window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Bukan Cuma Menambah Kegantengan, Ternyata Ini Fungsi Utama Strutbar yang Belum Banyak Orang Tahu

Enda · 2 Jul, 2021 08:00

Bukan Cuma Menambah Kegantengan, Ternyata Ini Fungsi Utama Strutbar yang Belum Banyak Orang Tahu 01

Pemasangan strutbar pada mobil balap

Strutbar pada mobil umumnya terbuat dari besi ataupun alumunium yang diletakan secara transverse (melintang) dengan menghubungkan antara dudukan shockbreaker depan kanan dan kiri. Biasanya, strutbar dipasang pada mobil yang sudah banyak melakukan modifikasi khususnya pada mesin.

Dengan begitu, strutbar ini memiliki fungsi yang bisa dibilang cukup penting. Ingin tahu fungsi utamanya strutbar pada mobil? Berikut ulasannya.

Baca juga: Muncul Suara Aneh Pada Mobil Ketika Melewati Jalan yang Hancur, Jadi Indikasi Kaki-kaki Bermasalah!

Memakai Strutbar, Mobil Akan Lebih Stabil Ketika Bermanuver di Kecepatan Tinggi

Bukan Cuma Menambah Kegantengan, Ternyata Ini Fungsi Utama Strutbar yang Belum Banyak Orang Tahu 02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Memasang strutbar pada mobil, dapat membuat sasis dan suspensi mobil akan lebih kaku atau rigid. Dengan adanya ini, mobil akan terasa lebih stabil ketika dipacu dalam kecepatan tinggi, khususnya ketika menikung atau bermanuver.

Fleksibilitas suspensi memang menjadi berkurang, tapi hal ini membuat mobil tetap berimbang serta mengurangi ayunan berlebih. Hasilnya traksi roda kanan dan kiri tetap optimal. Pengendalian mobil menjadi lebih stabil.

Pada awalnya, keberadaan strutbar memang hanya diperuntukkan untuk mobil dengan performa tinggi. Ketika mobil tersebut sering dikemudikan dengan kecepatan tinggi, sudah tentu wajib memasang strutbar didalamnya agar lebih stabil. 

Maka dari itu cukup banyak mobil modifikasi yang akhirnya menggunakan komponen ini. Beberapa tipe mobil balap yang digunakan dalam kompetisi resmi pun juga pasti memiliki strutbar didalamnya.

Baca juga: Jadi Syarat Bikin SIM A Baru, Begini Cara Pilih Sekolah Mengemudi yang Bersertifikat

Penggunaan Strubar Tidak Cocok Digunakan Untuk Sehari-hari

Bukan Cuma Menambah Kegantengan, Ternyata Ini Fungsi Utama Strutbar yang Belum Banyak Orang Tahu 01

Menahan ayunan serta kelenturan kendaraan ketika melewati jalan yang berkontur, membuat strutbar kurang tepat digunakan pada mobil yang sering melewati jalan berkontur. Dengan begitu, bantingan mobil akan terasa kurang nyaman.

Inilah salah satu alasan kenapa strutbar memang tidak tersedia di semua mobil, khususnya dari standar bawaan pabrikan. Strutbar lebih sering terlihat pada mobil balap karena mampu memberikan efek yang cukup besar pada kestabilannya.

Namun tidak ada salahnya apabila kalian ingin memasang strutbar untuk kestabilan berkendara, terlebih jalan yang sering dilalui mulus. Bukan cuma itu saja, dengan memasang strutbar secara komestik juga mampu meningkatkan kegantengan mobil kalian.

Baca juga: Siapa Sangka, Boneka untuk Uji Tabrakan Mobil Ternyata Awalnya Pakai Mayat Manusia Lho!

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil