window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Bukan Sekedar Aksen Identitas di Mobil, Ini Fungsi Grill yang Cukup Penting

Yongki Sanjaya · 30 Des, 2022 09:30

Bukan Sekedar Aksen Identitas di Mobil, Ini Fungsi Grill yang Cukup Penting 01

Setiap produsen otomotif berlomba-lomba untuk mendesain produknya agar tampil menarik. Salah satu aspek yang jadi daya tarik ialah bagian grill mobil. Ternyata, fungsi grill tidak cuma sebagai identitas brand, tapi juga ada banyak hal lain yang tak kalah penting. 

Grill pada mobil umumnya dapat menjadi pembeda dan ciri khas suatu merek mobil. Jaman dulu, grill mobil masih berbentuk persegi panjang yang dipasangkan secara vertikal.

Baca juga:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

FAQ: Mitsubishi New Xpander Cross Facelift 2021 Cuma Ubah Warna Grill Bikin Lebih Macho?

Desain Kendaraan Masa Depan Hadir Tanpa Grill, Pendinginannya Makin Canggih?

Dianggap Kuno, Hyundai Ogah Pakai Grill di Mobil Listrik Mereka

 Setelah itu, muncul pula grill dengan desain horizontal atau dengan frame trapezoidal. Sekarang ini, bentuk dan desainnya sudah semakin beragam. Misalnya seperti BMW menggunakan desain “kidney grill” ikoniknya.

Bukan Sekedar Aksen Identitas di Mobil, Ini Fungsi Grill yang Cukup Penting 01

Jelas fungsi dari grill depan mobil tidak hanya sebagai pemanis dan aksesoris saja. Terdapat fungsi lain dari grill mobil yang lebih krusial hingga membuat pabrikan begitu fokus mengembangkan desainnya agar serba proporsional. 

Tampilan grill varian ini semakin sempurna dengan kehadiran headlamp yang desainnya kini serba sipit. Tentu saja, dengan desain grill modern ini telah disesuaikan untuk kalian kaum milenial. Lantas, apa saja fungsi penting grill mobil yang kadang terlupakan? Berikut ini uraiannya. 

1. Fungsi Grill Untuk Melindungi Korban yang Tertabrak Mobil Dari Cidera

Bukan Sekedar Aksen Identitas di Mobil, Ini Fungsi Grill yang Cukup Penting 02

Tahukah kalian kenapa mobil baru punya titik crumple zone di bagian depan? Pasti kalian sering melihat saat terjadi tabrakan depan, grill dan kap mesin dapat dengan mudah penyok bahkan ringsek. Salah satu alasannya adalah untuk melindungi korban manusia. 

Material grill dibuat sedemikian rupa agar bisa menyerap energi benturan terhadap manusia. Dengan demikian, hantaman yang dirasakan manusia tidak terlalu parah untuk meminimalkan dampak cidera. Seringkali kap mesin termasuk grill langsung ringsek usai menabrak pejalan kaki walau dalam kecepatan yang relatif rendah. 

2. Fungsi Grill Mobil Sebagai Saluran Masuk Udara yang Mendinginkan Mesin

Bukan Sekedar Aksen Identitas di Mobil, Ini Fungsi Grill yang Cukup Penting 03

Hal umum yang pasti kalian sudah pahami ialah di balik bilah grill terdapat lubang udara yang cukup besar. Jelas fungsinya untuk saluran masuk udara yang akan mendinginkan mesin melalui radiator. 

Udara segar akan masuk melalui lubang saat mobil berjalan. Dengan begini temperatur mobil dalam ruang mesin akan terjaga dengan baik. Apabila grill ditutup, maka aliran angin tidak masuk dengan baik lewat lubang-lubang pada grill.

Ketika udara tidak bisa masuk dengan leluasa pada lubang grill, maka temperatur mesin mobil akan meningkat secara drastis. Kemudian membuat mesin mengalami overheat, hingga mobil bisa saja mogok. 

3. Mendukung Aspek Aerodinamika yang Pada Akhirnya Performa Meningkat

Bukan Sekedar Aksen Identitas di Mobil, Ini Fungsi Grill yang Cukup Penting 04

Grill mobil juga berfungsi untuk mendukung sisi aerodinamis pada mobil. Hal ini pada akhirnya akan menunjang kinerja mobil secara keseluruhan. 

Saat ini desain grill tak cuma membuka lubang untuk mengalirkan udara ke bagian mesin, tapi juga memecah ke berbagai sisi. Hal ini bertujuan supaya udara yang menabrak area depan mobil dialihkan ke sisi samping atau bagian atas mobil.

Adanya rongga pada grill tentu memungkinkan masuknya banyak udara dan hal ini membuat hambatan udara menjadi lebih besar. Namun jika grill bisa membelah angin, maka mobil akan menjadi lebih aerodinamis.

Apabila udara terlalu banyak yang masuk ke dalam grill, maka semakin besar hambatan mobil saat melaju dalam kecepatan tinggi. Hal ini dapat mengurangi sisi aerodinamis mobil, sehingga performa jadi tak optimal. 

 

 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil