window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Bukan Sulap! Sony Bikin Mobil Listrik Super Canggih, Mobilnya Jalan di Jerman tapi Supirnya di Jepang

Adit · 19 Jan, 2022 18:08

Bukan Sulap! Sony Bikin Mobil Listrik Super Canggih, Mobilnya Jalan di Jerman tapi Supirnya di Jepang 01

Mobil listrik otonom Sony mulai diuji jalan
  • Sony berhasil ciptakan mobil yang bisa dikendalikan jarak jauh
  • Mobilnya di Jerman, tapi pengemudinya di Jepang
  • Mobil listirk Sony berkolaborasi dengan perusahaan telekomunikasi, Vodafone

Perusahaan teknologi Sony tak ingin ketinggalan berinovasi di dunia otomotif. Bahkan Sony telah membuat gebrakan baru. Sony Vision-S, platform mobil listrik ciptaannya dapat dikendalikan dari jarak jauh, seperti halnya sebuah mobil remote control. Teknologi ini memungkinkan mobilnya di Jerman, pengemudinya di Jepang.

Mobil listrik Sony mencoba beda dari pabrikan otomotif lain yang tengah mengembangkan terobosan berupa kendaraan otonom. Lewat kendali jarak jauh, yang notabene tentunya menggunakan koneksi jaringan termutakhir, telah membuktikan sinergi teknologi dan mobilitas kian berkembang pesat. 

Bukan Sulap! Sony Bikin Mobil Listrik Super Canggih, Mobilnya Jalan di Jerman tapi Supirnya di Jepang 02

Mobil konsep Sony Vision-S

Baca Juga: Ini Daftar Negara yang Hentikan Penjualan Mobil Konvensional, Indonesia Kapan Ya?

Usut punya usut, perusahaan yang didirikan sejak 1946 itu memanfaatkan jaringan standar telekomunikasi seluler terbaru, 5G, yang ditanamkan ke mobil, sehingga pengemudi maupun penumpang dapat mengakses layanan online berbasis cloud. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Dengan cara itu, maka setiap orang yang duduk di dalam mobil bisa menikmati hiburan melalui media streaming film maupun musik yang belakangan ini digemari banyak orang, hingga bermain game online juga dapat dilakukan dengan mudah. 

Bukan Sulap! Sony Bikin Mobil Listrik Super Canggih, Mobilnya Jalan di Jerman tapi Supirnya di Jepang 01

Kendali mobil dilakukan oleh pengemudi di Jepang, sementara mobilnya di Jerman

Hanya saja bagi Sony, semua layanan tadi sudah terlalu umum. Banyak pabrikan yang telah menyediakannya sebagai kelengkapan standar. Oleh karena itu Sony kembali berkreasi lagi supaya tidak terbatas sebagai hiburan, melainkan juga bisa menjadi teknologi terbarukan. 

Kolaborasi Mobil Listrik Otonom Sony dengan Vodafone

Sehingga hadirlah kendali mobil jarak jauh yang dibenamkan pada mobil prototipe mereka, Sony Vision-S. Tak sendiri, Sony berkolaborasi dengan perusahaan telekomunikasi Vodafone Germany untuk bisa merealisasikan ide tersebut, sembari mengampanyekan koneksi 5G. 

Bukan Sulap! Sony Bikin Mobil Listrik Super Canggih, Mobilnya Jalan di Jerman tapi Supirnya di Jepang 02

Perangkat kemudi layaknya simulator berkendara

Ternyata uji coba mobil remote control yang dapat diisi orang itu sudah dilakukan sejak April 2021. Kedua perusahaan ini kemudian terus mempelajari soal karakteristik jaringan 5G bila diterapkan pada sektor mobilitas. 

Baca Juga: Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5 Bakal Diproduksi Dalam Negeri, Meluncur Maret 2022?

Mobilnya di Jerman, Pengemudinya di Jepang

Uniknya, pengetesan gerak jalan mobil dilakukan di Jerman, di sebuah lintasan di Aldenhoven. Sedangkan pengemudinya berada di Tokyo, Jepang lokasi markas Sony Corporation yang jaraknya terpaut sekitar 9.363 kilometer!

Bukan sulap bukan sihir, pengujiannya dapat dikatakan berhasil. Dua perusahaan ini bisa membuat mobil Sony Vision-S melaju sampai kecepatan 61 km/jam menggunakan pedal perangkat sejenis simulator berkendara yang terdiri dari setir dan pedal akselerator. 

Bukan Sulap! Sony Bikin Mobil Listrik Super Canggih, Mobilnya Jalan di Jerman tapi Supirnya di Jepang 03

Saat stik setir di belokkan, maka setir di mobil juga ikut belok

Jadi pengemudi di Jepang tetap mengendalikan setir dan pedal tadi, sambil memperhatikan layar monitor yang memperlihatkan visibilitas mobil yang berada di Jerman. Di sinilah peran koneksi 5G yang dikombinasikan sistem telematika pada Sony Vision-S 01.  

Hasil pengetesan ini juga merupakan bagian dari penelitian dalam hal pengembangan teknologi kontrol kecepatan dengan bahasa pemrograman, kemudian dipadukan koneksi yang cepat dan stabil, serta datanya yang berasal dari video real time.

Sebagai aspek keamanan, tetap ada pengemudi di dalam mobil untuk memantau kondisi terkini, serta dapat langsung mengiterupsi operasional kendaraan apabila mobil bergerak di luar kendali. Tengok saja pada video demonstrasinya, pengemudi di dalam mobil tak menyentuh lingkar kemudi tapi tetap bisa menikung. 

Bukan Sulap! Sony Bikin Mobil Listrik Super Canggih, Mobilnya Jalan di Jerman tapi Supirnya di Jepang 04

Tetap ada pengemudi yang memantau dan menjaga operasional mobil manaka di luar kendali

Tentu bakal menarik apabila inovasi Sony ini dapat direalisasi. Apalagi untuk pengembangan balapan virtual yang lebih real, ataupun untuk mendukung aktivitas distribusi logistik yang tersistemasi. 

Kapan direalisasi? Mari nantikan bersama setelah perusahaan mengenalkan mobil konsep terbaru Sony Vision-S 02 di pameran CES 2022 lalu. Terlebih pemanufaktur ini telah membentuk perusahaan baru Sony Mobility sebagai penetrasi terjun ke dunia otomotif khususnya segmen mobil listrik. 

Baca Juga: Tol Gedebage-Cilacap Dibangun Tahun Ini, Calon Tol Terpanjang Selanjutnya di Indonesia

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil