window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Bus Listrik Tanpa Sopir Kembali Beroperasi di Kawasan BSD

Prasetyo · 10 Okt, 2022 18:04

Bus Listrik Tanpa Sopir Kembali Beroperasi di Kawasan BSD 01

  • Bus listrik otonom kembali uji coba di kawasan BSD City, Tangerang, Banten.
  • Bus listrik Navya Autonom ini untuk shuttle bus di BSD Green Office Park.
  • Masyarakat umum boleh naik tapi unduk aplikasi mobile terlebih dahulu.

Kawasan BSD City, Tangerang Banten, kembali mengoperasikan autonomous electric vehicles (AV) pertama di Indonesia. Bernama Navya Autonom, bus ini akan menjalani tugas sebagai shuttle bus di kawasan BSD Green Office Park (GOP).

Sebenarnya uji coba bus listrik Navya Autonom bukan kali pertama. Sebelumnya di periode Mei-Juli 2022 bus tanpa awak sopir itu juga telah menjadi shuttle bus. Namun lokasi yang dipilih adalah kawasan perbelanjaan QBig BSD City. Adapun pengujian kedua di GOP ini akan berlangsung hingga 5 Januari 2023.

Bus Listrik Tanpa Sopir Kembali Beroperasi di Kawasan BSD 02

Uji coba di BSD Green Office Park

"Perkembangan ekosistem kendaraan listrik tanpa awak ini memperkuat semangat untuk mewujudkan komitmen Sinar Mas Land dalam menjawab solusi akan kendaraan yang rendah emisi karbon serta mendorong kehidupan yang berkelanjutan," kata Irawan Harahap, Chief Digital Tech Ecosystem & Development Sinar Mas Land dalam keterangan tertulisnya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Bus Listrik Navya Arma Mulai Beroperasi di BSD, Gak Perlu Pakai Sopir

Spesifikasi Bus Listrik Navya Autonom

Navya Autonom Shuttle Bus memiliki penggerak listrik dan battery pack berkapasitas 33 kWh yang dapat bertahan selama 9 jam. Kendaraan listrik tersebut memiliki kapasitas penumpang 15 orang, dengan pembagian 11 duduk dan 4 berdiri. 

Bus Listrik Tanpa Sopir Kembali Beroperasi di Kawasan BSD 01

Bisa angkut 15 penumpang

Bus listrik Navya Autonom juga sudah dilengkapi dengan beragam sensor. Mulai dari pemanfaatan GNSS (Global Navigation Satellite Systems) serta sensor LIDAR (Light Radar) yang digabungkan dengan kamera resolusi tinggi untuk big data analysis.

Dengan alat tersebut bus dapat mendeteksi, melacak dan mengklasifikasi halangan di sekitar secara real time untuk menentukan lintasan dan profil kecepatan yang optimal, termasuk kemampuan akselerasi, kemudi, dan pengereman secara otomatis.

Baca juga: Bukan Cuma Mobil Listrik Pabrikan Luar Negeri, Bus Listrik Madiun Juga Ikutan di KTT G20 Bali

Kerjasama dengan Mitsubishi

Bus listrik otonom ini beroperasi setiap hari Selasa-Minggu pukul 10.00 hingga 17.00 WIB. Irawan menuturkan inisiatif ini merupakan kelanjutan dari kemitraan strategis antara Sinar Mas Land dan Mitsubishi Corporation, didukung pendanaan dari JICA, Mitsubishi Corporation bersama dengan MACNICA Inc.

Bus Listrik Tanpa Sopir Kembali Beroperasi di Kawasan BSD 02

Beberapa negara lain juga sudah gunakan Navya Autonom Bus

Calon penumpang perlu melakukan pendaftaran dan mengisi survei sebelum dan sesudah menikmati kendaraan. Caranya cukup unduh dan pasang aplikasi OneSmile yang tersedia di Apple App Store maupun Google Playstore. Bagi masyarakat yang membawa anak-anak bisa mencoba kendaraan listrik otonom ini dengan ketentuan tinggi badan anak minimal 120 cm dan didampingi oleh orang tua.

Baca juga: Pertama di Indonesia! Transjakarta Mulai Pakai Bus Listrik untuk Rute Reguler, Ongkosnya Tetap

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia