window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Ingin Hijrah ke Mobil Listrik? Begini Cara dan Jenis Charge Mobil Listrik yang Wajib Kalian Pahami

Yongki Sanjaya · 29 Agu, 2022 19:00

Ingin Hijrah ke Mobil Listrik? Begini Cara dan Jenis Charge Mobil Listrik yang Wajib Kalian Pahami 01

Mobil listrik kini mulai menjadi tren baru di Indonesia, sebagai kendaraan ramah lingkungan. Untuk pengisian daya, mobil listrik bisa di-charge di rumah atau charging station. Nah, seperti apa jenis dan cara charge mobil listrik yang ada di Indonesia?

Proses pengisian daya di charging station membutuhkan waktu antara 2-4 jam tergantung dari kapasitas baterai kendaraan. Pengisian ini dilakukan di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang disediakan oleh PLN.

Baca juga:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Makin Banyak Mobil Listrik di Indonesia Bikin Pemerintah Sumringah dan Siap Kasih Insentif Baru

10 Mobil Listrik Ini Punya Kemampuan Isi Daya Baterai Sangat Cepat, Hyundai IONIQ 5 Termasuk?

Indonesia Siap-Siap Kedatangan Mobil Listrik Baru dari Cina, Harganya Lebih Murah dari Wuling Air ev

Beberapa jenis mobil listrik saat ini juga telah dilengkapi dengan fitur easy charging yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan pengisian daya di rumah. Sedangkan untuk pengisian listrik di rumah bisa mencapai 8 jam.

Meskipun sama-sama disebut dengan mobil listrik, akan tetapi cara pengisian daya baterai untuk jenis mobil ramah lingkungan ini berbeda tergantung dari jenis mesin yang digunakan. Nah, seperti apa jenis pengisian daya baterai mobil listrik yang tersedia untuk pasar Indonesia? berikut ini ulasannya sebagaimana dikutip dari laman resmi Wuling.

Jenis Charger Untuk Mobil Listrik yang ada di Indonesia

On-board Charger Mobil Listrik

Ingin Hijrah ke Mobil Listrik? Begini Cara dan Jenis Charge Mobil Listrik yang Wajib Kalian Pahami 01

On-board Charger merupakan tipe pengisian daya pada mobil listrik yang lubang chargernya sudah menjadi satu atau terpasang pada kendaraan. On-board charger ini nantinya berfungsi untuk mengubah arus AC dari sumber eksternal menjadi arus DC yang akan masuk ke baterai mobil. Mobil listrik kebanyakan menggunakan sistem pengisian daya on-board charger. 

Off-board Charger Mobil Listrik

Ingin Hijrah ke Mobil Listrik? Begini Cara dan Jenis Charge Mobil Listrik yang Wajib Kalian Pahami 02

Untuk tipe yang kedua ini, pengisi daya pada mobil listrik yang charger-nya terpisah. Biasanya arus yang ada pada charger sudah berbentuk DC sehingga tidak perlu dikonversi lagi saat disuplai ke baterai. 

Sistem ini sepintas mirip dengan cara kerja powerbank yang digunakan untuk smartphone.Untuk jenis off-board charger jarang ditemui, namun beberapa mobil listrik mendukung off-board charging.

Cara Pengisian Mobil Listrik di SPKLU Milik PLN

Ingin Hijrah ke Mobil Listrik? Begini Cara dan Jenis Charge Mobil Listrik yang Wajib Kalian Pahami 03

Saat ini telah banyak tersedia charging station yang disediakan baik oleh pemerintah maupun pihak swasta untuk memudahkan para pengguna mobil listrik. Untuk pengisian daya dari pihak pemerintah, bisa melalui SPKLU milik PLN, dengan metode berbayar seperti halnya kita mengisi BBM di SPBU.

Untuk bisa mengisi daya baterai mobil listrik di SPKLU, kalian perlu menggunakan aplikasi Charge.IN. Biaya pengisian daya mobil listrik di SPKLU PLN tarifnya adalah mulai dari Rp 1.650 hingga Rp 2.466 per 1 Kwh. Rata-rata mobil listrik yang ada di Indonesia memiliki kapasitas baterai berkapasitas 40 kWh. Adapun total biaya yang perlu Anda keluarkan untuk mengisi daya sampai penuh adalah sekitar Rp 1.650 x 40 = Rp 66.000.

Kini PLN telah membangun SPKLU ultra fast charging mampu mengisi penuh 2 mobil listrik dengan kapasitas di atas 80 kilo Watt (kW) secara bersamaan hanya dalam waktu singkat. Untuk tahap awal, dipersiapkan untuk mendukung operasional kendaraan delegasi dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Akhir tahun 2022 ini, PLN menargetkan dapat menghadirkan 580 SPKLU untuk memudahkan para pengguna kendaraan listrik.

Cara Transaksi Pengisian Mobil Listrik di SPKLU

Ingin Hijrah ke Mobil Listrik? Begini Cara dan Jenis Charge Mobil Listrik yang Wajib Kalian Pahami 04

Bagaimana proses transaksi pengisian listrik melalui aplikasi Charge.IN?  Pertama, Anda harus unduh aplikasi Charge.IN di smartphone kemudian pilih lokasi SPKLU terdekat untuk mengisi daya baterai mobil listrik.
 
Selanjutnya pilih gun charger sesuai dengan tipe mobil dan koneksikan dengan port charger yang ada pada kendaraan. Untuk memulai proses charging, scan QR code yang di SPKLU menggunakan ponsel yang telah dilengkapi dengan fitur NFC. 

Masukkan berapa kWh yang akan diisikan ke mobil listrik dan Sahabat akan melihat berapa biaya yang harus dibayar. Bayar dengan LinkAja dan tunggu proses pengisian daya selesai

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil