window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Deretan Mobil Listrik yang Layak Ditunggu di Indonesia, Bukan Cuma BYD atau VinFast

Herdi · 22 Jan, 2024 09:01

mobil listrik indonesia

Pasar otomotif nasional kini semakin banyak dijejali sejumlah pabrikan kendaraan bermotor yang menawarkan mobil listrik di Indonesia berbasis baterai atau Battery Electric Vehicle (BEV).

Terakhir, raksasa otomotif asal China, Build Your Dream (BYD) secara resmi hadir di Indonesia dengan meluncurkan tiga produk mobil listrik sekaligus yaitu BYD Dolphin, BYD Atto 3 dan BYD Seal.

Meski belum terbukti bagaimana nasib penjualan di Indonesia, namun dengan nama besar sebagai produsen mobil listrik berskala global, BYD punya modal kuat untuk bisa bersaing, terlebih menghadapi berbagai brand otomotif dari Jepang. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: BYD Resmi Masuk Indonesia, 3 Mobil Listrik Jadi Jagoannya

mobil listrik indonesia byd

Bicara soal mobil listrik Indonesia, sejatinya tren ini semakin berkembang dan tidak hanya di dalam negeri saja tapi di seluruh dunia.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), dari puluhan brand kendaraan bermotor yang telah melakukan penjualan selama 2023, beberapa diantaranya sudah mengeluarkan mobil listrik.

Mobil listrik yang saat ini telah dijual yaitu berasal dari BMW (iX dan i4), DFSK (Seres A1 dan Gelora e), Hyundai (IONIQ 5 dan IONIQ 6), KIA (EV6 dan EV9), Lexus (RZ 450 e dan UX300e), Mercedes-Benz (EQA, EQB, EQS Edition One), MINI ( Electric), MG (5 EV dan ZS EV), Neta (V), Nissan (Leaf), Renault (Zoe), Toyota (bZ4x), dan Wuling (Air ev dan Binguo EV).

Baca juga: Cara Derek Mobil Listrik yang Benar, Salah-salah Berakibat Fatal!

charger mobil listrik indonesia

Populasi mobil listrik Indonesia terus berkembang

Kabarnya, masih ada lagi brand otomotif yang siap hadir di Indonesia membawa mobil listrik yaitu dari Vinfast dan juga Ora yang merupakan bagian dari Great Wall Motor (GWM). 

Selain itu, brand-brand otomotif yang sudah disebutkan di atas, juga akan menambah koleksi mobil listriknya di Indonesia. 

Adapun hingga artikel ini dibuat, beberapa brand otomotif yang sudah lama ada di Indonesia namun belum menjual mobil listriknya yaitu:

Audi

Karena berdasarkan abjad, merek mobil pertama yang perlu dibahas adalah Audi, dimana mobil ini masuk dalam kategori mobil premium di Indonesia. 

Audi memang merek mobil canggih, namun di Indonesia pamornya kurang dan produk yang ditawarkan juga tidak terlalu update, termasuk model mobil listrik. 

Padahal ada model mobil listrik Audi yang ternyata cukup laris di kelasnya. Ya, mobil listrik yang bisa saja dibawa ke Indonesia, yaitu Q4 e-tron dan Q8 e-tron. 

Bahkan kabarnya, Audi juga akan meluncurkan banyak mobil listrik lainnya, termasuk di tahun ini akan ada model Q6 e-tron.

Daihatsu

mobil listrik indonesia daihatsu ayla

Mungkin saja Ayla EV dijadikan produksi massal

Daihatsu jadi salah satu brand yang sangat percaya dengan pasar Indonesia, mereka tidak sekadar menjual produknya, tapi juga melakukan proses produksi hingga Research and Development (RnD) di Tanah Air. 

Meski belum menjual mobil listrik, Daihatsu nyatanya pernah memamerkan mobil listrik berupa konsep yang disebut Ayla EV dan Vizion-F. 

Honda

mobil listrik indonesia honda e

Sudah beberapa kali diperkenalkan, ada kemungkinan Honda E dijual di Indonesia

Sejumlah produk mobil Honda, khususnya desain dan performa yang ditawarkan kerap mengundang perhatian konsumen di Tanah Air.

Hanya saja untuk mobil listrik, Honda belum menjual nya, meski sudah menjual Honda e di Jepang di Tanah Air. Akan tetapi Honda juga punya mobil listrik berstatus konsep yaitu SUV e:Prototype.

Suzuki

Deretan Mobil Listrik yang Layak Ditunggu di Indonesia, Bukan Cuma BYD atau VinFast 05

eVX Concept debut di India

Di pasar otomotif nasional, Suzuki jadi brand yang cukup familiar namun belum mau menawarkan produk mobil listrik di Indonesia. 

Saat ini mobil elektrifikasi andalan berupa Ertiga, XL7 dan Grand Vitara, itu pun teknologinya masih middle hybrid. 

Akan tetapi, Suzuki disebut-sebut punya calon mobil listrik yaitu eVX Concept yang konon akan diproduksi di Maruti Gujarat India. 

Mitsubishi

mobil listrik indonesia mitsubishi

Diproduksi di Indonesia namanya jadi Minicab EV

Mitsubishi juga jadi pabrikan yang cukup vokal di Indonesia, dengan beragam mobilnya ke SUV-SUV'an. 

Hanya saja, perusahaan dengan logo tiga berlian belum menjajakan mobil listrik.

Akan tetapi, di tahun 2024 ini Mitsubishi sejatinya akan meresmikan peluncuran mobil listrik baru yaitu yaitu Minicab EV.

Perlu dicatat juga, selain Minicab EV, Mitsubishi juga punya mobil listrik lainnya, yaitu Mitsubishi i-MiEV, eK X EV dan mobil konsep Mi-Tech Buggy. 

Mazda

Mazda MX-50

Mazda MX-30

Mazda bisa jadi salah satu brand yang masuk segmen kelas menengah atas. Hanya saja untuk pasar Indonesia, pabrikan asal Jepang ini belum meluncurkan mobil listrik di pasar otomotif nasional. 

Akan tetapi, Mazda sebenarnya sudah punya mobil listrik yaitu Mazda MX-30 yang sempat dipamerkan di GIIAS 2023 lalu.

Subaru

Deretan Mobil Listrik yang Layak Ditunggu di Indonesia, Bukan Cuma BYD atau VinFast 08

Akan pakai teknologi baterai Toyota

Subaru membuka lembaran baru di Indonesia dengan rajin menghadirkan produk andalannya dan juga dealer di lokasi-lokasi strategis.

Hanya saja, hingga saat ini Subaru Indonesia belum mau memperlihatkan gelagatnya untuk menghadirkan mobil listrik.

Tapi, di pameran otomotif Japan Mobility Show 2023, Subaru memamerkan mobil listrik bernama Solterra, yang digadang-gadang merupakan reinkarnasi dari Toyota bZ4X dan juga Lexus RZ.

Volkswagen

Deretan Mobil Listrik yang Layak Ditunggu di Indonesia, Bukan Cuma BYD atau VinFast 09

VW ID Buzz

Merek mobil asal Jerman Volkswagen (VW), memang kurang begitu populer jika di Indonesia. Hal ini karena harganya tergolong masuk ke genre mobil premium.

Ya, selain tidak populer, VW juga tidak menawarkan produk-produk yang cukup menonjol, tak terkecuali mobil listrik. 

Padahal di negaranya, VW punya mobil listrik yang mirip VW Kombi, yaitu VW ID Buzz, dimana mobil ini sudah dirilis sejak tahun 2022.

Peugeot

mobil listrik indonesia peugeot

Peugeot e-208

Salah satu brand yang juga masuk kategori mobil premium di Indonesia adalah Peugeot

Pabrikan mobil asal Perancis dengan logo Kepala Singa juga tidak menawarkan banyak produk untuk pasar domestik, karena mereka hanya seputar mobil SUV. 

Namun begitu, bicara soal mobil listrik Peugeot punya rencana produknya seperti e-208 dan e-308.
Kira-kira mereka kapan ya meluncurkan mobil listrik di Indonesia?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia