window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Bukan Hanya di Mesin, Segini Banyaknya Perbedaan Chery Omoda 5 GT dengan RZ

Enda · 25 Sep, 2023 10:00

Chery Omoda 5 GT

Baru-baru ini PT Chery Sales Indonesia (CSI) mengungkapkan sosok dari Omoda 5 1.6 dengan sebutan Chery Omoda 5 (Spesifikasi | Berita) GT. Dengan begitu Chery memiliki tiga varian untuk SUV kompak premiumnya tersebut, yakni; Z, RZ dan GT.  

Meski baru diungkapkan dan belum dijual secara resmi, PT CSI telah membeberkan spesifikasi lengkap Omoda 5 GT kepada rekan media. Mobil yang disebut-sebut akan meluncur dalam waktu dekat ini diperkiraan bakal dibandrol Rp480.000.000. 

Sekedar informasi, Omoda 5 1.5 tipe Z saat ini diniagakan Rp334.800.000 dan Rp404.800.000 untuk tipe RZ. Punya selisih harga yang cukup banyak, berikut ini beberapa perbedaan antara Chery Omoda 5 GT dengan Omoda 5 RZ.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Chery Omoda 5 GT Menggunakan Strip Orange

Chery Omoda 5 GT

Omoda 5 GT gunakan strip orange

Secara bentuk antara Chery Omoda 5 GT dengan varian RZ terlihat sama. Hanya saja jika varian RZ disematkan aksen merah, di tipe GT mobil ini mendapatkan warna orange baik di bumper depan, velg, spion, side skirt, dan spoiler.

Selian itu, pada grill depan tidak dilengkapi logo Chery, namun tepat di ujung bonnetnya terdapat emblem bertuliskan OMODA. Bukan cuma kap mesin, kalian juga dapat menemukan emblem OMODA lainnya di garnish belakang.

Oh iya, untuk varian GT sebelah kanan pintu bagasinya disematkan emblem bertuliskan 290T, sedangkan tipe RZ 230T.

Chery Omoda 5 GT

Interior Omoda 5 GT

Beranjak ke bagian dalam, antara Omoda 5 GT dengan Omoda 5 RZ juga memiliki sejumlah perbedaan. Seperti yang bisa dilihat pada varian GT kini mendapatkan aksen piano black serta door trim dengan material sfot touch mulai dari depan hingga belakang.

Selebihnya untuk fitur sama, seperti penggunaan head unit layar sentuh 20,5 inci ultra-clear Vision dengan Carplay dan Android Auto yang dipadukan 8 speaker garapan Sony 8, Intelligent Voice Assistant, kamera 360 derajat dan panoramic sunroof. Tak ketinggalan juga terdapat pengaturan kursi elektrik untuk pengemudi dan penumpang depan, serta kursi penumpang dengan ventilated seat.

Baca juga: Chery Omoda 5 EV Jadi Sorotan Pengunjung GIIAS Surabaya 2023 Banyak yang Order!

Fitur Keselamatan Omoda 5 GT dengan RZ Berbeda?

Chery Omoda 5 GT

Melihat daripada spesifikasi yang ditampilkan, untuk fitur keselamatan baik Chery Omoda 5 GT maupun varian RZ sepadan. Terlihat didalamnya tipe ini berhasil disematkan 6 airbags, ABS, EBD, Brake Assist System, Brake Override System, ESP (Electronic Stability Program), TCS (Traction Control), Hill-start Assist Control, dan Hill Descent Control.

Tidak berhenti sampai disitu fitur keselamatan otonom berupa ADAS juga tersedia mulai dari Autonomous Emergency Brake (AEB), Drive Away Warning (DAW), Rear Cross Traffic Alert (RTA), Integrated Cruise Assist (ICA), Traffic Jam Assist (TJA), Front Collision Warning (FCW), Blind Spot Warning (BSW), Emergency Lane Keeping (ELK), Lane Departure Prevention (LDP), Adaptive Cruise Control (ACC), Lane Departure Warning (LDW), dan terakhir Lane Keeping Assist (LKA).

Suspensi Belakang Omoda 5 GT Beda

Chery Omoda 5 GT

Suspensi Multi Link Omoda 5 GT

Mengenai sistem peredam kejut, di bagian depan baik Chery Omoda 5 GT maupun Omoda 5 RZ sama-sama menggunakan MacPherson Independent Suspension. Namun untuk bagian belakang, Omoda 5 GT mengaplikasikan Multi Link, sedangkan Omoda 5 RZ masih mengandalkan Twist Beam Independent.

Selain terasa nyaman, suspensi Multi Link yang ada pada lini terbaru Omoda 5 juga menghasilkan handling yang lebih rigid ketika dibawa menikung.

Baca juga: Chery Omoda 5 GT Siap Asapi Honda HR-V dkk

Mesin Omoda 5 GT Vs Omoda 5 RZ

Chery Omoda 5 GT

Mesin 1.6 TGDI

Chery Omoda 5 GT dibekali mesin 1.6 TGDI Turbocharger 4-silinder segaris yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 197 Hp dan torsi 290 Nm.

Pada Omoda 5 RZ, pabrikan menyematkan jantung pacu 1.5 TCI Turbocharger 4-silinder segaris dengan perolehan tenaga 145 Hp serta torsi puncak 230 Nm. Jadi, emblem bertuliskan 230T dan 290T yang ada di pintu belakang menggambarkan besaran torsi dari masing-masing tipe. 

Sebagai informasi, Omoda 5 GT memiliki 3 mode berkendara yang bisa disesuaikan dengan keinginan pengemudi, yaitu Eco, Normal dan Sport. Pada varian RZ, mobil ini hanya mendapatkan 2 moder berkendara, yaitu Eco dan Sport.

Omoda 5 GT Andalkan Transmisi DCT

Chery Omoda 5 GT

Transmisi DCT 7-percepatan

Perbedaan lainnya terletak pada sistem perpindah gigi. Dimana Omoda 5 GT menggunakan transmisi DCT 7-percepatan dengan menghasilkan gaya berkendara lebih agresif. Bicara varian RZ, mobil ini dipadukan transmisi CVT 9-percepatan.

Baca juga: Chery Omoda 5 Bakal Ada Varian Lebih Powerful dan EV

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Chery Omoda 5 Z 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil