkirakan tinggi polisi tidur yang akan dilewati. Bila dirasa terlalu tinggi, bisa menggunakan teknik diagonal atau melaju dengan perlahan.

Baca juga : Polisi: Kalau Arogan Jangan Kasih Jalan!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil