window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Dibutuhkan Saat Musim Panas, Pilih Pelindung Kaca Mobil Jangan Sembarangan

Prasetyo · 5 Agu, 2022 09:03

Dibutuhkan Saat Musim Panas, Pilih Pelindung Kaca Mobil Jangan Sembarangan 01

  • Sun shield atau sun shade lebih dikenal dengan istilah pelindung kaca mobil.
  • Harga pelindung kaca mobil mulai dari Rp20 ribuan.
  • Fungsinya cukup penting disaat musim panas untuk melindungi kabin mobil.

Pelindung kaca mobil alias sun shield menjadi aksesoris yang mudah ditemukan pada sejumlah toko variasi mobil. Perangkat ini terlihat sepele namun sebenarnya punya banyak fungsi. Terutama untuk melindungi mobil saat musim panas. 

Mengingat beberapa hari belakangan ini cuaca di sejumlah kota termasuk Jakarta cenderung panas terik. Bahkan suhu udara ketika siang hari bisa tembus 33-34 derajat celcius. Pastinya kondisi ini akan berdampak bagi kendaraan Anda. Apalagi ketika mobil harus "terjemur" dalam waktu cukup lama misalnya saat memarkir di lokasi yang tidak dilengkapi penutup atap. 

Dibutuhkan Saat Musim Panas, Pilih Pelindung Kaca Mobil Jangan Sembarangan 02

Parkir di lahan terbuka seperti ini membuat suhu kabin mobil meningkat

Dengan sun shiled, maka sinar UV dari matahari akan terhalang untuk tidak langsung masuk ke kabin mobil dari kaca-kaca. Tapi kalau diperhatikan, pelindung kaca mobil ternyata memiliki bentuk yang beragam. Harganya pun sangat variatif yang mungkin akan membuat Anda bingung menentukan pilihan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Untuk itulah kali ini Autofun Indonesia akan berikan referensi dalam memilih pelindung kaca mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca juga : Cegah Panas Masuk ke Dalam Mobil, Mending Pakai Sun Shade atau Sarung Mobil?

1. Pilih yang Memiliki Daya Tolak Sinar UV Terbaik

Dibutuhkan Saat Musim Panas, Pilih Pelindung Kaca Mobil Jangan Sembarangan 01

Cari yang warnanya silver atau putih

Sebelum memutuskan membeli pelindung kaca mobil, maka hal pertama yang harus Anda tentukan adalah spesifikasi dari alat tersebut. Pastikan memilih pelindung kaca yang memiliki daya tangkal sinar UV terbaik. Misalnya tertulis punya tolak UV hingga 90%.

Kalau tidak ada spesifikasi yang disertakan oleh produsen alat tersebut, maka Anda bisa pilih berdasarkan warnanya. Carilah pelindung kaca yang menggunakan warna cerah seperti perak (silver) atau putih. Sebab silver dapat memantulkan cahaya dengan baik ketimbang warna gelap seperti hitam.

2. Sesuaikan dengan Ukuran Kaca Mobil

Dibutuhkan Saat Musim Panas, Pilih Pelindung Kaca Mobil Jangan Sembarangan 02

Sesuaikan dengan ukuran kaca mobil

Hal berikutnya yang penting untuk dipertimbangkan adalah ukuran sun shade. Pelindung kaca mobil wajib menutup semua permukaan kaca, jadi sesuaikan ukuran aksesoris tersebut dengan panjang dan lebar kaca.

Penting juga menentukan apakah hendak membeli pelindung kaca bagian depan, atau kaca jendela samping. Sebab masing-masng kaca ini tentu punya ukuran berbeda-beda.

Baca juga : Hati-Hati Simpan Barang di Dalam Kabin! Panas Kabin Mobil Bisa Membahayakan, Ini Buktinya

3. Tipe Dijepit atau Ditempel

Dibutuhkan Saat Musim Panas, Pilih Pelindung Kaca Mobil Jangan Sembarangan 03

Tipe tempel lebih praktis tapi mudah copot

Selanjutnya yang perlu dipertimbangkan adalah tipe pengait sun shield. Sebab di pasaran ada dua model, yaitu tipe dijepit dengan tali yang sudah disediakan, atau yang tipe di tempel ke kaca.

Untuk yang tipe dijepit biasanya bisa dikaitkan ke kaca spion tengah atau dijepit di sela-sela pintu. Namun ada pula yang cara pemasangannya dengan ditempel menggunakan suction cup. Tetapi tipe ini ada kelemahannya antara lain mudah terlepas jika kaca terlalu panas atau berdebu.

4. Dilipat atau Digulung

Dibutuhkan Saat Musim Panas, Pilih Pelindung Kaca Mobil Jangan Sembarangan 04

Cari yang mudah disimpan saat tak digunakan

Selain tipe pengait, varian sun shade juga ada yang bisa dilipat atau digulung. Penting untuk menentukan apakah Anda pilih yang dilipat atau cukup digulung.

Ini dengan mempertimbangkan ukuran aksesoris tersebut ketika sudah terlipat. Apakah dimensinya jauh lebih kompak daripada yang digulung. Sehingga akan memudahkan saat menyimpan alat itu ketika tidak digunakan.

5. Harga Mulai Rp20.000-an

Dibutuhkan Saat Musim Panas, Pilih Pelindung Kaca Mobil Jangan Sembarangan 05

Model tirai seperti ini umumnya lebih mahal

Lantas berapa harga sun shield di pasaran toko aksesoris mobil? Ternyata sangat terjangkau. Harganya mulai dari Rp20 ribuan untuk yang model pengait dilipat. Sementara yang tampilannya lebih premium harganya bisa sampai Rp300 ribuan.

Baca juga : Bahaya, Jangan Letakkan Botol Minum di Kabin Mobil

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil