window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Gaikindo Ingin Mobil Listrik Buatan Indonesia Lebih Diperbanyak, Supaya Harganya Makin Murah?

Prasetyo · 23 Sep, 2022 16:05

Gaikindo Ingin Mobil Listrik Buatan Indonesia Lebih Diperbanyak, Supaya Harganya Makin Murah? 01

  • Mobil listrik buatan Indonesia diharap bisa lebih banyak baik jenis maupun volumenya.
  • Penjualan mobil listrik di Indonesia jauh lebih besar dibanding tahun 2021.
  • Mobil listrik, hybrid, dan hidrogen adalah masa depan yang nyata.

Terbitnya Instruksi Presiden Nomor 7 tahun 2022 mengenai penggunaan kendaraan bermotor listrik bagi berbagai instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, disambut baik oleh GAIKINDO. Menurut Yohannes Nangoi, Inpres ini merupakan wewenang Pemerintah yang sejalan dengan wawasan GAIKINDO dan industri otomotif nasional.

"Kendaraan bermotor listrik seperti HEV (Hybrid Electric Vehicle), PHEV (Plug-In Hybrid Electric Vehicle), BEV (Battery Electric Vehicle) ataupun FCEV (Fuel Cell Electric Vehicle) atau kendaraan bermotor yang menggunakan hydrogen adalah kendaraan bermotor masa depan yang keberadaannya semakin nyata," ujar Ketua Umum GAIKINDO itu.

Gaikindo Ingin Mobil Listrik Buatan Indonesia Lebih Diperbanyak, Supaya Harganya Makin Murah? 02

Hyundai Kona EV

Para anggota GAIKINDO (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) saat ini, kata Nangoi, juga telah memiliki ragam kendaraan listrik maupun hybrid. Semuanya tersedia dalam jenis kendaraan penumpang maupun komersial ringan. Adapun rentang kisaran harganya Rp200 juta - Rp300 juta, Rp400 juta - Rp600 juta, hingga di atas Rp600 juta.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Kendaraan Dinas Pemerintah Pusat dan Daerah Kini Wajib Pakai Mobil Listrik, Boleh Beli atau Sewa

Populasi Mobil Listrik di Indonesia Kian Bertambah

Lebih lanjut Nangoi menjelasankan tentang eksistensi kendaraan bermotor listrik di Indonesia. Menurt dia, penjualan mobil listrik maupun hybrid di negara ini kian melesat dibanding tahun lalu. Setidaknya ini terlihat dari data penjualan selama pameran GIIAS 2022 yang berlangsung Agustus silam.

Gaikindo Ingin Mobil Listrik Buatan Indonesia Lebih Diperbanyak, Supaya Harganya Makin Murah? 01

Mobil listrik Toyota bZ4X di GIIAS 2022

"Pada GIIAS 2022, selama 11 hari penyelenggaraannya telah terjual total 1.594 unit kendaraan bermotor listrik, termasuk didalamnya 320 kendaraan bermotor hybrid dan 1274 unit kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (BEV). Penjualan tersebut melampaui total penjualan kendaraan bermotor listrik sepanjang tahun 2021," jelas Nangoi. 

GAIKINDO juga mencatat bahwa GIIAS 2022 juga menampilkan jumlah merek dan varian kendaraan bermotor listrik yang terbanyak dibandingkan dengan yang pernah ditampilkan pada pameran otomotif di Indonesia selama ini.

Baca juga: Toyota bZ4X Hadir Perdana di Pameran GIIAS 2022

Mobil Listrik Buatan Indonesia Harus Makin Banyak

Gaikindo Ingin Mobil Listrik Buatan Indonesia Lebih Diperbanyak, Supaya Harganya Makin Murah? 02

Wuling Air ev jadi mobil listrik paling murah di Indonesia saat ini

Masih menurut Nangoi, yang harus dicermati saat ini adalah adanya tantangan yang perlu dihadapi industri otomotif Indonesia kedepannya. Yakni untuk terus meningkatkan jenis dan jumlah kendaraan bermotor listrik yang diproduksi di Indonesia, dan terus berkontribusi sebagai salah satu industri pahlawan devisa negara. 

"Tantangan yang dihadapi industri otomotif Indonesia kedepan adalah untuk terus meningkatkan jenis dan jumlah kendaraan listrik hasil produksi nasional, dan terus mengembangkan industri otomotif Indonesia secara global," tutup Nangoi.

Baca juga: Ingin Hijrah ke Mobil Listrik? Begini Cara dan Jenis Charge Mobil Listrik yang Wajib Kalian Pahami

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia