window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Estimasi Harga Kia Niro dan EV6 yang bakal Dijual Resmi Tahun Depan, Seperti Apa Spesifikasinya?

Yongki Sanjaya · 18 Agu, 2022 08:00

Estimasi Harga Kia Niro dan EV6 yang bakal Dijual Resmi Tahun Depan, Seperti Apa Spesifikasinya? 01

Dalam keikutsertaannya di ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, PT Kreta Indo Artha (KIA), juga menampilkan jajaran produk elektrifikasi yaitu Kia Sorento HEV, Kia Niro EV dan Kia EV6 GT-Line. Penampilan ketiganya disebut menjadi pertanda agen pemegang merek KIA ini akan memasarkannya dalam waktu dekat.

"Kia Sorento berbasis teknologi hybrid, serta Kia Niro EV dan Kia EV6 yang merupakan Full BEV, kami hadirkan untuk menunjukkan teknologi elektrifikasi yang kami miliki telah siap untuk diperkenalkan di Tanah Air. Ketiga produk elektrifikasi yang kami bawa ini juga menjadi salah satu bukti komitmen kami dalam mendukung terciptanya ekosistem mobilitas ramah lingkungan sesuai dengan kebijakan Pemerintah Indonesia," ujar Ario Soerjo Marketing & Development Division Head KIA.

Baca juga:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Sama-sama Andalkan Mesin Turbo dan Punya ADAS, Kia Sportage 2022 Kenapa Jauh Lebih Mahal dari Honda CR-V Turbo?

Menantang Toyota Kijang Innova, Kia Carens Dipersenjatai Fitur yang Lebih Oke

Umumkan Harga Carens, Kia Juga Tampilkan Sorento HEV di GIIAS 2022

Dalam pemaparannya, Ario menyebut bila peluncuran dan distribusi penjualan dari Kia Niro EV dan Kia EV6 akan dimulai pada kuartal pertama 2023. Bicara soal estimasi harga, Kia Niro bakal dipasarkan pada angka Rp800 jutaan dan Kia EV6 mencapai Rp1,2 miliar. Soal pengisian daya listrik pun Kia berani menjamin karena bisa saling memanfaatkan charger milik dealer brand di bawah payung grup Indomobil.

"Kita sudah ada SPKLU, contohnya di Indomobill Pantai Indah Kapuk, di Raden Inten bergabung dengan Nissan. Semua kebutuhan pengisian mengacu standar KIA," sebut Ario.

Kia Niro EV, Compact SUV yang Stylish dan Canggih

Estimasi Harga Kia Niro dan EV6 yang bakal Dijual Resmi Tahun Depan, Seperti Apa Spesifikasinya? 01

Kia Niro EV adalah Compact SUV yang berteknologi full electric. Generasi kedua Kia Niro ini melakukan debut globalnya di ajang New York International Auto Show 2022 bulan April lalu. Desain Kia Niro yang unik terinspirasi dari filosofi “Opposites United” yang berasal dari alam dengan penyempurnaan aerodinamika.

Eksterior Kia Niro EV mendapatkan pengaruh dari mobil konsep HabaNiro 2019 dengan nilai koefisien drag (Cd) hanya 0,29. Desainnya kian modern dengan lampu DRL yang unik mengapit grille ‘Tiger Nose’ yang khas, yang telah berevolusi sesuai identitas merek Kia yang baru.

Interior Premium di Kia Niro, Elegan dan Berkelas

Estimasi Harga Kia Niro dan EV6 yang bakal Dijual Resmi Tahun Depan, Seperti Apa Spesifikasinya? 02

Pada bagian dalam, Kia menyuguhkan interior mewah berlapis material premium dan ramah lingkungan. Desain dashboard melengkung dengan garis horizontal dan diagonal berlawanan memberikan kesan yang menenangkan.

Interior dipercantik dengan kehadiran ambient light yang menawarkan banyak kombinasi warna. Makin nyaman, kedua kursi depan memiliki ventilasi dengan pengaturan posisi elektrik dan memori posisi.

Dengan harga yang masuk kategori mobil mewah, Niro tentunya memiliki fitur berkelas seperti sunroof, layar head unit 8 inci di bagian tengah dashboard menawarkan konektivitas dengan Bluetooth dan perintah suara, termasuk Apple CarPlay dan Android Auto. Panel instrument digital adalah layar LED 10,25 inci.

Performa Motor Elektrik yang Jumawa

Estimasi Harga Kia Niro dan EV6 yang bakal Dijual Resmi Tahun Depan, Seperti Apa Spesifikasinya? 03

Sebagai jantung penggeraknya, Kia Niro EV mengusung motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor (PMSM) di roda depan yang menghasilkan tenaga puncak 203PS dan torsi maksimal 255 Nm. Baterai yang digunakannya memiliki kapasitas hingga 64,8kWh. Kia Niro EV diklaim mampu menempuh jarak total hingga 463 km (WLTP cycle). Kia Niro EV juga memiliki kemampuan V2L sebesar 3,6 kW.

Kia Niro Telah Dipersenjatai ADAS

Estimasi Harga Kia Niro dan EV6 yang bakal Dijual Resmi Tahun Depan, Seperti Apa Spesifikasinya? 04

Kia Niro EV telah dilengkapi dengan 8 airbag serta fitur ADAS. Sebagaimana Sorento HEV fitur ADAS pada Kia Niro EV termasuk Smart Cruise Control (SCC), Lane Following Assist (LFA), Lane Keeping Assist (LKA), Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), Manual Speed Limit Assist (MSLA), serta Forward Collision-Avoidance Assist (FCA) yang dapat mendeteksi mobil, pejalan kaki, pesepeda dan persimpangan. Di balik lingkar kemudi terdapat paddle shift yang berfungsi sebagai i-Pedal dan pengaturan level pengereman regenerative.

Kia EV6 GT-Line, Crossover Dengan Desain Inspiratif dan Performa Jempolan

Estimasi Harga Kia Niro dan EV6 yang bakal Dijual Resmi Tahun Depan, Seperti Apa Spesifikasinya? 05

Kia EV6 GT Line yang tampil di ajang GIIAS 2022 dengan menawarkan daya tahan menjelajah jarak jauh, bebas emisi, dengan kemampuan pengisian daya ultra-cepat. EV6 adalah mobil pertama Kia yang menggunakan platform baru khusus kendaraan listrik baterai (BEV) yakni Electric-Global Modular Platform (E-GMP). Meski dimensi EV6 sangat ringkas, namun jarak sumbu roda yang mencapai 2.900mm menghasilkan ruang kabin yang sebanding dengan kebanyakan medium SUV.

Lebih lanjut, desain EV6 juga menggunakan filosofi desain baru 'Opposites United' dengan  wajah 'Tiger Nose' khas Kia dimaknai ulang untuk era digital. Desain body menonjolkan aspek aerodinamika terbaik, bahkan hingga sisi kolong yang punya hambatan angin rendah.

Profilnya menampilkan siluet yang terinspirasi dari crossover, yang modern, ramping, dan aerodinamis. Garis tegas karakter membentang di bagian bawah pintu, dan melengkung ke atas menuju lengkungan fender roda belakang untuk memberikan kesan profil mobil yang lebih panjang secara visual.

Interior Futuristik dengan Fleksibilitas Layout Kursi

Estimasi Harga Kia Niro dan EV6 yang bakal Dijual Resmi Tahun Depan, Seperti Apa Spesifikasinya? 06

Interior Futuristik di Kia EV6, didukung Multimedia Intuitive Control dengan dua panel layar. Masing-masing layar berukuran 12,3 inci memiliki fungsi yang berbeda, antara head unit sistem infotainment dan panel instrument. Sistem infotainment dengan koneksi Apple CarPlay dan Android Auto dapt menghasilkan suara berkualitas melalui speaker 14 titik lansiran Meridian.

EV6 juga menawarkan interior yang cerdas dan fleksibel dengan banyak area penyimpanan kabin, termasuk ruang bagasi 520 liter. Jika kursi baris kedua dilipat ke bawah, kapasitas penyimpanan meningkat menjadi 1.300 liter. Mobil ini juga dilengkapi bagasi depan yang menyediakan ruang penyimpanan tambahan hingga 20 liter untuk model AWD.

Lantas bagaimana dengan performa motor listriknya?

Performa dan Fitur Keselamatan di Kia EV6 GT-Line Mengesankan

Estimasi Harga Kia Niro dan EV6 yang bakal Dijual Resmi Tahun Depan, Seperti Apa Spesifikasinya? 07

EV6 GT-Line menggunakan motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor (PMSM) yang terpasang di kedua sumbu roda (depan-belakang) menjadikan mobil ini berpenggerak empat roda. Motor listrik ini mendapat sumber energi dari baterai berkapasitas 77,4 kWh, yang menghasilkan tenaga puncak hingga 325 PS dan torsi 605 Nm. Kia EV6 diklain mampu menempuh jarak total hingga 506 km berdasarkan uji WLTP. Dan di-klaim dapat mencapai kecepatan 0 - 100 km per jam dalam waktu 5.2 detik.

Itu tadi baru soal performa, karena fitur keselamatannya juga tak kalah mengesankan. Kia EV6 GT-Line ini juga dilengkapi Advance Driver Assistance System (ADAS) sebagai jaminan keselamatannya.

ADAS yang digunakan oleh mobil ini adalah Smart Cruise Control (SCC), Lane Following Assist (LFA), Lane Keeping Assist (LKA), Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), Blind-Spot View Monitor (BVM), Manual Speed Limit Assist (MSLA), serta Forward Collision-Avoidance Assist (FCA) yang dapat mendeteksi mobil, pejalan kaki, pesepeda dan persimpangan.

 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil