Review BMW M5 Edition 35 Years: Edisi Ulang Tahun Bertenaga Buas

Bent Aulia · 21 Okt, 2020 17:30

Review BMW M5 Edition 35 Years: Edisi Ulang Tahun Bertenaga Buas 01

BMW Indonesia memasukkan edisi khusus ulang tahun BMW M5 Edition 35 Years 2020 yang lebih sporty dan elegan. Tampilannya misterius menggunakan tenaga 4.4T TwinTurbo yang sudah ditingkatkan, menjadikannya mobil BMW M dengan keluaran tenaga terbesar yang pernah dibuat.

Harga
Model Harga
BMW M5 Edition 35 Years 2020 Rp 5.169.900.000
Mesin
Tipe Mesin 4.4T V8 TwinPower Technology DOHC
Kapasitas Silinder 4.408 cc
Tenaga Maksimal 633 PS/ 6.000 rpm
Torsi Maksimal 750 Nm/ 1.800 - 5.860 rpm
Transmisi 8-percepatan M Steptronic
Akselerasi (0-100 km/jam) 3,4 detik
Kecepatan Tertinggi 305 km/jam (M Drive)
Konsumsi Bahan Bakar 14,8 km/L
Sistem Penggerak Rear-wheel drive
Dimensi
P x L x T 4.966 x 2.126 x 1.473 mm
Wheelbase 2.982 mm
Ground Clearance 132 mm
Kaki-Kaki dan Suspensi
Suspensi Adaptive M
Rem M Brake
Ban 275/35 ZR20
Velg 20 inci M light alloy

Sejarah

BMW M memang menjadi pusatnya kendaraan berperforma tinggi dan menawarkan pengalaman berkendara dengan tenaga yang buas. Kali ini, BMW Indonesia memperkenalkan kehadiran edisi ulang tahun bernama BMW M5 Edition 35 Years 2020.

Review BMW M5 Edition 35 Years: Edisi Ulang Tahun Bertenaga Buas 02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Seperti namanya, model edisi khusus ini diperkenalkan untuk memperingati lahirnya BMW Motorsport GmbH yang ke-35 tahun. Maka dari itu, hanya ada 350 unit yang dipasarkan di seluruh dunia dan hanya ada 1 unit di Indonesia. Inilah yang menjadikan mobil ini sangat eksklusif.

Dikembangkan dari model BMW M5 Competition, tampilannya masih tetap sporty layaknya edisi standar yang masih dipasarkan di Indonesia ini. Begitu juga dengan pengendaraan yang mengesankan pada kecepatan tinggi.

Review BMW M5 Edition 35 Years: Edisi Ulang Tahun Bertenaga Buas 01

Layaknya model edisi spesial lainnya, mobil ini juga mendapatkan beberapa komponen tambahan yang membuatnya terasa lebih spesial. Begitu pula dengan mesin 4.4T TwinTurbo khas M5 yang sudah ditingkatkan. Menghadirkan ledakan tenaga terbuas yang pernah diluncurkan BMW M.

Review BMW M5 Edition 35 Years: Edisi Ulang Tahun Bertenaga Buas 02

Selain itu, ternyata tak banyak perubahan yang ditawarkan pada Edition 35 Years. Tertarik mengetahui apa saja yang berbeda dari mobil edisi ulang tahun ini? Simak review BMW M5 Edition 35 Years dari kami di bawah ini.

Eksterior

Desain yang lebih sporty serta tampilan yang menawan membuat BMW M5 edisi khusus ini menjadi salah satu koleksi unik yang bisa didapatkan bagi penggemar BMW di Indonesia. Desainnya dibuat berdasarkan M5 Competition yang tak jauh berbeda.

Review BMW M5 Edition 35 Years: Edisi Ulang Tahun Bertenaga Buas 03

Bodi satu warna dengan disandingkan dengan list chrome yang membuatnya lebih garang. Apalagi dengan penggunaan cat spesial khas BMW Individual bernama Frozen Dark Grey II metallic, memberikan kesan misterius pada mobil ini.

Dan yang ketinggalan adalah desain grille kidney khas BMW menggunakan aksen karbon, bertujuan untuk menghemat bobot mobil ini. Lekukan kap mesin yang mendukung aerodinamika berkendara ditambah dengan logo M5 yang ikonik menghiasi fascia depan.

Review BMW M5 Edition 35 Years: Edisi Ulang Tahun Bertenaga Buas 04

Salah satu perbedaan terbaru yang ditawarkan pada model spesial ini adalah teknologi pada lampu depan. Lampu depan sudah dilengkapi dengan teknologi BMW Laselight serta pencahayaan Selective Beam yang bisa menghadirkan sistem penerangan maksimal di segala kondisi jalan.

Review BMW M5 Edition 35 Years: Edisi Ulang Tahun Bertenaga Buas 05

Sedangkan tampilan sampingnya tak banyak berbeda jika dibandingkan dengan BMW M5 Competition yang menjadi dasar mobil ini. Ditambah velg 10 inci alloy berdesain Y spoke serta warna Graphite Grey dirancang khusus untuk mobil ini.

Review BMW M5 Edition 35 Years: Edisi Ulang Tahun Bertenaga Buas 06

Menghadirkan kesan sporty, ada pula kaliper emas beraksen yang kontras dengan velg. Ground clearance layaknya mobil sedan perkotaan tercatat 132 mm. Garis bodi yang lurus memberikan kesan elegan tersendiri pada M5 dasri sisi samping.

Review BMW M5 Edition 35 Years: Edisi Ulang Tahun Bertenaga Buas 07

Beralih ke belakang, tampilan M5 yang sporty tetap dipertahankan. Lekukan buritan dan desain lampu belakang tanpa perubahan. Bumper juga tetap sama dihiasi dengan 2 pipa knalpot kembar. Ada pula shark fin antenna yang melengkapi tampilan belakang.

Interior

Elegansi dengan desain futuristik terasa dari trim finisher alumunium dengan struktur karbon teranodisasi emas yang digunakan pertama kali pada BMW M. Menegaskan tampilan khususnya terlihat dari tulisan “M5 Edition 35 Jahre” pada door sill bergaya alumunium.

Review BMW M5 Edition 35 Years: Edisi Ulang Tahun Bertenaga Buas 08

Dashboard sudah mendapatkan material soft touch dan aksen emas yang menawarkan rasa elegan di dalam kabin. Sebagai pelengkap dashboard, head unit layar sentuh 10,25 inci serta BMW Gesture Control digunakan layaknya edisi sebelumnya.

Review BMW M5 Edition 35 Years: Edisi Ulang Tahun Bertenaga Buas 09

Begitu juga dengan konsol tengah yang memadukan warna emas dengan aksen silver dan hitam Yang membedakannya dengan edisi standar adalah ukiran “M5 Edition 35 Jahre 1/350” yang bersama nomor unit yang didapatkan oleh konsumen.

Review BMW M5 Edition 35 Years: Edisi Ulang Tahun Bertenaga Buas 10

Setir multifungsi berlapis kulit mendapatkan jahitan kontras berwarna beige dengan aksen silver menjadi pemanis. Paddle shift di belakang setir yang memberikan kesan berkendara yang lebih sporty. Sedangkan kluster instrument sudah sepenuhnya digital berisikan berbagai informasi mengemudi.

Review BMW M5 Edition 35 Years: Edisi Ulang Tahun Bertenaga Buas 11

Kursi BMW M5 Edition tak kalah sporty dengan tampilan kabinnya. Kenyamanannya terasa berkat kursi bergaya semi bucket yang sudah dilapisi dengan bahal kulit Black Full Merino. Berwarna hitam dengan logo M5 pada headrest menghadirkan kesan elegan tersendiri pada mobil ini.

Review BMW M5 Edition 35 Years: Edisi Ulang Tahun Bertenaga Buas 12

Beberapa fitur diberikan untuk menambah kepraktisan sepanjang perjalanan. Seperti pengaturan kursi elektris yang akan memudahkan pengemudi mendapatkan posisi berkendara yang inginkan. Tak ketinggalan fitur kursi pijat yang menjadi opsi tambahan.

Menghadirkan kenyamanan bagi penumpang depan, penghuni baris kedua turut mendapatkan rasa berkendara yang menyenangkan. Walalupun memang ruang kepala yang ditawarkan tak begitu lapang bagi penemudi dewasa dengan tinggi rata-rata penduduk Indonesia.

Review BMW M5 Edition 35 Years: Edisi Ulang Tahun Bertenaga Buas 13

Sayangnya bagian bagasi bukannya kekuatan terbesar mobil ini. Hanya menghadirkan ruang penyimpanan sebesar 530 liter, ruang di belakang bisa menampung hingga 3 tas berukuran kecil. Tak cukup besar, namun cukup praktis pada perjalanan di dalam kota.

Fitur Keselamatan Aktif

Sama seperti fitur di dalam mobil, sistem keselamatan aktif BMW M5 tak jauh berbeda dengan edisi standar M5 yang dipasarkan di Indonesia. Rasa aman diberikan mengingat M5 menggunakan teknologi mumpuni BMW pada Driving Assistant.

Review BMW M5 Edition 35 Years: Edisi Ulang Tahun Bertenaga Buas 14

Ada lima fungsi yang tersedia dalam sistem ini, diantaranya Lane Change Warning (LCW), Lane Departure Warning (LDW), Crossing-Traffic Warning (CTW), Approach Control Warning (ACW), serta Prevention Rear Collision guna menghindari tabrakan pada sisi belakang.

Pelengkap teknologi keselamatan di dalam kabin termasuk sistem sensor Park Distance Control (PDC) dan Reversing Assist Camera yang bisa ditemukan pada head unit, sangat membantu ketika akan memarkirkan mobil ini.

Mesin

Mesin BMW M5 Edition 35 Years tak jauh berbeda dengan versi dasarnya. Masih mengandalkan mesin 4.4T V8 TwinTurbo, tapi BMW meningkatkan tenaga menjadi 633 PS serta torsi puncak 750 Nm. Menjadikannya ledakan mesin terbesar yang digunakan pada sedan produksi massal BMW.

Review BMW M5 Edition 35 Years: Edisi Ulang Tahun Bertenaga Buas 15

Tenaga besar tersebut akhirnya disalurkan ke semua roda melalui sistem penggerak all-wheel drive dengan teknologi M xDrive. Komposisi teknsnya disandingkan teknologi Active M Differential yang ditanamkan pada gardan belakang untuk pengendaraan yang lebih stabil.

Percepatan dan akselerasi yang ditawarkan oleh mobil ini tentu saja sejalan dengan tenaga besar yang dimilikinya. Mobil baru BMW ini bisa melaju dari keadaan diam hingga mencapai 100 km/jam hanya dalam 3,4 detik hingga mencapai kecepatan 250 km/jam yang harus dibatasi secara elektronik.

Performa dan Handling

BMW sendiri menyebutkan bagaimana edisi khusus ini memiliki pengalaman berkendara yang mirip dengan M5 Competition. Gaya dorong yang kuat, traksi maksimal, dan kestabilian berkendara yang luar biasa digabungkan dengan handling yang presisi.

Review BMW M5 Edition 35 Years: Edisi Ulang Tahun Bertenaga Buas 16

Ledakan tenaga yang buas membuatnya menjadi salah satu tenaga terbesar yang pernah digunakan dalam mobil produksi massal BMW. Kenyamanan berkendarana semakin mengesankan berkat penggunakan teknologi suspensi yang sama dengan M5 Competition.

Pengendaraannya masih tetap stabil layaknya M5 pada umumnya. Apalagi BMW M5 dikenal memiliki tenaga yang besar namun tetap menghadirkan pengalaman berkendara yang menyenangkan di belakang kemudi.

Review BMW M5 Edition 35 Years: Edisi Ulang Tahun Bertenaga Buas 17

Paket M Driver yang menghasilkan kecepatan tertinggi hingga 305 km/jam membuat mobil ini menghadirkan performa yang lebih besar. BMW pun memberikan M Intensive Training dari BMW Driving Experience secara gratis bagi mereka yang ingin memiliki tenaga besar ini.

Konsumsi BBM

Memang dengan ledakan tenaga yang dihadirkan oleh mobil ini, terasa salah jika mencari bagaimana catatan konsumsi bbm BMW M5. Karena edisi khusus ini menawarkan performa dan kinerja tingkat tinggi, tentu saja efisiensi bahan bakarnya tak begitu baik.

Review BMW M5 Edition 35 Years: Edisi Ulang Tahun Bertenaga Buas 18

Hanya saja BMW memperkenalkan sistem Direct Fuel Injection dan teknologi TwinTurbo Technology Valvetronic yang memberikan sedikit ‘kelegaan’ bagi pengemudi. Sehingga walaupun menggunakan mesin berkapasitas 4.4T, konsumsi bahan bakar tidak terlalu boros.

Review BMW M5 Edition 35 Years: Edisi Ulang Tahun Bertenaga Buas 19

BMW sendiri mengklaim konsumsi bbm BMW M5 Edition 35 Years mampu menawarkan 14,8 km/L yang bisa dibilang cukup mengesankan. Terasa lebih baik mengingat efisiensi BMW M5 standar tercatat 10.5 liter per 100 km, atau 9.5 km/L.

Video

Tak ada video resmi yang diunggah oleh BMW internasional dalam memperkenalkan mobil ini. Namun ada beberapa video di laman YouTube yang memperlihatkan kesan sporty dan tampilan misterius dari video BMW M5 Edition 35 Years 2020.

Kesimpulan

Kesan misterius langsung terasa ketika melihat edisi spesial BMW M5 Edition 35 Years 2020 unik dan mengesankan. BMW edisi ulang tahun membawa berbagai komponen spesial yang menandakan unit yang eksklusif, hanya ada 350 unit di seluruh dunia. 

Meski untuk teknologi dan sistem yang ditawarkan tak berbeda dengan BMW M5 di Indonesia, tapi ledakan tenaganya terasa menggelagar. Mesin 4.4T TwinTurbo menghadirkan tenaga terbesar yang pernah digunakan pada BMW M.

Sedangkan harga BMW M5 terbaru yang cukup tinggi sesuai dengan eksklusivitas yang ditawarkan. Elegansi khas BMW serta performa menawan milik BMW M membuat mobil ini sangat menawan sebagai model koleksi dan penghias garasi penggemar BMW di seluruh dunia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Bent Aulia

Penyuka sejarah dan film, di belakang laptop sebagai penulis baru di ranah otomotif.

Komentar

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

BMW M5 4.4 L

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru