window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Bukan Mobil Gaib, SUV Esemka Garuda Sudah Terlihat di Jalanan Pakai Pelat Nomor Jakarta

Prasetyo · 23 Mei, 2022 15:34

Bukan Mobil Gaib, SUV Esemka Garuda Sudah Terlihat di Jalanan Pakai Pelat Nomor Jakarta 01

  • Esemka Garuda merupakan model SUV dari Esemka.
  • Mobil ini terlihat menggunakan pelat nomor awalan B.
  • Kepemilikannya perusahaan dengan pajak tahunan Rp4,1 juta.

Mobil Esemka selama ini jadi bahan olok-olok warganet. Sebabnya, penampakan mobil ini di jalan raya amatlah jarang. Sehingga banyak yang mengira sebenarnya mobil Esemka tidak pernah di produksi dan dijual.

Namun akhir pekan lalu ramai beredar di media sosial Instagram mengenai penampakan SUV Esemka. Mobil yang dinamakan Esemka Garuda itu terlihat keberadaannya di jalan raya sedang mengantre dengan kendaraan lain.

Bukan Mobil Gaib, SUV Esemka Garuda Sudah Terlihat di Jalanan Pakai Pelat Nomor Jakarta 02

Kemungkinan lokasinya juag di Jakarta (foto: @hsbialhazmi)

Foto-foto ini terlihat pertama kali diunggah oleh akun Instagram @hsbialhazmi yang kemudian dimuat ulang oleh sejumlah akun lainnya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga : Apa Kabar Esemka? Sudah Terjual 300 Unit, Masih Model Pikap Bima 1.2 dan 1.3?

Mobil Esemka Bukan Cuma Pick Up

Bukan Mobil Gaib, SUV Esemka Garuda Sudah Terlihat di Jalanan Pakai Pelat Nomor Jakarta 01

Esemka Bima yang sudah mulai banyak digunakan instasi pemerintah

Perlu diketahui, Esemka merupakan mobil produksi PT Solo Manufaktur Kreasi. Diperkenalkan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) September 2019, Esemka saat itu menyediakan dua model. Keduanya adalah Esemka Bima 1.2 dan Esemka Bima 1.3 yang semuanya berjenis pick up.

Bukan Mobil Gaib, SUV Esemka Garuda Sudah Terlihat di Jalanan Pakai Pelat Nomor Jakarta 02

Esemka Garuda 1 yang tertangkap kamera sedang diangkut truk

Namun berselang beberapa bulan kemudian, ramai dipebincangkan tentang sosok SUV Esemka. Mobil ini dinamai Esemka Garuda. Sayangnya tak seperti Esemka Bima yang sudah digunakan sejumlah instansi dan lembaga pemerintahan di Boyolali, Esemka Garuda tak jelas nasibnya.

Esemka Garuda Jelmaan Foday Landfort

Bukan Mobil Gaib, SUV Esemka Garuda Sudah Terlihat di Jalanan Pakai Pelat Nomor Jakarta 03

Foday Landfort di Cina

Pasca muncul pertama kali, banyak yang menyebut Esemka Garuda sangat mirip dengan mobil buatan Cina, Foday Landfort. Ini adalah SUV dari Guangdong Foday Automobile Co., Ltd.

Mobil tersebut sudah dipasarkan di Tiongkok sejak November 2014. Ada dua varian mesin yang ditawarkan, pertama mesin bensin 2.4-liter serta mesin diesel turbo 1.9-liter.

Baca juga : Changan CS75 Plus Resmi Diperkenalkan, Kalau Masuk Indonesia Ganti Nama Jadi Esemka, Berminat?

Esemka Garuda yang Terlihat Ternyata Milik Perusahaan

Bukan Mobil Gaib, SUV Esemka Garuda Sudah Terlihat di Jalanan Pakai Pelat Nomor Jakarta 04

Pelat nomornya B dengan pajak Rp4 jutaan (foto: @indra_fathan)

Dikutip dari akun Instagram @indra_fathan, ternyata Esemka Garuda berwarna hitam yang tertangkap kamera itu atas nama perusahaan. Ini terkuak dari Informasi Data Kendaraan Bermotor Samsat DKI Jakarta.

Terlihat unitnya adalah yang menggunakan mesin diesel 1.850 cc bertransmisi manual (MT) dan menggunakan sistem penggerak 4x4. Mobil tersebut punya Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Rp199 juta. Sementara Pajak Kendaraan Bermotor (PKB)-nya Rp4,1 jutaan.

Baca juga : Bukan Mobil Gaib, Kepemilikan Esemka Semakin Mudah Untuk UMKM?

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil