Bugatti Chiron Super Sport 2021, Grand Tourer yang Mampu Tembus Kecepatan 500 Km Per Jam

Wilko · 11 Jun, 2021 08:00

Bugatti Chiron Super Sport 2021

Bugatti kembali memberikan kejutan dengan menghadirkan Hypercar super kencang. Terbaru mereka telah meluncurkan Bugatti Chiron Super Sport yang akan menemani Chiron Pur Sport yang lebih dahulu hadir di pasar.

Chiron Super Sport ini, menurut otoritas Bugatti sebagai penyempurnaan dari model sebelumnya. Sehingga mereka menyebut pengembangan mobil ini sebagai proyek penggabungan kecepatan tertinggi dengan kemewahan mutlak untuk menciptakan mobil grand tourer terbaik di dunia.

Bugatti Chiron Super Sport ini dapat dikatakan menjadi salah satu mobil tercepat di dunia. Sosoknya berbagi teknologi dan banyak hal dengan Chiron Super Sport 300+ yang memiliki kecepatan menembus 490,5 km per jam pada tahun 2019.

Baca juga : Review BMW M5 Edition 35 Years: Edisi Ulang Tahun Bertenaga Buas

Bugatti Chiron Super Sport

Diferensiasi wajah Chiron yang terlihat lebih agresif

Modifikasi Wajah Jadi Lebih Agresif

Wajah Bugati Chiron Super Sport terlihat lebih segar dibanding Chiron tipe lainnya. Ini berkat sedikti sentuhan modifikasi di bagian lampu depan yang diletakan miring.

Sementara masing-masing fender sekarang memiliki sembilan lubang udaraa. Fungsinya bukan hanya melepaskan tekanan udara dari roda depan, tetapi juga memberi penghormatan kepada EB 110 Super Sport. 

Ia juga dibekali satu set velg aluminium dengan desain palang lima Y yang eksklusif untuk Super Sport. Mobil ini juga tersedia dalam opsi taburan potongan berlian dan konstruksi magnesium yang membuatnya terlihat sangat mewah dan elegan.

Baca juga : Review Lamborghini Urus 2020: Ledakan Performa SUV Tercepat Lambo

Bugatti Chiron Super Sport 2021

Bagian belakang Chiron Super Sport yang seksi

Eksterior dan Interior Bugatti Chiron Super Sport

Bergeser ke belakang, Super Sport teranyar Bugatti ini, memiliki kesamaan dengan Super Sport 300+. Karena bodywork yang direvisi lebih panjang 25 cm untuk lebih mengoptimalkan efisiensi aerodinamis. Ia juga memiliki diffuser yang mempercantik tampilannya yang padu dengan pipa knalpot kembar di belakang.

Masuk ke interior, Chiron Super Sport dihiasi dengan banyak polesan alumunium, jok berbalut kulit halus dan sedikit tambahan serat karbon di beberapa titik ruang kabin. Kabin mewah ini memberikan kenyamanan tinggi bagi penunggang yang ada di balik kemudinya.

Bugatti Chiron Super Sport Interior

Interior Bugatti Chiron Super Sport yang mewah

Mesin Gahar 1.600 PS 1.600 Nm

Secara mekanis, Bugatti telah melakukan beberapa modifikasi pada mesin 8.0 liter quad-turbo W16, termasuk turbocharger, pompa oli, dan kepala silinder. RPM mesin juga dinaikkan hingga 300 rpm, sehingga menjadi 7.100 rpm, sementara torsi puncaknya mencapai 1.600 Nm. 

Dengan sentuhan baru pada mekanisme pacu Super Sport ini, pengguna Bugatti Chiron kini dapat mengakses rentang putaran yang lebih luas antara 2.000 hingga 7.000 rpm, sehingga performanya meningkat signifikan.

Output torsi sama seperti pada Super Sport 300+, dan mesinnya juga menghasilkan 1.600 PS atau 1.577 hp. Perubahan juga dilakukan pada transmisi, dengan gigi ketujuh yang sekarang menjadi 3,6% lebih panjang, sehingga mobil benar-benar mengalami perubahan lesatan dari gigi keenam ke ketujuh pada 403 km per jam.

Baca juga : Seberapa Cepat Ferrari 812 Superfast? Intip 7 Fakta Salah Satu Supercar Terkencang Ferrari Ini

Bugatti Chiron Super Sport 2021

Chiron Super Sport mampu melesat hingga 500 Km/jam

Melesat dengan Kecepatan Tinggi

Mekanisme ulang yang dihasilkan dari pembaruan jantung pacu, membuat Super Sport lebih cepat 7% dibandingkan Chiron biasa. Chiron Super Sport mampu melesat dari diam ke 400 km per jam.

Untuk mencapai kecepatan 200 km per jam, ia hanya butuh waktu 5,8 detik dan untuk mencapai 300 km per jam, ia cuma membutuhkan 12,1 detik. 

Kecepatan tertinggi Hypercar ini, dibatasi secara elektronik diangka 440 km per jam identik dengan Super Sport 300+. Jika tak dibatasi ia bisa melesat hingga kecepatan 500 km per jam, dengan dukungan ban Michelin Pilot Sport Cup 2.

Bugatti Chiron Super Sport 2021

Calon mobil rebutan pra kolektor

Harga yang Fantastis

Produksi Bugatti Chiron Super Sport akan segera dimulai di fasilitas perusahaan di Molsheim, Prancis. Pengirimannya dijadwalkan berlangsung pada awal 2022. Dengan segala kelabihannya mobil ini kemungkinan akan dibandrol dengan harga 3,2 juta Euro atau Rp 55.4 miliar. Tapi harga ini belum termasuk paket opsional sesuai permintaan pelanggan.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Aston Martin DB11 A Design Evolution

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru