window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

BYD Atto 3 Masuk Pasar Jepang, Tapi Kualitasnya Masih Diragukan

Prasetyo · 6 Feb, 2023 09:05

BYD Atto 3 Masuk Pasar Jepang, Tapi Kualitasnya Masih Diragukan 01

BYD Atto 3 sukses menggemparkan beberapa negara di Asia. Bahkan di Thailand, konsumen rela antre hingga larut malam untuk bisa memesan unit mobil listrik asal pabrikan Cina ini.

Dan mulai Januari 2023, Atto 3 merambah ke pasar Jepang. Ini menjadi mobil pertama BYD yang resmi masuk Negeri Sakura itu. Bersamaan pengumuman masuknya Atto 3, BYD pun membuka dealer resmi pertamanya di Yokohama.

Baca juga: SUV Listrik BYD Segera Hadir di Thailand, Apakah Indonesia Juga Menyusul?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Kualitas BYD Atto 3 Diragukan

BYD Atto 3 Masuk Pasar Jepang, Tapi Kualitasnya Masih Diragukan 01

Sangat sukses di Thailand

Lantaran sudah ada dealer resminya, pihak perusahaan pun menyediakan beberapa unit test drive. Konsumen yang berminat bisa langsung menghubungi pihak showroom tersebut untuk mengatur jadwal uji coba mobil baru ini.

Namun niat BYD untuk mencoba bersaing dengan Toyota, Honda, atau Suzuki dicibir masyarakat Jepang. Beberapa netizen di negara tersebut meragukan kualitas mobil buatan Cina. Misalnya ada satu cuitan di media sosial yang mempertanyakan bagaimana jika mobil tersebut tiba-tiba mogok.

BYD Atto 3 Masuk Pasar Jepang, Tapi Kualitasnya Masih Diragukan 02

Showroom BYD di Yokohama

"Saya ingin tahu apa yang harus dilakukan jika kendaraan ini mogok? Mobil listrik buatan Jepang sulit diperbaiki, dan kalau mobil negara lain pasti akan lebih mengerikan," tulis satu warganet dikutip dari Autohome, Senin (06/02/2023).

Netizen lain menuliskan, "Mengingat mobil baru ini baru saja diluncurkan, hampir tidak ada fasilitas pengisian daya. Sebaiknya wait and see selama beberapa tahun."

BYD Atto 3 Masuk Pasar Jepang, Tapi Kualitasnya Masih Diragukan 03

Tampilan belakangnya

Beberapa netizen juga mengatakan lebih baik menggunakan mobil Jepang. "Tidak ada pabrikan yang dapat mengalahkan keandalan mobil Jepang, tidak peduli seberapa keras perusahaan mobil Cina berusaha."

Baca juga: BYD Atto 3 Diserbu di Thailand, Konsumen Rela Antre di Dealer Sampai Jam 4 Pagi

BYD Ingin Konsumen Tes Dulu Baru Beli

Tofukuji Atsuki, President BYD Japan Co., Ltd., menanggapi komentar-komentar negatif ini. Menurut dia, konsumen bisa saja menanggapi dengan cara yang tidak biasa. "Bagi orang berusia sekitar 60 tahun yang mirip dengan saya, meskipun murah, masih akan mengkhawatirkan kualitas produk mobil Cina," ujarnya.

BYD Atto 3 Masuk Pasar Jepang, Tapi Kualitasnya Masih Diragukan 04

BYD targetkan bisa bangun 100 dealer di Jepang

Ia pun menegaskan, konsumen sebaiknya tes dulu baru berkomentar. Karenanya BYD pun berencana membuka 100 dealer baru lagi hingga 2025 serta menyediakan banyak mobil test drive.

Adpaun beberapa konsumen Jepang yang pernah mencoba mobil ini mengatakan bahwa mereka sangat tertarik. "Lebih seperti produk elektronik daripada mobil, dan sangat murah serta terlihat sangat mewah." kata sebagian yang sudah coba BYD Atto 3.

BYD Atto 3 Masuk Pasar Jepang, Tapi Kualitasnya Masih Diragukan 05

Tampilan interiornya

Beberapa konsumen lain mengatakan setelah test drive bahwa mobil baru itu senyap dan terasa luar biasa. "Sedikit terkejut! Sama sekali tidak terasa seperti mobil Cina."

Kalau Anda apakah sudah percaya kualitas produk mobil Cina?

Baca juga: Bukan Cuma Chery, Mobil China BYD Juga Bakal Bangun Pabrik di Indonesia

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil