window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Lebih Murah Rp10 Jutaan, New Wuling Almaz RS Pro Hybrid Ungguli Chery Omoda 5 GT

Enda · 6 Okt, 2023 14:01

New Wuling Almaz RS

Pesaing Chery Omoda 5 GT, kehadiran New Wuling Almaz RS Hybrid di Tanah Air cukup menggoda para pecinta mobil SUV.

Bagaimana tidak, selain usung teknolgi hybrid, mobi ini hadir dengan bentuk lebih futuristik sekaligus nyaman berkat fitur yang disematkan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Sekedar informasi, untuk harga New Almaz RS Pro Hybrid dibandrol Rp438 juta OTR Jakarta. Bicara Omoda 5 GT FWD, mobil ini diniagakan Rp448,8 juta.

Memiliki selisih harga Rp10 jutaan, pilih New Almaz RS Pro Hybrid atau Omoda 5 GT FWD?

Supaya tidak bingung, simak perbandingan spesifikasinya berikut ini.

Baca juga: Resmi Diluncurkan, Chery Omoda 5 GT Jadi Mobil AWD Termurah di Indonesia

Dimensi New Wuling Almaz RS Hybrid Vs Chery Omoda 5 GT

New Wuling Almaz RS belakng

Body New Almaz RS lebih panjang dari Omoda 5 GT

Bermain di segmen Medium SUV, New Wuling Almaz RS Hybrid memiliki panjang 4.670 mm, lebar 1.835 mm, serta tinggi mencapai tinggi 1.760 mm.

Untuk wheelbasenya 2.750 mm dengan ground clearance hingga 230 mm.  

Bicara Chery Omoda 5 GT, di atas kertas mobil ini memiliki panjang 4.400 mm, lebar 1.830 mm dan tinggi 1.588 mm.

Untuk wheelbase mencapai 3.050 mm serta ground clearance mencapai 220 mm.

Perbandingan Dimensi
Keterangan Chery Omoda 5 GT New Wuling Almaz RS Pro Hybrid
Panjang 4.400 mm 4.670 mm
Lebar 1.830 mm 1.835 mm
Tinggi 1.588 mm 1.760 mm
Wheelbase 3.050 mm 2.750 mm
Ground clearance 220 mm 230 mm

Fitur New Wuling Almaz RS Pro Hybrid Lebih Lengkap

New Wuling Almaz RS

Interior New Almaz RS Pro Hybrid 

Melihat fitur yang ada pada New Almaz RS Pro Hybrid, mobil ini dilengkapi head unit layar senuth 10,4 inci yang mendukung beragam konektivitas canggih.

Terkoneksi langsung dengan tombol yang ada pada lingkar kemudi, sistem hiburannya dipadukan dengan 9 speaker Infinity by Harman yang dapat menghasilkan suara premium.

Tak hanya itu, mobil ini juga mendapatkan meter cluster berupa MID TFT 7 inci dengan menampilkan informasi berkendara secara digital yang tampak canggih sekaligus informatif.

Lainnya, mobil ini dibekali dengan keyless entry, start/stop engine button, tilt & telescopic steering, multicolor ambient LED light, jok pengaturan elektrik, panoramic sunroof berukuran besar, wireless charging, serta AC dengan teknologi PM2.5 air filter dan ion-generator purifier yang dapat menjaga kualitas udara di kabin.

Bukan cuma itu saja, didalamnya mobil ini berhasil dilengkapi Wuling remote control app yang terintegrasi dengan aplikasi MyWuling+. Berkat adanya fasilitas Internet of Vehicle (IoV), pengguna dapat menjadikan smartphone guna mengontrol kendaraannya.

Beragam hal yang dapat dioperasikan melalui Internet of Vehicle antara lain membuka tutup jendela, memanaskan mesin, menyejukkan kabin, mengetahui lokasi mobil, sampai dengan geo fencing.

Selain itu, mobil ini juga tersematkan fitur yang dapat dikendalikan melalui perintah suara berbahasa Indonesia yang dinamai WIND (Wuling Indonesian Command). Dengan fitur ini pengguna bisa menjalankan beragam fitur di mobil hanya dengan mengucapkan perintah dalam bahasa Indonesia seperti; mengatur AC, buka tutup jendela, memutar musik dan masih banyak lainnya.

Chery Omoda 5 GT

Interior Chery Omoda 5 GT

Sekarang kita bandingkan dengan fitur Omoda 5 GT, mobil ini memiliki head unit lebih besar ketimbang New Almaz RS Hybrid dengan disematkannya layar 20,5 inci yang merupakan dynamic meter cluster sekaligus layar sentuh ultra-clear Vision.

Untuk sistem hiburan dengan format Carplay dan Android Auto tersebut dipadukan 8 speaker garapan Sony, Intelligent Voice Assistant, kamera 360 derajat dan panoramic sunroof.

Tak ketinggalan juga terdapat pengaturan kursi elektrik untuk pengemudi dan penumpang depan, serta kursi penumpang dengan ventilated seat.

Lainnya mobil ini mendapatkan material soft touch, dynamic multi color ambient light, dual zone AC control climate, tilt & telescopic steering, intelligent voice assistant, keyless entry, start/stop engine button, air filter PM.25, serta power tailgate pada pintu bagasi.

Untuk diketahui, secara kapasitas daya tampung New Wuling Almaz RS Hybrid sanggup menampung 7 orang sekaligus, sedangkan Chery Omoda 5 GT hanya dapat membawa 5 orang saja.

Baca juga: Harga Wuling New Almaz RS Pro Rp400 Jutaan, Begini Spesifikasi Lengkapnya

Sama-Sama Dilengkapi ADAS

Chery Omoda 5 GT

Seluruh varian Omoda 5 sudah pakai ADAS

Dari segi keselamatan berkendara, New Almaz RS Hybrid berhasil diaplikasikan 4 airbags, rem cakram semua roda dengan Antilock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD). Selanjutnya ada Electronic Stability Control (ESC), Traction Control System (TCS), Emergency Stop Signal (ESS), Hill Hold Control (HHC), Tire Pressure Monitoring System (TPMS), ISOFIX, 360 Camera, Front and Rear Parking Sensor.

Bukan cuma itu,  juga didukung dengan Advanced Drive Assistance System (ADAS) dengan memanfaatkan sensor kamera canggih yang didalamnya mencakup Adaptive Cruise, Lane Recognition, Safe Distance & Braking Assistance, dan Automatic light.

Kategori Adaptive Cruise meliputi Adaptive Cruise Control (ACC), Bend Cruise Assistance (BCA), Traffic Jam Assistance (TJA) with lane-keeping function, dan Intelligent Cruise Assistance (ICA) with lane-keeping function.

Kemudian terdapat Safe Distance Warning (SDW), Forward Collision Warning (FCW), Collision Mitigation System (CMS), Automatic Emergency Braking (AEB), dan Intelligent Hydraulic Braking Assistance (IHBA) yang terdapat dalam kategori Safe Distance & Braking Assistance.

Fitur Lane Departure Warning di kategori Lane Recognition pun siap membantu pengguna untuk berkendara aman dalam lajurnya. Selanjutnya kategori Automatic light ini mampu menyesuaikan secara otomatis ketinggian pancaran cahaya lampu utama.

Adapun fitur keselamatan di Omoda 5 GT FWD, mobil ini dilengkapi 6 airbags, ABS, EBD, Brake Assist System, Brake Override System, ESP (Electronic Stability Program), TCS (Traction Control), Hill-start Assist Control, dan Hill Descent Control.

Untuk fitur keselamatan ADAS yang disematkan keduanya mencakup Autonomous Emergency Brake (AEB), Drive Away Warning (DAW), Rear Cross Traffic Alert (RTA), Integrated Cruise Assist (ICA), Traffic Jam Assist (TJA), Front Collision Warning (FCW), Blind Spot Warning (BSW), Emergency Lane Keeping (ELK), Lane Departure Prevention (LDP), Adaptive Cruise Control (ACC), Lane Departure Warning (LDW), dan terakhir Lane Keeping Assist (LKA).

Chery Omoda 5 GT Fokus pada Performa

New Wuling Almaz RS

Mesin 2.000 cc Naturally Aspirated (NA) 4 silinder Atkinson Cycle milik Almaz RS Pro Hybrid

New Wuling Almaz RS Hybrid dibenamkan mesin berkapasitas 2.000 cc Naturally Aspirated (NA) 4 silinder Atkinson Cycle yang dipadukan motor listrik berjeniskan Permanent Magnet Synchronous Motor serta baterai Ternary Lithium-Ion (NMC) berkapasitas 1,8 kWh.

Penggabungan antara mesin 2.0L dengan motor listriknya yang dikawinkan transmisi Dedicated Hybrid Transmission (DHT) tersebut, sanggup memeras tenaga 125 PS di 5.600 rpm dengan torsi 168 Nm pada putaran 4.000-4.400 rpm.

New Almaz RS Hybrid termasuk dalam kategori series-parallel hybrid yang mendukung 3 mode penyaluran daya, yaitu EV Mode, Series Hybrid, dan Parallel Hybrid.

Menggunakan EV Mode, roda digerakan secara penuh oleh motor listrik yang mengambil energi dari baterai.

Sementara itu pada mode Series Hybrid, roda tetap digerakan oleh motor listrik, namun mesin bensin menyala untuk mengisi data listrik baterai via motor generator.

Pada mode Parallel Hybrid, mesin bensin dan motor listrik beroperasi secara bersamaan untuk menghasilkan performa yang maksimal namun efisien, dengan konsumsi BBM yang diklaim mencapai 19 km/liter.

Chery Omoda 5 GT

Mesin 1.600 cc TGDI Turbocharger 4-silinder segaris

Tidak seperti New Almaz RS Hybrid yang fokus terhadap efisiensi penggunaan bahan bakar, Chery Omoda 5 GT hadir sebagai SUV dengan performa tinggi.

Untuk jantung pacunya Omoda 5 GT dibekali mesin 1.600 cc TGDI Turbocharger 4-silinder segaris yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 197 Hp dan torsi 290 Nm.

Selanjutnya, putaran yang dihasilkan diatur menggunakan transmisi DCT 7-percepatan dengan tiga mode berkendara yaitu Eco, Normal dan Sport.

Kesimpulan

Selisih harga Rp10 jutaan, baik antara New Wuling Almaz RS Hybrid dengan Chery Omoda 5 GT AWD sama-sama memiliki fitur unggulan serta keselamatan berkendara yang sepadan.

Hanya saja dari segi kapasitas daya tampung penumpang New Almaz RS Hybrid sanggup membawa 7 orang sekaligus, beda dengan Omoda 5 GT yang hanya bisa memuat 5 orang saja.

Untuk mesin, Omoda 5 GT memiliki performa lebih buas sehingga cocok untuk kalian yang lebih menyukai kecepatan, tidak seperti New Almaz RS Hybrid yang fokus terhadap efisiensi berkendara.

Baca juga: Konsumsi BBM New Almaz RS Pro Hybrid Bisa Setara Calya-Sigra!

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Chery Omoda 5 Z 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil