window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Deretan Mitos Menghilangkan Ngantuk Saat Mengemudi yang Nyatanya Salah!

Dito · 27 Apr, 2023 09:05

Deretan Mitos Menghilangkan Ngantuk Saat Mengemudi yang Nyatanya Salah! 01

Kelelahan dan muncul rasa kantuk menjadi salah satu faktor terjadinya kecelakaan lalu lintas. Beberapa pengemudi pun terkadang punya trik untuk menunda atau menghilangkan rasa ngantuk saat dalam perjalanan jauh. Tapi ternyata banyak mitos menghilangkan ngantuk saat mengemudi yang kerap dilakukan. Apa saja?

Minum Kopi Bisa Menghilangkan Ngantuk?

Deretan Mitos Menghilangkan Ngantuk Saat Mengemudi yang Nyatanya Salah! 02

Mitos pertama yang banyak dilakukan oleh pengemudi ialah minum kopi berlebihan. Memang kandungan kafein yang terdapat dalam kopi meningkatkan detak denyut jantung yang membuat fisik lebih tegang. Tapi ternyata minum kopi termasuk mitos menghilangkan ngantuk karena hanya membuat Anda serasa terjaga padahal secara fisik sudah lemah.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga : Viral Toyota Avanza Dipepet 2 Innova Reborn dari Lajur Kiri dan Bahu Dalam Jalan Tol

Salah Kaprah, Merokok Termasuk Mitos

Deretan Mitos Menghilangkan Ngantuk Saat Mengemudi yang Nyatanya Salah! 01

Banyak yang mengatakan merokok bisa menghilangkan ngantuk saat lelah mengemudi. Padahal rokok mengurangi kadar oksigen dalam darah dan otak yang membuat tubuh justru akan lebih cepat lelah. Jadi bisa dikatakan merokok tidak efektif untuk menjaga mata tetap melek dan fokus saat mengemudi. 

Ngebut Justru Berbahaya

Deretan Mitos Menghilangkan Ngantuk Saat Mengemudi yang Nyatanya Salah! 02

Mitos lainnya yang juga sering dilakukan ialah mengebut di jalan untuk memacu adrenalin dan membuat Anda terjaga. Tapi justru cara ini termasuk dalam mitos paling berbahaya dan tidak ada efek apapun. Tubuh akan tetap terasa lelah dan rasa kantuk masih akan ada sepanjang perjalanan.

Baca juga : Toyota Avanza dan Kijang Innova Masih Jadi MPV Favorit di Indonesia

Menyalakan Musik Keras

Deretan Mitos Menghilangkan Ngantuk Saat Mengemudi yang Nyatanya Salah! 03

Kerasnya volume musik pada mobil tidak menjamin Anda tetap terjaga dan menghilangkan kantuk. Mendengarkan musik keras bila monoton pun tetap membuat Anda akan tetap mengantuk dalam perjalanan ketika tubuh sudah lelah. Bahkan ini menjadi berbahaya karena suara klakson dari mobil di belakang jadi tidak terdengar.

Cara Tepat Menghilangkan Ngantuk Saat Mengemudi

Mitos yang dipaparkan di atas tidak membuat rasa ngantuk hilang. Namun dalam sebuah studi disimpulkan bahwa tidur selama 15-30 menit bisa menghilangkan rasa kantuk saat berkendara. 

Deretan Mitos Menghilangkan Ngantuk Saat Mengemudi yang Nyatanya Salah! 04

Melansir New York Times, sebuah penelitian dilakukan dengan membandingkan pengendara yang mengantuk dan beristirahat tidur dengan pengemudi yang beristirahat cukup disertai minum secangkir kopi.

Dalam penelitian tersebut terbukti tidur 15-30 menit dapat memperbaiki kewaspadaan dan kemampuan pengemudi lebih baik ketika badan sudah terasa lelah. Bahkan bisa lebih baik ketika selesai beristirahat ditambah meminum secangkir kopi.

Baca juga : 8 Aplikasi Penting yang Wajib Dimiliki Saat Mudik Lebaran 2023

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil