Bukti Kualitas Mobil China, Lynk & Co 01 Dapat Bintang Lima di Uji Tabrak Euro NCAP

Evan · 13 Okt, 2021 11:06

Bukti Kualitas Mobil China, Lynk & Co 01 Dapat Bintang Lima di Uji Tabrak Euro NCAP 01

Mobil pabrikan China seringkali dikaitkan dengan kualitas yang buruk, hanya karena harganya lebih murah ketimbang kompetitornya dari Jepang ataupun Eropa. Padahal berbagai pengujian tentu diperlukan pada tiap produk sebelum dilepas ke pasaran, termasuk juga uji tabrak.

Pengujian berupa uji tabrak dilakukan untuk mengetahui seberapa kuat kemampuan mobil tersebut melindungi seluruh penumpang di dalamna saat terjadi benturan keras.

Lembaga resmi di dunia yang diperbolehkan untuk melakukan uji tabrak tadi antara lain New Car Assessment Programme(NCAP), dan khusus untuk negara-negara di Eropa berpedoman pada Euro NCAP. 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Baru-Baru ini Euro NCAP mengumumkan hasil uji tabrak terbarunya pada kendaraan Lynk & Co 01 yang merupakan buatan Luqiao, Zhejiang, Cina. Hasilnya diluar dugaan, mendapatkan full bintang lima.

Baca juga :Pabrikan Mobil Cina Main Roda Dua, Basisnya Pakai Motor Cina Juga

Lynk & Co 01, SUV yang Menyasar Kelas Premium

Bukti Kualitas Mobil China, Lynk & Co 01 Dapat Bintang Lima di Uji Tabrak Euro NCAP 01

Bagi yang masih asing dengan pabrikan satu ini, Lynk & Co sendiri merupakan pabrikan dibawah naungan Geely Group, bekerja sama dengan pabrikan asal Swedia yakni Volvo Auto Group. 

Tujuan pabrikan ini sederhana, mengembangkan kendaraan ramah lingkungan sebagai alternatif dari model premium brand Eropa seperti Mercedes-Benz dan BMW dengan harga yang lebih terjangkau. 

Bukti Kualitas Mobil China, Lynk & Co 01 Dapat Bintang Lima di Uji Tabrak Euro NCAP 02

Lynk & Co 01 merupakan satu diantaranya, SUV kompak ini bersaing ketat dengan nama-nama besar, seperti Mercedes-Benz GLA Class, BMW X1, dan juga Audi Q3.

Memakai platform Compact Modular Architecture (CMA) yang sama seperti Volvo XC-40, 01 ditawarkan dalam empat model dan dua pilihan mesin.

Bukti Kualitas Mobil China, Lynk & Co 01 Dapat Bintang Lima di Uji Tabrak Euro NCAP 03

Pada uji tes tabrak kali ini, mobil Lynk & Co 01 yang digunakan menggendong mesin hybrid berkode JLH-3G15TD dengan kubikasi 1.500 cc Turbo, dibantu motor listrik guna menghasilkan total output 190 PS dan torsi 300 Nm.

Baca juga: Wah... Carsome di Malaysia Jadi Importir Tesla, Model 3 Bisa Kredit Sampai 9 Tahun!

Perlindungan Terhadap Penumpang Sangat Baik

Bukti Kualitas Mobil China, Lynk & Co 01 Dapat Bintang Lima di Uji Tabrak Euro NCAP 04

Dalam uji tabrak Euro NCAP, perolehan nilai Lynk & Co 01 terbilang sangat baik dan berhak mendapatkan bintang lima. Penilaian ini berdasarkan empat kategori perlindungan, yakni dewasa, anak-anak, pejalan kaki, dan sistem ADAS.

Mampu mencatatkan angka 96% untuk perlindungan penumpang dewasa. Angka ini didapatkan 01 karena mampu melindungi area vital tubuh, ditambah dengan penggunaan airbag tengah yang terpasang di kursi pengemudi, mengurangi cedera di bagian kepala.

Bukti Kualitas Mobil China, Lynk & Co 01 Dapat Bintang Lima di Uji Tabrak Euro NCAP 05

Selanjutnya perolehan sebesar 87% bagi perlindungan penumpang anak-anak, lewat pengaplikasian ISOFIX dan airbag samping sebagai standar. 

Perolehan 71% diberikan untuk perlindungan pengguna jalan yang rentan tertabrak. Angka yang cukup baik ini didasarkan teknologi Autonomous Emergency Braking (AEB) dan kap mesin yang lebih fleksibel.

Bukti Kualitas Mobil China, Lynk & Co 01 Dapat Bintang Lima di Uji Tabrak Euro NCAP 06

Sedangkan capaian 81% pada evaluasi sistem bantuan Safety Assist meliputi Speed Assistance, Occupant Status Monitoring, Lane Support, dan AEB Car to Car. Di pengujian Safety Assist, mobil mengandalkan  gabungan kamera dan radar.

Sama seperti Honda dengan Honda Sensing (HS) dan Toyota melalui Toyota Safety Sense (TSS), Lynk & Co menyebutnya sebagai CoPilot.

Baca juga: Geely Boyue X, Kembaran Proton X70 yang Lebih Sporty dari Mazda CX-5

Pertama Kali Mobil Hybrid China Dapat Bintang Lima

Bukti Kualitas Mobil China, Lynk & Co 01 Dapat Bintang Lima di Uji Tabrak Euro NCAP 07

Setelah tahun lalu Euro NCAP mengadopsi standar baru yang lebih sulit dari sebelumnya, belum ada pabrikan asal China yang berani menguji kendaraan mereka, kecuali Lynk & Co 01. Terakhir kali di tahun 2019 lewat pabrikan MG yang melakukan pengujian pada ZS EV. Saat itu ZS EV juga mencatatkan hasil bintang lima.

Bukti Kualitas Mobil China, Lynk & Co 01 Dapat Bintang Lima di Uji Tabrak Euro NCAP 08

Makanya tak heran pabrikan satu ini sangat mengapresiasi hasil yang mereka terima, sampai-sampai menuliskan cuitan di salah satu media sosial dengan tulisan "keselamatan tidak seharusnya jadi tambahan opsional".

Menjadi langkah baru yang harusnya membuka pemikiran calon konsumen, bahwa mobcin itu aman dan justru meraih angka tertinggi dari pengujian yang terkenal sangat sulit.

Bukti Kualitas Mobil China, Lynk & Co 01 Dapat Bintang Lima di Uji Tabrak Euro NCAP 09

Hasil ini juga menjadikan 01 sebagai SUV Hybrid pertama dari China yang mencatatkan perolehan bintang lima, karena mayoritas lainnya merupakan mobil listrik seperti NIO ES8 dan MG ZS EV.

Karena syarat uji tabrak sebagai jalan untuk menjual produk telah terpenuhi, langkah Lynk & Co sebagai pabrikan baru yang ekspansi ke Eropa makin mulus.

Baca juga: Zeekr 001, Mobil Listrik Cina dari Geely yang Mirip Porsche Panamera Ini Lagi Laris Manis

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Mitsubishi Xpander GLX M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru